Sabtu, 13 Agustus 2016

Macam Macam Jaringan Komputer dan Pengertiannya ...

;
Macam Macam Jaringan Komputer dan Pengertiannya - Jika kita lihat secara fisik, jaringan komputer bisa kalian dibedakan menjadi dua, yang pertama jaringan kabel dan yang kedua jaringan nirkabel atau wireless network.

Jaringan komputer menggunakan kabel adalah jaringan komputer yang secara fisik disambungkan dengan kabel-kabel jaringan seperti Kabel Coaxial, Twisted Pair, Kabel Fiber Optik dll.

Untuk kabel jaringan saya akan membahasnya pada postingan selanjutnya. Adapun jaringan komputer nirkabel adalah jaringan komputer yang dihubungkan dengan melalui gelombang radio.

Lalu apa yang dimaksud jaringan komputer?? Untuk mengetahui jaringan komputer, fungsi jaringan komputer sekaligus manfaat jaringan komputer, kalian bisa membacanya pada postingan ini "Pengertian Jaringan Komputer dan Fungsinya"

Perbedaan dari macam macam jaringan komputer - Jaringan Kabel VS Nirkabel

Jika kita bandingkan antara jaringan kabel dan jaringan komputer nirkabel, maka jaringan nirkabel memiliki kelebihan karena jaringan nirkabel mampu untuk berpindah dan bergerak. Seiring dengan semakin tingginya kesibukan manusia, jaringan nirkabel adalah jalan keluar yang tepat sebagai media komunikasi.

Dengan menggunakan jaringan nirkabel, akses informasi bisa didapatkan dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja.

Salahsatu kelebihan jaringan nirkabel adalah mempunyai kemampuan mentransper data dengan lebih cepat dan memberikan kemudahan ketika melakukan instalasi karena tidak perlu menarik kabel. Oleh karena kemudahan ini, jaringan nirkabel umumnya digunakan oleh sekolah, kampus, bandara, hotel, dan restoran atau kafe.

Namun, dibalik kelebihan yang dimiliki oleh jaringan nirkabel, ternyata jaringan ini memiliki kelemahan, yaitu data yang dikirimkan melalui jaringan ini terbilang rawan penyadapan.

Meskipun jaringan nirkabel sudah dilengkapi dengan sistem keamanan enkripsi WEP Key (Wired Equivalent Privacy), namun tetap saja sistem enkripsi WEP ini sangat mudah dipecahkan sehingga mengakibatkan data yang sudah diberi kode dapat dibaca lagi oleh penyadap.

Oleh karena itu, saya anjurkan apabila kalian mengakses internet melalui jaringan nirkabel, kalian harus benar benar berhati-hati, karena data penting seperti user ID dan password, dapat disadap oleh orang lain.

Macam macam jaringan komputer dan pengertiannya

Dilihat dari luas area yang yang dicakup oleh jaringan, jaringan komputer bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain adalah:

1. Local Area Network - Jaringan LAN
LAN adalah singkatan dari Local Area Network  dan merupakan jaringan yang umumnya digunakan didalam gedung ataupun di perkantoran. Jaringan LAN biasanya dimiliki oleh satu perusahaan-perusahaan atau organisasi tertentu.

Jaringan LAN dapat digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer ada di dalam gedung atau kantor tersebut. Komputer-komputer tersebut dihubungkan dengan tujuan untuk membagi sumber daya yang ada, contohnya penggunaan printer secara bersama-sama.

Komputer yang terhubung dalam jaringan LAN biasanya hanya berjarak puluhan meter. Jaringan ini digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer yang terdapat dalam satu gedung saja. Kita juga pernah menemukan jaringan LAN. yaitu komputer-komputer yang berada di lab komputer di sekolahmu.

Untuk membangun jaringan LAN sangat mudah sekali, kalian bisa membangun jaringan LAN dengan menggunakan kabel dan juga nirkabel atau juga gabungan keduanya. Baca Juga: Perangkat Jaringan Komputer

2. Metropolitan Area Network (MAN)
MAN atau Metropolitan Area Network adalah jaringan LAN dalam ukuran yang lebih besar. Jaringan MAN biasanya digunakan untuk menghubungkan kantor-kantor yang letak lokasinya berdekatan. Contohnya seperti, kantor-kantor pemerintah yang berada dalam sebuah kota dapat dihubungkan dengan kantor lainya dengan menggunakan jaringan MAN.

Tujuan di bangunnya jaringan MAN adalah untuk saling berbagi data antar  lembaga dan badan pertahanan umum.  Misalnya, Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika dapat berbagi data dengan kantor Dinas Pertanahan.
Macam Macam Jaringan Komputer dan Pengertiannya
MAN

3. Wide Area Network (WAN)
Ketiga ada jaringan WAN, jaringan WAN adalah jaringan komputer mencakup area yang sangat luas dari segi geografi .Jaringan WAN biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang daerah operasinya mencakup beberapa negara yang lokasinya berada di berbagai belahan dunia.

WAN juga digunakan oleh negara-negara yang telah maju untuk menghubungkan database dari satu daerah dengan daerah lain, antar instansi pemerintah, dan lembaga-lembaga yang ada.

4. Internet
Internet juga merupakan sebuah jaringan komputer. Internet adalah jaringan komputer yang paling besar karena mencakup seluruh dunia. Perangkat yang terkoneksi ke internet berarti terhubung ke semua komputer yang ada di dunia yang juga terkoneksi ke internet.

Baca juga: Sejarah Internet
Topologi Jaringan Komputer

Berarti jaringan internet merupakan kumpulan dari jaringa LAN, MAN, dan WAN yang ada di seluruh dunia. Untuk menghubungkan jaringan-jaringan tersebut ke dalam sebuah jaringan internet yang sangat besar, dibangun jaringan kabel fiber optik yang menghubungkan satu benua dengan benua yang lain.

5. Intranet
Jaringan Intranet adalah jaringan komputer sendiri atau pribadi yang memanfaatkan teknologi yang sama dengan internet. Oleh karena itu, intranet sebenanya sama dengan internet. Perbedaannya letak pada jaringan intranet merupakan jaringan komputer pribadi milik organisasi tertentu dan hanya bisa diakses oleh organisasi tersebut.

Jaringan intranet umumnya dibangun oleh organisasi-organisasi tertentu untuk menghubungkan kantor-kantor yang letaknya berjauhan. Jaringan tersebut dibangun agar dapat membagi informasi da data yang bersifat kepada karyawannya untuk keperluan operasi perusahaan.

Jaringan intranet juga biasanya digunakan untuk menghubungkan satu organisasi dengan organisasi lain yang bekerja sama dan membutuhkan pertukaran data. Oleh karena keamanan data, jaringan tersebut dibuat bersifat pribadi dan tidak dapat dibuka oleh orang yang tidak mempunyai izin.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 05.45.00
Tags :

Related : Macam Macam Jaringan Komputer dan Pengertiannya ...

0 komentar:

Posting Komentar