Wednesday, August 10, 2016

Pengertian Internet dan Fungsinya

Pengertian Internet dan Fungsinya - Internet merupakan seingkatan dari International Network [Williams & Sawyer, 2011]. Apabila kita terjemahkan secara langsung berarti internet mempunyai arti jaringan internasional. Internet merupakan kumpulan-kumpulan komputer yang saling terhubung satu sama lain ke dalam jaringan internet. 

Disebut jaringan internasional karena internet menghubungkan komputer-komputer dan jaringan- jaringan komputer yang ada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar.


Karena internet merupakan kumpulan dari pada jaringan-jaringan komputer yang saling terhubung, maka internet juga sering kali disebut dengan Interconected Network. Sekarang, diperkirakan ada ratusan ribu jaringan komputer yang terhubung ke internet.

Pengertian Internet dan Fungsinya
Internet
Karena internet merupakan sebuah jaringan, maka apabila sebuah komputer yang terhubung ke internet berarti komputer terhubung dengan semua komputer yang ada di seluruh dunia yang juga terhubung ke internet. Semua komputer yang terhubung ke internet dapat mengakses infrfomasi apa saja yang terdapat di internet secara gratis.

Baca Juga : Sejarah Internet Dunia

Internet merupakan sebuah dunia maya yang tidak mempunyai penguasa. Berarti, siapa saja mempunyai hak yang sama di internet. Dengan demikian, internet merupakan dunia yang bebas dimasuki oleh siapa saja tanpa harus terikat pada peraturan-peraturan negara tersebut dan tanpa dibatasi oleh batas-batas wilayah teritorial negara tertentu.

Peranan Penting Intetnet

Setidaknya ada dua peranan penting dalam internet (1) internet sebagai Sumber data dan informasi, (2) internet sebagai sarana komunikasi data dan informasi.

Intetnet Sebagai Sumber Informasi

Sebagai sumber informasi, internet menyimpan semua jenis informasi dengan jumlah yang banyak dan tidak terbatas. Kalian bisa mencari informasi apa saja di internet. jika kalian ingin, kalian bisa menyimpan informasi yang kalian ketahui di internet. seperti membuat blog pendidikan yang bisa di baca orang lain.

Internet Sebagai Sarana Komunikasi

Sebagai sarana komunikasi data dan informasi, internet dapat manfaatnkan untuk komunikasi data dan informasi dari satu komputer dengan komputer yang lain tanpa dibatasi oleh jarak fisik kedua komputer tersebut. Apabila komputer itu sama-sama terhubung ke internet, maka keduanya dapat saling berhubungan satu dengan yang lain dan dapat bertukar data dan informasi apa saja yang kalian inginkan. Begitu juga Akses dan pertukaran data menggunakan internet sangat cepat dilakukan engan waktu yang sangat singkat.

Dampak  Internet
Internet aalah salah satu pemicu terjainya globalisasi karena internet inilah yang telah menghilangkan batas-batas dunia. Internet dapat membuat siapapun dapat mendapatkan informasi yang tersimpan di komputer yang ada di belahan dunia lain. Selain itu, Internet bisa manjadika dua orang dari belahan bumi yang berbeda bisa berkomunikasi tanpa harus memperdulikan batas batas negara, waktu, jarak, hukum, atau birokrasi suatu negara.

Itulah artikel singkat dari saya mengenai pengertian internet dan fungsinya. semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 10:04:00 PM
Tags :

Related : Pengertian Internet dan Fungsinya

0 komentar: