Saturday, August 13, 2016

Pengertian Jaringan Komputer, Fungsi dan Manfaatnya ...

Pengertian Jaringan Komputer, Fungsi dan Manfaatnya  - Perkembangan teknologi semakin membuat peranan komputer dalam kehidupan sehari-hari semakin penting. Beberapa bisnis dalam berbagai bidang industri dibantu dengan perangkat komputer. Dalam suatu perusahaan atau organisasi pertukaran data-data dan informasi sangat dibutuhkan. Oleh karena itu mereka membutuhkan lebih dari satu komputer yang digunakan oleh banyak orang yang bekerja dalam sebuah tim.

Baca Juga : Sejarah Perkembangan Komputer

Demi kelancaran pertikaran data dan informasi dari satu komputer ke komputer yang lain, maka komputer-komputer yang ada kemudian dihubungkan satu sama lain. Kumpulan komputer-komputer yang terhubung satu sama lain disebut dengan jaringan komputer.

Pada Kesempatan ini saya akan membagikan informasi kepada kalian semua mengenai pengertian jaringan komputer, fungsi dan manfaatnya.

Pengertian Jaringan Komputer dan Fungsinya

Komputer yang terlibat dalam sebuah jaringan komputer adalah komputer server dan komputer klien. Fungsi komputer server adalah melayani pengiriman dan penerimaan data dari komputer-komputer klien yang ada dalam jaringan komputer tersebut. Dengan kata lain, komputer server/peladen berfungsi untuk mengatur aliran-aliran data dalam jaringan komputer. Selain itu, komputer server juga bisa berfungsi sebagai penyedia sumber yang dibutuhkan oleh komputer-komputer klien. Resource atau sumber tersebut dapat berupa data, program, file, dll. 

Sedangkan, komputer klien adalah komputer yang menerima layanan dari komputer server. Apabila jaringan komputer terhubung ke internet, maka komputer server bisa berfungsi sebagai gateway (gerbang). Karena komputer peladen tersebut adalah satu satunya gerbang atau jalur yang digunakan oleh komputer klien untuk bisa mengakses internet.

Baca Juga : Sejarah Internet Di Dunia dan Perkembangannya

Peran Komputer server adalah sebagai web server yang berguna untuk menyimpan page web dari beberapa situs dan juga komputer server berfungsi sebagai mail server atau komputer yang memberikan layanan email.

Manfaat Jaringan Komputer Secara Umum

Banyak sekali manfaat yang dapat kalian diperoleh dengan adanya jaringan komputer, manfaat manfaat jaringan komputer antara lain adalah:

1. Sarana Membagi Sumber Daya
Manfaat jaringan komputer adalah dapat sebagai sarana untuk membagikan sumber daya yang ada. Sumber daya tersebut berupa sumber daya yang berupa komponen komputer seperti mesin printer, atau sumber daya yang berupa data, file, dan program. Dengan dibuatnya jaringan komputer, maka sumber daya yang diperlukan tersebut dapat dikurangi.

2. Keandalan dan tinggi
Manfaat jaringan komputer selanjutnya adalah dapat memungkinlan kalian untuk meng-copy data ke komputer yang lainnya yang masuk dalam jaringan tersebut. Dengan demikian, jika salah satu perangkat komputer rusak dan data yang tersimpan di dalamnya hilang, maka kalian masih dapat menggunakan data yang sudah tersimpan di komputer yang lain. Jelas ini akan sangat menguntungkan karena pekerjaan kalian tidak terganggu meskipun ada komputer yang rusak atau kehilangan data.

Pengertian Jaringan Komputer, fungsi jaringan komputer, manfaat jaringan komputer

3. Menghemat biaya
Dengan adanya jaringan komputer, perusahaan atau organisasi bisa menghemat uang dengan mengurangi pembelian perangkat komputer, contohnya printer. Printer bisa digunakan digunakan oleh beberapa orang sehingga perusahaan tidak harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli printer untuk setiap karyawannya.

4. Sebagai media komunikasi
Selain menghemat biaya, jaringan komputer juga bisa dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan atau organisasi untuk saling berkomunikasi antara penggunanya. Contonya, ketika akan menyelenggarakan rapat, pimpinan dapat mengumumkan kepada stafnya tanpa harus mengirimkan surat kepada semua stafnya. Pimpinan hanya cukup dengan mengirimkan undangan melalui jaringan komputer yang ada.

Baca Juga : Sejarah Komputer dan Generasinya

Kesimpulan Pengertian Jaringan Komputer

Dari atas bisa kita simpulkan bahwa jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang dapat digunakan untuk bertukar informasi dan data dengan menggunakan kabel atau nirkabel.

Itulah Pengertian jaringan komputer fungsi dan manfaatnya. Jika kalian ada pertanyaan atau ingin menambahkan, silahkan tulis pada kotak komentar yang sudah disediakan. Terimakasih. :D
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 2:11:00 AM
Tags :

Related : Pengertian Jaringan Komputer, Fungsi dan Manfaatnya ...

0 komentar: