Tuesday, August 23, 2016

Pengertian Kebugaran Jasmani Komponen dan Manfaatnya

Pengertian Kebugaran Jasmani - Kesehatan dan kebugaran jasmani merupakan dambaan setiap manusia. Oleh karena itu, kita perlu berolahraga secara teratur, istirahat, makan makanan yang bergizi. Sudahkah kamu melakukan latihan kebugaran jasmani secara terencana. Latihan apakah yang kamu lakukan? dalam postingan sekarang ini kita akan sama sama memahami tentang Pengertian Kebugaran Jasmani Komponen dan Manfaatnya

Pengertian Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh manusia untuk melakukan beberapa aktivitas tanpa cepat merasa lelah. Sama halnya dengan yang dikatakan oleh Sudarno yang mengatakan bahwa kebugaran jasmani adalah suatu kondisi ketika tubuh dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik serta efektif tanpa mudah mengalami kelelahan yang berarti dan tubuh masih memiliki cadangan energi untuk melaksanakan tugas lainnya.

Baca juga : 

Hal hal yang harus dilakukan agar dapat memiliki kebugaran jasmani

1. Perilaku Sehat
Perilaku sehat diartikan sebagai suatu gerakan yang membuat seluruh badan menjadi lebih baik. Apabila tingkat kebugaran seseorang baik, maka derajat kesehatannya juga baik. Sehingga dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan baik juga.

Pada perkembangannya, sekarang ini gejala menurunnya remaja kurang suka olahraga tentunya juga mempengaruhi kebugaran remaja itu sendiri. Penyebab yang lain dimungkinkannya remaja cenderung lebih suka bermain playstation (PS) ataupun game di komputer. Pola makan yang tidak sehat dan makan makanan cepat saji juga ikut mempengaruhi kesehatan.

Agar mendapatkan kesehatan sangat diperlukan dalam diri anak, maka ada beberapa hal yang harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

Usahakan berolahraga secara rutin.
Dukungan dari orang tua.
Tanamkan olahraga pada usia anak-anak.
Tersedianya tempat bermain/berolahraga


2. Kelentukan
Kelentukan diartikan sebagai keleluasaan atau kemudahan gerakan pada otot-otot persendian. Kelentukan perlu dilaksanakan dengan tujuan agar otot-otot di sekitar persendian tidak ada gangguan.

Latihan kelentukan dapat berfungsi untuk melemaskan otot-otot persendian.
a. Latihan Kelentukan Sendi Bahu
Berdiri tegak, kaki dibuka selebar bahu, rentangkan kedua tangan ke samping kanan dan kiri. Gerakan memutar tangan ke depan dari pelan-pelan lalu dipercepat.

b. Latihan Kelentukan Persendian Tangan
Berdiri tegak, kaitkan jari kiri dan kanan di atas kepala. Luruskan kedua lengan ke atas, lengan menempel telinga. Gerakan dilakukan sampai 8 hitungan atau sesuai perintah guru. Gerakan ini bertujuan untuk latihan kelenturan persendian tangan.

c. Latihan Kelentukan Sendi Pinggang
Berdiri tegak, kaki dibuka selebar bahu, kedua tangan lurus ke atas. Gerakan meliukkan badan ke samping kiri dan kanan.

d. Latihan Kelentukan Sendi Panggul
Duduk di lantai dengan satu kaki lurus. Kaki lain ditekuk hingga paha me-nempel perut dengan cara dibantu dengan dua tangan.

e. Kelentukan Sendi Lutut
Bungkukkan badan, kedua tangan memegang lutut. Lakukan gerakan memutar lutut ke kanan kemudian ganti ke arah kiri.

Rencana Latihan Kebugaran Jasmani

Daya tahan diartikan kemampuan bertahan dalam waktu lama. Daya tahan termasuk dalam komponen kebugaran jasmani. Jika daya tahan yang dimiliki seseorang baik, maka tingkat kebugaran seseorang juga baik. Ada beberapa faktor yang dianggap mempengaruhi kebugaran jasmani antara lain kesehatan dan latihan fisik. Adapun bentuk-bentuk latihan daya tahan di antaranya lari, jalan cepat, renang, dan interval training (sircuit training).

Dengan latihan daya tahan, diharapkan tingkat kebugaran semakin baik. Oleh karena itu, latihan daya tahan juga harus terprogram dengan baik. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

lama waktu latihan,
frekwensi latihan
jenis latihan.

1. Latihan Back up
Posisi awal tengkurap dua tangan lurus ke atas. Gerakan dilakukan dengan cara kedua tangan dan kedua kaki diangkat ke atas. Lakukan dengan posisi lurus sehingga posisi badan sedikit membusur, tahan gerakan sesaat.

2. Latihan Lari Zig-Zag
Anak melakukan lari zig-zag dengan jarak secukupnya. Lakukan dari batas satu ke batas yang lainnya dengan sungguh-sungguh.

Baca : Pengertian Lari Jarak Pendek

3. Latihan Jalan
Anak melakukan jalan 3 km. Latihan ini dapat dilakukan di lingkungan sekolah atau di lapangan. Dalam latihan diharapkan anak tidak boleh berhenti.

4. Latihan Renang
Untuk latihan renang ini, anak dapat melakukan renang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Apabila anak belum mampu berenang maka diberi bentuk latihan permainan yang menyenangkan.

5. Latihan Interval (Interval Training)
Interval training yaitu melakukan latihan dalam waktu singkat diselingi istirahat lalu dilanjutkan lagi latihannya. Contoh: latihan lari sambil bertepuk tangan di tempat selama 60 detik, istirahat 15 detik, lalu diulangi lagi larinya.

6. Latihan Sirkuit
Latihan sirkuit diartikan sebagai bentuk latihan yang berada dalam satu daerah lingkaran. Latihan ini terdiri dari beberapa pos, misalnya empat pos.

Pos 1: lari di tempat selama 15 detik. 
Pos 2 : sit up sebanyak 5 kali.
Pos 3:l ompat tali 10 detik.
Pos 4: push up sebanyak 5 kali.

Baca juga : Pengertian Lompat Jauh dan Cara Melakukannya

Kesimpulan Kebugaran Jasmani

Perilaku sehat diartikan sebagai suatu gerakan yang membuat seluruh badan menjadi lebih baik.
Untuk mendapatkan kebugaran tubuh dapat dilakukan dengan berolahraga.
Kelentukan diartikan keleluasaan atau kemudahan gerakan pada otot-otot persendian. Latihan-latihan tersebut meliputi kelentukan sendi bahu, pinggang, panggul, dan lutut.

Daya tahan diartikan kemampuan bertahan dalam waktu lama. Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan daya tahan:
lama waktu latihan,
frekwensi latihan,
jenis latihan.

KOMPONEN KEBUGARAN JASMANI

Setelah mempelajari materi ini, kamu dapat mempraktikkan latihan kekuatan, daya tahan, kelentukan, dan kecepatan untuk memperbaiki postur tubuh.

Mens Sana in Corporesano (di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat). Kebugaran tubuh merupakan dambaan manusia. Untuk itu kamu perlu latihan yang rutin. Apa yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan kebugaran? Ada banyak cara untuk menjaga kebugaran tubuh. Melalui bab ini, kamu akan memahaminya secara lebih jelas.
-  Postur tubuh
- Sit up, pull up, squat trust, lari

A. Mengidentifikasi Anggota Tubuh yang Perlu Dilatih
Pernahkah kamu membandingkan postur tubuh kamu dengan teman satu kelas? Apakah kamu termasuk kurus atau mungkin termasuk gemuk, apabila dibanding dengan postur tubuh rata-rata di kelas? Teman-teman sekelasmu tentunya mempunyai postur tubuh yang bermacam-macam. Ada yang kurus, sedang, dan gemuk. Demikian juga dengan kebugaran. Masing-masing anak juga mempunyai tingkat kebugaran yang berbeda. Anak kelas 6 sekolah dasar termasuk pada usia pertumbuhan. Supaya pertumbuhan dapat berjalan normal sesuai usia perkembangan, maka perlu melakukan aktivitas jasmani yang berorientasi ke arah kebugaran jasmani.

Untuk menunjang kebugaran jasmani, hal yang perlu dilakukan dalam latihan-latihan untuk memperbaiki postur tubuh kamu, di antaranya:
latihan yang sasarannya pada kekuatan,
latihan yang sasarannya pada daya tahan,
latihan yang sasarannya pada kelentukan,
latihan yang sasarannya pada kecepatan.

Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan, bentuk-bentuk latihan di atas harus dilakukan dengan benar. Latihan yang benar dapat membuat postur tubuh tidak mengalami gangguan, sekaligus bisa memperbaiki postur tubuh kamu.

B. Program Latihan
Untuk mendapatkan kebugaran tubuh ada beberapa faktor yang mem-pengaruhinya. Antara lain masalah kesehatan, latihan fisik, keturunan dan gizi. Untuk mencapai kebugaran tubuh, kamu perlu merencanakan program latihan di antaranya:

banyaknya program latihan,
waktu dan lamanya latihan,
frekuensi latihan.

Latihan harus dilakukan dengan teratur. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari timbulnya kecelakaan seperti otot kejang, cepat lelah, pusing, mengantuk, dan lain-lain. Dalam melakukan latihan harus secara urut dari pemanasan, latihan inti, kemudian penenangan atau dilakukan penutup

Melakukan Aktivitas Kebugaran Jasmani

Di pagi hari kita sering melihat orang-orang yang melakukan lari di lapangan. Mereka melakukan aktivitas tersebut bertujuan untuk meningkatkan daya tahan dan kekuatan dengan harapan mendapatkan kebugaran tubuh dalam dirinya masing-masing. Bagaimana dengan kamu? Sudahkah melakukan latihan kebugaran? Cobalah kamu melakukan latihan kebugaran berikut bersama teman-temanmu!

1. Latihan Baring Duduk (Sit Up)
Ambil sikap berbaring dengan kedua lutut diangkat ke atas. Kedua tangan silang di depan dada dan memegang bahu. Bangkitlah dengan tangan masih memegang bahu ke posisi duduk hingga menyentuh kedua lutut, lalu berbaring kembali. Lakukan secara berulang-ulang sesuai dengan kekuatanmu. Untuk menghindari cedera, kamu dapat melakukannya di atas matras.

2. Latihan Pull Up
Ambil sikap kedua tangan memegang palang, pandangan ke depan. Lakukan gerakan mengangkat badan ke atas sehingga kepala di atas palang. Lakukan gerakan berulang-ulang. Berdiri rileks dengan sikap kedua tangan memegang ujung tali skipping. Lakukan gerakan loncat-loncat di tempat. Kamu juga dapat melakukannya sambil jalan ke depan. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang sesuai dengan kekuatanmu. Kamu dapat meminta temanmu untuk menghitung gerakanmu.

4. Latihan Push Up
Ambil sikap badan telungkup dengan kedua kaki rapat. Kedua telapak tangan di samping dada, dan ujung jari tangan menghadap ke depan. Angkatlah badan ke atas sehingga kedua lengan lurus dan kembali ke sikap awal. Lakukan gerakan berulang-ulang.


5. Latihan Squat Trust
Ambil posisi jongkok dengan kedua kaki rapat jinjit. Kedua telapak tangan diletakkan di depan dan pandangan ke depan. Lemparkan kedua kaki dengan bertumpu pada ujung kaki, posisi kaki lurus, demikian juga tubuh dan kepala. Berikutnya tarik kembali kedua kaki pada posisi jongkok dengan kedua telapak tangan bertumpu di tanah. Kemudian dilanjutkan meloncat dengan posisi melayang badan lurus, pandangan ke depan. Lakukan gerakan berulang-ulang. Latihan ini bertujuan untuk melatih koordinasi gerak, juga untuk melatih kekuatan tangan dan kaki.

Baca juga : Pengertian Start Jongkok Pada Lari Jarak Pendek

6. Latihan Lari 1 km
Anak melakukan lari 1 km. Latihan ini dapat dilakukan di lapangan sekolah atau jalan di sekitar sekolah/jalan raya yang aman. Pada saat melakukan latihan lari 1 km, kamu berusaha untuk tetap mempertahankan langkah kaki, kecepatan lari, dan menjaga daya tahan tubuh.

7. Latihan Lari Bolak-Balik
Anak bertugas untuk memindahkan bola dari batas satu ke batas yang lain. Lakukan dengan cara lari. Bola yang ada harus dipindahkan satu per satu. Lakukan secara bergantian dengan anak lainnya. Batas untuk masing-masing anak disamakan. Guru mengamati gerakan anak dengan saksama.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 6:08:00 AM
Tags :

Related : Pengertian Kebugaran Jasmani Komponen dan Manfaatnya

0 komentar: