Langsung ke konten utama

Pengertian Menggambar Model Dan Bentuk

Pengertian Menggambar Model Dan Bentuk - Gambar artinya bahasa yg universal dan  dikenal jauh sebelum manusia mengenal tulisan. Gambar telah dikenal warga semenjak zaman purba. Pada waktu itu, gambar sering dihubungkan dengan kegiatan manusia dan  roh leluhur yang disebut memberi keberkahan serta proteksi. Bagi manusia purba, gambar tidak sekadar menjadi indera komunikasi buat roh leluhur saja. Gambar bisa jua memberikan kekuatan serta motivasi agar bisa bertahan hidup.

Menggambar merupakan kegiatan mental serta fisik yang dituangkan dalam bentuk tabrakan tangan, pada media  2  serta 3 dimensi. Dengan memakai khayalan serta perasaan melalui indera gambar, seperti pensil, bolpoin, krayon, dan  alat lain yg dapat digunakan untuk  menulis.

Menggambar dapat juga diartikan menjadi bentuk aktivitas seni rupa yg melibatkan gagasan serta khayalan media dua serta 3 dimensi menggunakan memperhatikan proporsi, komposisi, ekuilibrium,  dan  gelap terperinci.

Objek Menggambar

Menggambar tidak terpaku di satu macam objek saja namun bisa mengambil dan  menyusun objek gambar sinkron dengan imajinasi serta perasaan. Objek gambar bisa diambil asal alam seperti tumbuhan (tanaman), hewan (hewan), serta bentuk-bentuk alam benda yang didesain insan atau benda yg telah terdapat sebelumnya pada alam seperti batu, air, dan awan.

Pengertian Menggambar Model Dan Bentuk

Komposisi Menggambar

Penempatan objek gambar sebenarnya dapat disusun sinkron dengan hasrat dan  kreativitas yg siswa miliki. Sebelum objek gambar dirancang, sebaiknya peserta didik harus menentukan jenis benda yang akan digambar. Benda yg lebih besar tidak boleh menutupi benda yg lebih kecil.

Komposisi pada menggambar bisa dibedakan pada 2 bentuk, yaitu: simetris serta asimetris. Komposisi simetris apabila objek yang akan digambar memiliki proporsi serta keseimbangan bentuk yang sama jua disusun sama. Komposisi asimetris Bila objek gambar mempunyai proporsi bentuk yg sama, namun keseimbangan berbeda, namun permanen memperhatikan ekuilibrium serta keindahan.
 

Teknik Menggambar

Proses menggambar sebenarnya bisa siswa mulai menggunakan cara yang sangat sederhana dan  mudah dilakukan. Biasakan sebelum menggambar buatlah sketsa terlebih dahulu agar gambar mempunyai komposisi, proporsi, dan  ekuilibrium yang baik. Beberapa tahapan yg wajib  dilakukan di saat menggambar menjadi berikut.

a. Mengetahui bentuk dasar dari objek yang akan digambar,
b. Mengetahui bagian-bagian asal objek gambar,
c. Menyusun atau menyambung bagian per bagian sebagai gambar yg utuh,
d. Memberikan dimensi gelap jelas baik hitam putih atau berwarna.
 
Memberi kesan untuk latar belakang
Pertama kali menggambar sebaiknya tidak perlu tergesa-gesa buat memiliki kemiripan bentuk sesuai dengan objek yang digambar. Peserta didik harus berlatih dan sabar sampai me­nguasai bentuk dasar bagian-bagian berasal objek yg digambar. Mulailah berlatih dari bentuk tumbuhan, hewan, dan  benda sintesis manusia yg paling sederhana dan  bisa   digambar.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…