Rabu, 24 Agustus 2016

Pengertian Menggambar Model Dan Bentuk

;
Pengertian Menggambar Model Dan Bentuk - Gambar artinya bahasa yg universal dan  dikenal jauh sebelum manusia mengenal tulisan. Gambar telah dikenal warga semenjak zaman purba. Pada waktu itu, gambar sering dihubungkan dengan kegiatan manusia dan  roh leluhur yang disebut memberi keberkahan serta proteksi. Bagi manusia purba, gambar tidak sekadar menjadi indera komunikasi buat roh leluhur saja. Gambar bisa jua memberikan kekuatan serta motivasi agar bisa bertahan hidup.

Menggambar merupakan kegiatan mental serta fisik yang dituangkan dalam bentuk tabrakan tangan, pada media  2  serta 3 dimensi. Dengan memakai khayalan serta perasaan melalui indera gambar, seperti pensil, bolpoin, krayon, dan  alat lain yg dapat digunakan untuk  menulis.

Menggambar dapat juga diartikan menjadi bentuk aktivitas seni rupa yg melibatkan gagasan serta khayalan media dua serta 3 dimensi menggunakan memperhatikan proporsi, komposisi, ekuilibrium,  dan  gelap terperinci.

Objek Menggambar

Menggambar tidak terpaku di satu macam objek saja namun bisa mengambil dan  menyusun objek gambar sinkron dengan imajinasi serta perasaan. Objek gambar bisa diambil asal alam seperti tumbuhan (tanaman), hewan (hewan), serta bentuk-bentuk alam benda yang didesain insan atau benda yg telah terdapat sebelumnya pada alam seperti batu, air, dan awan.

Pengertian Menggambar Model Dan Bentuk

Komposisi Menggambar

Penempatan objek gambar sebenarnya dapat disusun sinkron dengan hasrat dan  kreativitas yg siswa miliki. Sebelum objek gambar dirancang, sebaiknya peserta didik harus menentukan jenis benda yang akan digambar. Benda yg lebih besar tidak boleh menutupi benda yg lebih kecil.

Komposisi pada menggambar bisa dibedakan pada 2 bentuk, yaitu: simetris serta asimetris. Komposisi simetris apabila objek yang akan digambar memiliki proporsi serta keseimbangan bentuk yang sama jua disusun sama. Komposisi asimetris Bila objek gambar mempunyai proporsi bentuk yg sama, namun keseimbangan berbeda, namun permanen memperhatikan ekuilibrium serta keindahan.
 

Teknik Menggambar

Proses menggambar sebenarnya bisa siswa mulai menggunakan cara yang sangat sederhana dan  mudah dilakukan. Biasakan sebelum menggambar buatlah sketsa terlebih dahulu agar gambar mempunyai komposisi, proporsi, dan  ekuilibrium yang baik. Beberapa tahapan yg wajib  dilakukan di saat menggambar menjadi berikut.

a. Mengetahui bentuk dasar dari objek yang akan digambar,
b. Mengetahui bagian-bagian asal objek gambar,
c. Menyusun atau menyambung bagian per bagian sebagai gambar yg utuh,
d. Memberikan dimensi gelap jelas baik hitam putih atau berwarna.
 
Memberi kesan untuk latar belakang
Pertama kali menggambar sebaiknya tidak perlu tergesa-gesa buat memiliki kemiripan bentuk sesuai dengan objek yang digambar. Peserta didik harus berlatih dan sabar sampai me­nguasai bentuk dasar bagian-bagian berasal objek yg digambar. Mulailah berlatih dari bentuk tumbuhan, hewan, dan  benda sintesis manusia yg paling sederhana dan  bisa   digambar.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 12.26.00
Tags :

Related : Pengertian Menggambar Model Dan Bentuk

0 komentar:

Posting Komentar