Langsung ke konten utama

Pengertian Ragam Hias dan Motifnya

Pengertian Ragam Hias dan Motifnya - Ragam hias disebut pula ornamen, adalah salah satu bentuk karya seni rupa yg telah berkembang sejak zaman prasejarah. Indonesia menjadi negara kepulauan mempunyai berbagai jenis ragam hias. Ragam hias di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu lingkungan alam, tumbuhan serta fauna serta manusia yang hidup.

Keinginan untuk menghias merupakan naluri atau insting seorang manusia. Faktor agama turut mendukung berkembangnya ragam hias karena adanya perlambangan dibalik sebuah gambar. Ragam hias mempunyai makna karena disepakati oleh masyarakat penggunanya.

Menggambar ragam hias dapat dilakukan dengan cara stilasi (digayakan) yang meliputi penyederhanaan bentuk dan  perubahan bentuk (deformasi).

Motif Ragam Hias

Ragam hias adalah karya seni rupa yg diambil berdasarkan bentuk-bentuk tanaman  (vegetal), hewan (animal), figural (manusia), serta bentuk geometris. Ragam hias tadi dapat diterapkan pada media dua dan 3 dimensi.

1. Ragam Hias Tanaman atau Flora
Flora sebagai sumber objek motif ragam hias dapat dijumpai hampir pada seluruh pulau pada Indonesia. Ragam hias dengan motif flora (vegetal) mudah dijumpai di barang-barang seni, seperti batik, gesekan, kain sulam, kain tenun, serta bordir.

2. Ragam Hias Fauna atau Hewan
Ragam hias fauna (animal) ialah bentuk gambar motif yang diambil dari binatang tertentu. Hewan menjadi wujud ragam hias pada umumnya sudah mengalami perubahan bentuk atau gaya. Beberapa binatang yang biasa digunakan menjadi objek ragam hias adalah kupu-kupu, burung, kadal, gajah, serta ikan.

Pengertian Ragam Hias dan Jenisnya

Ragam hias motif hewan sudah mengalami deformasi namun tidak meninggalkan bentuk aslinya. Ragam hias hewan dapat dikombinasikan dengan motif tumbuhan dengan bentuk yg digayakan.

Motif ragam hias wilayah pada Indonesia sering sekali menggunakan binatang sebagai objek ragam hias. Daerah-daerah tadi adalah Yogyakarta, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan  Papua. Motif ragam hias fauna tersebut dapat dijumpai di hasil karya batik, goresan, sulaman, anyaman, tenun, serta kain bordir. Ragam hias bentuk fauna bisa dijadikan sarana buat memperkenalkan kearifan lokal daerah tertentu pada Indonesia mirip burung cendrawasih di Papua, komodo di Nusa Tenggara
Timur, serta gajah di  Lampung.

3. Ragam Hias Geometris
Ragam hias geometris merupakan motif hias yang dikembangkan dari bentuk-bentuk geometris serta kemudian digayakan ssesuai dengan selera serta imajinasi pembuatnya. Gaya ragam hias geometris bisa dijumpai di semua wilayah di Indonesia, seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, serta Papua. Ragam hias geometris dapat dibuat dengan menggabungkan bentuk-bentuk geometris ke dalam satu motif ragam   hias.

4. Ragam Hias Figuratif
Bentuk ragam hias figuratif berupa objek manusia yang digambar dengan mendapatkan penggayaan bentuk. Ragam hias figuratif umumnya ada di bahan tekstil maupun bahan kayu, yg proses pembuatannya bisa dilakukan menggunakan cara menggambar.

Pola Ragam Hias

Bentuk ragam hias biasanya mempunyai pola atau susunan yang diulang-ulang. Di bentuk ragam hias yang lain, pola yang ditampilkan dapat berupa pola ragam hias yang teratur, terukur serta mempunyai ekuilibrium. Pola ragam hias geometris bisa ditandai dari bentuknya mirip persegi empat, zigzag, garis silang, segitiga, dan  bulat. Pola bidang tersebut adalah pola geometris yang bentuknya teratur. Bentuk lain dari pola geometris merupakan dengan membarui susunan pola ragam hias menjadi pola ragam hias tidak beraturan serta permanen memperhatikan segi keindahan.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…