Langsung ke konten utama

Pengertian Senam Ketangkasan Dengan Alat dan Tanpa Alat

Pengertian Senam Ketangkasan Dengan Alat dan Tanpa Alat - Senam adalah salahsatu bentuk latihan fisik yang disusun secara sistematis. Manfaat dari senam ketangkasan adalah untuk daya tahan tubuh, kekuatan, kelentukan, koordinasi, membentuk prestasi, membentuk tubuh yang ideal, serta yang paling penting adalah memelihara kesehatan. Senam ketangkasan sering disebut juga senam lantai yang dilakukan di atas lantai dengan beralaskan matras. Senam lantai menurut peralatannya dibagi menjadi dua, yaitu senam lantai tanpa menggunakan alat dan senam lantai dengan menggunakan alat. 

Latihan Senam Ketangkasan


Latihan pemanasan perlu dilakukan sebelum memulai suatu kegiatan kebugaran jasmani termasuk juga senam. Baca juga : Pengertian Kebugaran Jasmani Pemanasan yang kamu lakukan dapat berfungsi menyiapkan tubuh untuk melakukan senam. Latihan pemanasan harus tepat pada sasaran dan sesuai dengan apa yang akan dilakukan pada latihan inti. Latihan yang perlu ditekankan sebelum memulai senam adalah kelentukan dan kekuatan.

Untuk menjaga keselamatan, kamu dapat melakukan latihan senam di atas matras. Ayo, ikuti gerakan berikut!

A. Pemanasan
Lakukan jalan atau lari dengan variasi peluit 1 x pendek jalan, atau peluit 1 x panjang jalan.
Latihan mencium lutut dengan posisi berdiri dan membungkukkan badan baik secara statis atau dinamis.

Melakukan gerakan meliukkan tubuh ke samping kiri dan kanan.
Berjongkoklah, tangan di depan dengan posisi menempel tanah. Gerakan selanjutnya adalah mengangkat pantat ke atas dan kedua kaki lurus.
Badan telungkup, kedua tangan di samping badan, dan lakukan gerakan push up.
Posisi duduk, kaki kiri lurus ke depan, kaki kanan seperti orang bersila dan kedua tangan memegang betis.

B. Guling
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, guling diartikan sebagai menggelundungkan badan ke depan atau ke belakang dengan tumpuan pada pundak.

Pada prinsipnya, gerakan guling mudah untuk dilaksanakan. Adapun modal pertama yang perlu kamu miliki dalam melakukan gerakan guling adalah keberanian. Gerakan guling sangat bermanfaat merangsang pertumbuhan badan. Gerakan guling dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu guling ke depan, ke belakang, dan samping.

1. Guling ke Depan
Gerakan awal, anak jongkok dengan posisi badan lurus dan kedua tangan ke depan. Gerakan rol dilakukan dengan cara meletakkan kedua tangan di atas matras. Dagu ditempelkan pada dada, tengkuk menyentuh matras dan dilanjutkan melecutkan kaki ke depan. Posisi akhir, anak jongkok seperti posisi awal.

Posisi awal anak membungkukkan badan, kedua tangan menempel pada matras. Gerakan rol dilakukan dengan cara kedua siku dan dagu ditem-pelkan dada. Tengkuk menyentuh matras diikuti dengan melecutkan kedua kaki ke depan lurus sehingga anak melakukan gerak rol ke depan. Posisi akhir, anak membungkukkan badan dan kedua tangan rileks.

Posisi awal berdiri, kedua tangan lurus ke depan. Gerakan rol ke depan dilakukan dengan cara menyentuhkan kedua tangan ke matras dan dilanjutkan dengan merebahkan badan ke depan. Dagu menyentuh dada dan tengkuk menyentuh matras, kemudian kaki dilecutkan ke depan. Posisi akhir adalah berdiri.

2. Guling ke Belakang
Posisi awal jongkok membelakangi arah gerakan, kedua telapak tangan di samping telinga menghadap ke atas. Gerakan rol ke belakang dimulai dengan menjatuhkan panggul ke matras diikuti punggung, hingga kedua telapak tangan menempel matras. Tangan juga berfungsi mendorong badan ke belakang. Posisi akhir, jongkok membelakangi arah gerakan.

Posisi awal berdiri membelakangi arah gerakan. Gerakan dimulai dari panggul dan diturunkan sampai menyentuh matras. Kedua telapak tangan di samping telinga menghadap ke atas. Gulingkan badan ke belakang hingga kedua lutut tertekuk mengikuti gerakan badan. Telapak tangan menempel matras dan berfungsi untuk mendorong. Posisi akhir adalah jongkok.

3.Guling ke Samping
Gerakan guling ke samping ini tentunya sering kamu lakukan baik saat bermain di lapangan, rumput, ataupun di tempat tidur. Gerakan guling dilakukan dengan posisi badan tidur telentang, kedua tangan lurus ke atas, selanjutnya gulingkan badan ke samping kiri atau kanan.

c. Berdiri Bertumpu dengan Kedua Telapak Tangan (Hand Stand)
Senam ketangkasan selanjutnya adakah Hand Stand. Jika kita pernah melihat seorang penari break dance di televisi memperagakan gerakan-gerakan yang menawan termasuk di dalamnya gerakan berdiri dengan menggunakan dua tangan (hand stand) sebagai tumpuan. Kamu juga dapat mela-kukan gerakan tersebut baik dengan latihan sendiri atau dengan bantuan teman. Baca juga : Pengertian Senam Lantai dan Contohnya

Ayo ikuti gerakan berikut!

Apabila secara rutin melakukan latihan hand stand, maka tangan kita akan semakin kuat.
Anak jongkok membelakangi tembok dengan dua tangan menyentuh lantai. Gerakan menempelkan kedua kaki ke tembok, lalu kedua kaki digerakkan ke atas dan dua tangan sebagai tumpuan pandangan ke arah depan.

Pengertian Senam Ketangkasan Dengan Alat dan Tanpa Alat

Anak berpasangan dengan teman, satu anak membungkukkan badan menghadap tembok dan dua tangan menyentuh lantai, sedang pasangannya sebagai penolong. Gerakan anak melecutkan satu kaki ke atas dan diikuti kaki yang lainnya, dibantu teman hingga kedua kaki menempel tembok.

Anak berpasangan dengan teman yang seimbang tinggi badannya. Satu sebagai penolong sedang pasangannya melakukan gerakan berdiri dengan tangan (hand stand). Gerakan anak membungkukkan badan, dua tangan berada di lantai/tanah. Kaki dilecutkan ke atas depan dan diikuti kaki yang lainnya hingga posisi tubuh lurus dari kaki sampai badan. Penolong mem-bantu menahan dan meluruskan kaki. Apabila posisi sudah stabil lalu dilepas.


Kesimpulan Senam Ketangkasan

Fungsi pemanasan adalah untuk mempersiapkan tubuh melakukan latihan inti. Ini dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Pemanasan sangat dibutuhkan sebelum kita melakukan kegiatan jasmani, termasuk senam.
Guling diartikan menggelundungkan badan ke depan atau ke belakang dengan tumpuan pada pundak. Gerakan guling dibedakan atas guling depan dan guling belakang.
Hand stand merupakan gerakan badan dengan posisi berdiri, dua telapak tangan digunakan sebagai tumpuan.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…