Jumat, 05 Agustus 2016

Pengertian Softball Beserta Gambarnya

;
Pengertian Softball Beserta Gambarnya - Kalian pernah mendengan softball? atau mungkin pernah memainkannya? ya, Sofbol atau dikenal dengan softball merupakan salahsatu olahraga bola yang dimainkan secara beregu yang terdiri dari dua tim yang mana masing masing tim atau regu terdiri dari 9 orang dan selebihnya cadangan. Permainan sofball ini tercipta di negara Amerika Serikat, diciptakan oleh seorang reporter Chicago Board of Trade yaitu George Hancock di kota terbesar di Amerika serikat yaitu Chicago pada tahun 1887.

Sejarah Singkat Permainan Softball

Sofball adalah perkembangan dari olahraga sejenis yaitu bisbo/hardball. Bola yang digunakan untuk softball sekarang ini memiliki diameter 28-30,5 cm; bola itu dilempar oleh seorang pelempar bola yang disebut pitcher dan menjadi sasaran pemain lawan, adalah pemukul bola dengan menggunakan bat atau tongkat pemukul. Dibawah ini adalah gambar bola softball dan sarung tangan.

Pengertian Softball Beserta Gambarnya

Dalam olahraga Softball terdapat sebuah regu yang bertugas sebagai berjaga atau defensif dan tim yang tugasnya memukul disebut dengan ofensif. Setiap regu atau tim berlomba mengumpulkan angka (run) dengan cara memutari tiga seri base atau marka pelari sampai menyentuh marka akhir yaitu home plate. adajuga yang bertugas sebagai penangkap bola dan pelempar bola. Nah di akhir postingan nanti saya akan menjelaskan secara rinci dari tugas pemain softball.

Dulu, permainan softball ini pertama kali dimainkan di dalam suatu ruangan, di dalam gedung olahraga Farragut Boat club. Seseorang dari mereka menemukan sarung tinju lalu dilemparakan ke orang lain. Dengan reflek orang lain tersebut mengambil pemukul dan memukul sarung tinju tersebut. Sesaat kemudian Hancock berteriak mengucapkan "Play Ball". Maka dibagilah 2 regu yang dilakukan seperti bisbol. Alat pemukul yang digunakan pada saat itu adalah sapu dan sarung tangan sebagai bolanya.

Tugas Pemian Softball

Pelempar bola
Permainan akan dimulai ketika wasit memulai tanda pertandingan dan meneriakkan kata “Play Ball”. Selanjutnya pemain bertahan akan memasuki area pertahannya masing-masing, pertarungan antara pelempar bola di regu defendif dan pemukul bola di regu yang mendapat giliran untuk memukul dapat dimulai. Pemian pelempar bola berdiri di atas plate lalu menghadap ke arah penangkap bola. sipelempar bola harus berusaha melempar bola sekuat tenaga ke mitt penangkap bola. 

Posisi bola lempar memiliki area wilayah khusus yang disebut dengan zona strike (strike zone), di mana hasil akhir lemparan terdapat di atas home plate dan tingginya tidak lebih dari dada dan tidak kurang dari lutut pemukul bola. Apabila bola berada di dalam zona strike tidak terpukul oleh si pemukul bola, maka sang wasit akan berteriak “strike”.

Namun jika bola itu keluar dari zona strike, dan si pemukul bola tidak bisa memukul bola maka sang wasit akan berteriak “ball”. Zona strike merupakan zona di mana bola tersebut berada dalam wilayah pukul pemukul bola. ketika melempar, pelempar bola harus berusaha membuat bola strike dengan sekuat tenaga supaya pemukul bola merasa sulit untuk memukul bola meskipun bola itu berada di zona pukulnya. Dengan demikian tantangan bai seorang pelempar bola adalah melempar bola dengan sekuat mungkin sehingga kecepatan tinggi dan dengan sasaran yang tepat.

Penangkap bola
Dalam satu tim setidaknya mempunyai satu pemain penangkap bola. Penangkap bola harus dilengkapi dengan berbagai perlengkapan pengaman dan bertugas menangkap lemparan pelempar bola. Catcher harus menggunakan helm yaitu topeng penangkap bola. Ini akan melindungi kepala dan muka, selain helm pelindung lainnya harus digunakan seperti pelindung tubuh, pelindung kaki dan pelindung lutut. Dibawah ini adalah gambar penangkap bola dilengkap dengan pelindung dan pemukul bola.

Pengertian Softball Beserta Gambarnya

Posisi Catcher di belakang pemukul bola sambil jongkok. Seorang pelempar bola dan penangkap bola diwajibkan memiliki komunikasi yang baik dengan menggunakan isyarat-isyarat khusus untuk bekerjasama mematikan seorang pemukul bola. Terkadang  seorang Catcher merupakan pengatur strategi yang baik, karena ketika sedang bermain si penangkap bola bisa melihat seluruh situasi yang terjadi di hadapannya.

Penjaga atau Defendif
Tim bertahan memiliki 7 pemain penjaga (fielder) yang terbagi ke dalam 4 penjaga area dalam (infielder) dan 3 pemain penjaga area luar (outfielder). Bagian dalam bertugas untuk penjaga marka satu, marka dua dan marka tiga.  Sedangkan penjaga luar posisinya berada tepat di sebelah kiri yang terbagi menjadi 3 yaitu penjaga kiri, penjaga tengah dan penjaga kanan.

Pemukul bola
Tiap pemain yang bertugas untuk memukul bola memiliki 3 kali kesempatan strike dan 4 kali ball. 3 kali strike dapat membuat pemukul bola mati atau “Strike Out”. Namun apabila  4 kali ball maka pemukul bola diizinkan jalan bebas ke arah marka satu (free walk). Jika pemukul bola berhasil memukul bola tersebut, maka pemukul bola akan berlari sekuat tenaga menuju marka satu sebelum bola pukulannya itu dikembalikan lagi atau di tangkap oleh penjaga marka satu. 

Apabila pemukul berhasil berlari ke marka satu sebelum penjaga marka satu menangkap bola maka pemukul bola “safe”atau selamat'. Sebaliknya, apabila penjaga marka satu lebih cepat menangkap bola, maka pemukul bola keluar “out”.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 09.55.00
Tags :

Related : Pengertian Softball Beserta Gambarnya

0 komentar:

Posting Komentar