Langsung ke konten utama

Pengertian Tolak Peluru dan Teknik Dasarnya Lenkap Beserta Gambarnya

Pengertian Tolak Peluru dan Teknik Dasarnya Lenkap Beserta Gambarnya - Tolak peluru adalah salahsatu dari cabang olahraga atletik yang di mainkan dengan menggunakan peluru. Peluru ini terbuat dari logam. Cara melempar peluru adalah dilempar dari bahu dengan cara ditolakkan ke arah sasaran. Ketika kalian melakukan tolakan, kalian bisa menggunakan beberapa gaya seperti menyamping atau membelakangi sektor lemparan.

Jika kalian ingin seperti Ryan Crouser yang memenangkan medali emas dalam dalam olimpiade 2016 yang di selenggarakan di Rio Brazil, maka kalian harus belajar dan terus berlatih dan Dalam postingan sekarang ini kita akan sama sama belajar memahami teknik dasar tolak peluru beserta gambarnya.

Pengertian Tolak Peluru dan Teknik Dasarnya Lenkap Beserta Gambarnya

Teknik Dasar Tolak Peluru

Berikut adalah beberapa teknik yang kalian bisa praktekan disekolah atau dirumah.
1. Cara memegang peluru
Agar ketika kalian menolak peluru bisa berhasil secara maksimal dan peluru tersebut tidak jatuh ke bawah, maka perlu memperhatikanlah bagaimana cara-cara memegang peluru dengan benar. Adapun cara carammemegang peluru yang benar adalah sebagai berikut.

a. Peluru diletakkan pada telapak tangan dan dipegang jari-jari tangan.
b. Peluru bisa diletakkan baik di atas jari telunjuk, tengah, dan jari manis. Sedang untuk ibu jari dan jari kelingking menahan peluru di samping.
c. Peluru diletakkan di atas jari-jari, sedang ibu jari sebagai penahan.
Baca juga : Teknik dasar sepak bola

2. Cara meletakkan peluru
Setelah peluru tersebut  kalian pegang dengan benar, langkah selanjutnya adalah peluru ditempelkan pada leher di bawah rahang dan didukung dengan tangan. Peluru bagian atas menempel pada dagu dan siku tidak lebih dari 900.

3. Cara menolak peluru
Persiapan
Berdiri mengangkang, rileks selebar bahu, posisi menyamping arah tolakan. Peganglah peluru dengan menggunakan tangan kanan  lalu letakkan pada leher di bawah rahang dan menempel bahu. Siku tangan kiri harus dibengkokkan di depan dada. Pandangan harus ke arah tolakan.

4. Gerakan
Cara meletakkan peluru.
Gunakanlah kaki yang terdekat ke bagian lemparan sebagai kaki ayun untuk persiapan menolak. Kerika kaki ayun di depan, putarkan lah pinggang ke arah bagian lemparan dan pinggul membantu  mendorong ke arah depan atas, dan tubuh condong ke arah depan. Pandangan tertuju ke arah tolakan

5. Akhir
Gerakanlah kaki kanan ke depan menggantikan kaki kiri sebagai tumpuan. Kaki kiri lurus ke belakang dengan rileks, lutut kaki kanan seikit ditekuk. Pandangan tertuju ke arah tolakan.
Dibawah ini adalah video teknik dasar tolak peluru. Selamat menonton !!!


Naaaah ,,, mungkin itu yang saya bisa sampaikan pada postingan pengertian tolak peluru dan tekniknya. Semoga ini dapat membantu kalian mempelajari dan mempraktekannya. Ingat... dalam olahraga harus di barengi dengan praktek. selamat mencoba :D

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…