Tuesday, August 23, 2016

Pengertian Tolak Peluru dan Teknik Dasarnya Lenkap Beserta Gambarnya

Pengertian Tolak Peluru dan Teknik Dasarnya Lenkap Beserta Gambarnya - Tolak peluru adalah salahsatu dari cabang olahraga atletik yang di mainkan dengan menggunakan peluru. Peluru ini terbuat dari logam. Cara melempar peluru adalah dilempar dari bahu dengan cara ditolakkan ke arah sasaran. Ketika kalian melakukan tolakan, kalian bisa menggunakan beberapa gaya seperti menyamping atau membelakangi sektor lemparan.

Jika kalian ingin seperti Ryan Crouser yang memenangkan medali emas dalam dalam olimpiade 2016 yang di selenggarakan di Rio Brazil, maka kalian harus belajar dan terus berlatih dan Dalam postingan sekarang ini kita akan sama sama belajar memahami teknik dasar tolak peluru beserta gambarnya.

Pengertian Tolak Peluru dan Teknik Dasarnya Lenkap Beserta Gambarnya

Teknik Dasar Tolak Peluru

Berikut adalah beberapa teknik yang kalian bisa praktekan disekolah atau dirumah.
1. Cara memegang peluru
Agar ketika kalian menolak peluru bisa berhasil secara maksimal dan peluru tersebut tidak jatuh ke bawah, maka perlu memperhatikanlah bagaimana cara-cara memegang peluru dengan benar. Adapun cara carammemegang peluru yang benar adalah sebagai berikut.

a. Peluru diletakkan pada telapak tangan dan dipegang jari-jari tangan.
b. Peluru bisa diletakkan baik di atas jari telunjuk, tengah, dan jari manis. Sedang untuk ibu jari dan jari kelingking menahan peluru di samping.
c. Peluru diletakkan di atas jari-jari, sedang ibu jari sebagai penahan.
Baca juga : Teknik dasar sepak bola

2. Cara meletakkan peluru
Setelah peluru tersebut  kalian pegang dengan benar, langkah selanjutnya adalah peluru ditempelkan pada leher di bawah rahang dan didukung dengan tangan. Peluru bagian atas menempel pada dagu dan siku tidak lebih dari 900.

3. Cara menolak peluru
Persiapan
Berdiri mengangkang, rileks selebar bahu, posisi menyamping arah tolakan. Peganglah peluru dengan menggunakan tangan kanan  lalu letakkan pada leher di bawah rahang dan menempel bahu. Siku tangan kiri harus dibengkokkan di depan dada. Pandangan harus ke arah tolakan.

4. Gerakan
Cara meletakkan peluru.
Gunakanlah kaki yang terdekat ke bagian lemparan sebagai kaki ayun untuk persiapan menolak. Kerika kaki ayun di depan, putarkan lah pinggang ke arah bagian lemparan dan pinggul membantu  mendorong ke arah depan atas, dan tubuh condong ke arah depan. Pandangan tertuju ke arah tolakan

5. Akhir
Gerakanlah kaki kanan ke depan menggantikan kaki kiri sebagai tumpuan. Kaki kiri lurus ke belakang dengan rileks, lutut kaki kanan seikit ditekuk. Pandangan tertuju ke arah tolakan.
Dibawah ini adalah video teknik dasar tolak peluru. Selamat menonton !!!


Naaaah ,,, mungkin itu yang saya bisa sampaikan pada postingan pengertian tolak peluru dan tekniknya. Semoga ini dapat membantu kalian mempelajari dan mempraktekannya. Ingat... dalam olahraga harus di barengi dengan praktek. selamat mencoba :D
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 12:22:00 AM
Tags :

Related : Pengertian Tolak Peluru dan Teknik Dasarnya Lenkap Beserta Gambarnya

0 komentar:

Post a Comment