Saturday, August 13, 2016

Perangkat Keras Jaringan Komputer Dan Fungsinya Beserta Gambarnya

Perangkat Keras Jaringan Komputer Dan Fungsinya Beserta Gambarnya - Sebuah jaringan komputer adalah telekomunikasi antar satu komputer dengan komputer-komputer yang lain dengan menggunakan beberapa perangkat keras jaringan komputer. Dengan adanya perangkat keras jaringan komputer tersebut maka komputer-komputer dapat berbagi informasi dan data.

Pada kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba membeberkan kepada kalian macam-macam perangkat keras jaringan komputer lengkap dengan fungsi dan pengertiannya.


Perangkat Keras Jaringan Komputer
Perangkat Keras Jaringan Komputer Dan Fungsinya Beserta Gambarnya


Perangkat Jaringan Komputer Dan Fungsinya

1. Komputer Server
Perangkat keras komputer yang kalian butuhkan untuk jaringan komputer adalah Komputer server. Komputer server atau peladen biasanya mempunyai sistem operasi, aplikasi atau software, dan database yang menyediakan layanan kepada komputer klien. Database atau basis data secara singkat adalah kumpulan data-data dan informasi yang disimpan di komputer server secara sistematis yang fungsinya untuk digunakan oleh komputer yang terhubung pada jaringan tersebut.

Pada jaringan komputer yang besar di mana basis data harus ditangani oleh server cukup besar, server untuk basis data dibuat terpisah dengan server untuk jaringan. Apabila jaringan dihubungkan ke internet, komputer peladen dapat berfungsi sebagai gateway atau gerbang komputer klien untuk mengakses internet. Dan ini sudah saya bahas secara detail pada materi yang berjudul "Pengertian jaringan komputer dan fungsinya"

2. Komputer Klien
Komputer klien merupakan komputer yang dilayani oleh komputer server. Komputer klien berada di dalam sebuah jaringan komputer yang digunakan oleh pengguna untuk mengakses data dan informasi.

Layanan dari komputer server bisa berupa layanan koneksi ke internet, layanan data atau informasi, atau juga layanan koneksi dan komunikasi dengan komputer yang lain yang ada dalam jaringan komputer. Jumlah komputer klien yang ada dalam sebuah jaringan komputer biasanya dapat mencapai puluhan dan ratusan.

3. Kartu Jaringan
Perangkat keras jaringan komputer selanjutnya adalah Kartu jaringan atau LAN Card. Kartu jaringan dipasang di motherboard komputer-komputer yang terdapat di jaringan (baik server maupun klien).

Motherboard model sekarang sudah dilengkapi dengan LAN Card didalammya, sehingga kalian tidak perlu lagi dibeli LAN Card secara terpisah. Fungsi kartu jaringan adalah memungkinkan komputer-komputer dapat saling bertukar informasi dan data.

4. Hub
Perangkat keras jaringan komputer ke empat adalah Hub. Hub adalah sebuah pusatan berfungsi untuk membagi sinyal data dari LAN Card. Hub juga berfungsi sebagai penguat Sinyal. HUb juga berfungsi untuk menghubungkan perangkat perangkat dengan kabel Ethernet atau kabel serat optik supaya bersikap sebagai satu petak jaringan (network segment).

Dengan adanya Hub maka memungkinkan jarak komputer klien dan server bisa menjadi lebih jauh.


5. Kabel dan Konektor
Kabel dan konektor dalam sebuah jaringan LAN berfungsi untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain atau satu komputer dengan perangkat jaringan lain, misalnya Hub. biasanya Konektor terdiri Konektor Plug (male) dan Konektor Socket (female).

Ada beberapa tipe kabel yang digunakan di jaringan, antara lain:

a. Kabel Coaxial
Kabel Coaxial digunakan pada LAN yang sekarang digantikan oleh kabel UTP.

b. Kabel UTP
Kabel UTP adalah kabel yang sering digunakan untuk jaringan LAN. Kabel UTP terdiri dari 8 kawat tembaga yang dipilin secara berpasangan. Masing-masing dari pasang kabel tersebut tidak dipisahkan satu dengan yang lain dengan pembungkus. Kabel tersebut disambungkan dengan perangkat jaringan menggunakan sebuah konektor yang disebut "RJ-45"

c. Kabel STP
Berbeda halnya dengan kabel UTP, kabel STP dibungkus dan dipisahkan masing-masing pasang kabelnya. Tujuannya untuk mengurangi gangguan elektrik di antara pasangan kabel maupun gangguan dari luar. Sama persis dengan kabel UTP, kabel STP juga bisa menggunakan konektor "RJ-45". Namun kable STP harganya jauh mahal dan instalasi yang lebih sulit.

d. Kabel Fiber Optik
Kabel fiber optik umumnya di gunakan pada jaringan WAN karena kabel fiber optik memiliki kemampuan untuk melewatkan data dalam jumlah besar dan cepat serta jarak transmisi yang jauh.

6.  Repeater
Repeater atau penguat sinyal adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memperkuat sinyal. jika jarak antara komputer yang dihubungknn  kabel UTP dibatasi sampai 100 meter. Maka dengan adanya repeater jarak antara komputer tersebut bisa lebih jauh lagi. Baca juga : Perangkat Jaringan Komputer

7. Bridge
Bridge adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan LAN dcngan jaringan yang lain. Dengan menggunakan bridge, sebuah jaringan yang lebih besar yang merupakan gabungan dari beberapa jaringan dapat diperoleh.

8. Router
Router berfungsi untuk mengatur aliran data dari suatu jaringan ke jaringan yang lainnya. Jika kita menggunakan router, arus data dari satu LAN dapat dipisahkan dari arus LAN yang lain. Dengan demikian, arus data dari satu jaringan LAN tidak akan tercampur dengan arus data dari LAN yang lain.

9. Firewall
Satu lagi perangkat keras jaringan komputer yang sangat penting adalah Firewall. Firewall adalah alat yang dipasang di dalam jaringan kornputer yang berfungsi untuk melindungi jaringan dari serangan orang yang tidah beranggung jawab.

Itulah 9 Perangkat keras jaringan komputer yang bisa saya paparkan. Semoga bisa bermanfaat, jangan lupa berkomentar untuk menambahkan atau bertanya mengenai materi diatas.

Sebelum akhirnya saya menutup postingan ini, ada tantangan buat kalian dengan menjawab pertanyaan dari saya. jawaban ditulis pada kotak komentar. Jangan lupa sertakan juga Nama kalian dan Sekolah kalian. Oke!!!
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 9:11:00 PM

Related : Perangkat Keras Jaringan Komputer Dan Fungsinya Beserta Gambarnya

0 komentar:

Post a Comment