Wednesday, August 3, 2016

Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya Lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya

Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya - Bagi pengguna komputer alangkah baiknya mengetahui lebih dalam dan mengenal beberapa komponen komputer terutama perangkat keras komputer dan dengan memperlajari satu persatu dari perangkat keras komputer maka kita akan mengetahui bagaimana perangkat keras komputer tersebut saling bekerja sama satu sama lain. Maka pada kesempatan ini kita akan sama sama belajar tentang perangkat keras komputer dan fungsinya.

Macam Macam Perangkat Keras Komputer

Komponen minimal untuk dapat menggunakan komputer adalah terdiri dari; Unit Sistem (processor, motherboard, memory, VGA card, dan harddisk) yang semua ini terpasang dalam casing. Media input (keyboard dan mouse) dan perangkat output (monitor) dengan perangkat perangkat tersebut maka sebuah komputer bisa digunakan. Namun pada kesempatan ini juga kita akan membahas lebih jauh lagi mengenai macam macam perangkat keras komputer.

Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya Lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya
Perangkat Keras


Baca Juga : Sejarah Komputer dan Perkembangannya

1. CPU (Central Unit Processor)
Perangkat keras komputer yang pertama adalah Microprocessor atau CPU selalu terdapat dalam setiap komputer sebagai komponen utama dalam melakukan proses pengolahan data komputer atau cpu merupakan otaknya komputer. Processor ditempatkan bersama chip pendukung lainnya, seperti VGA Card, pada sebuah papan sirkuit yang disebut motherboard atau mainboard.

Kemudian motherboard tersebut dirakit dan ditempatkan dalam sebuah casing membentuk sebuah unit sistem. Dalam istilah sehari-hari, satuan unit komponen yang disimpan dalam casing bersama dengan processor yang disebut CPU. Bentuk dari unit sistem yang bervariasi, mengikuti casing yang digunakan.

Spesifikasi komputer biasa mengacu pada jenis processor yang digunanakn, seperti pentium 300Mhz, Pentium IV 1,7GHz, dll. Jenis processor tersbut menggambarkan kemempuan dan kecepatan pengolahan data. Semakin besar satuan frekuensi atau intruksi perdetik CPU semakin cepat CPU tersebut mengeksekusi program yang sedang berjalan.

2. Memory
Perangkat keras komputer yang kedua adalah memory, memory ini membantu CPU melakukan proses data. Ada beberapa jenis memori yang terdapat dalam suatu komputer, seperti cache memori pada CPU, RAM, dan memory lain yang terpasang dalam motherboard. Memori yang akan kita bahas sekarang adalah memori RAM (Random Acces Memory) bentuknya kepingan yang terpasang pada motherboar dan dapat dilepas.

Semakin banyak aplikasi yang beroperasi, makin berat beban yang tanggung memori RAM. RAM banyak dijual dalam berbentuk kepingan utuh yang berisikan skumpulan IC (Integrated Sirkuit) . Satuan besaran dari memori adalah byte atau mega byte. Misal, memory  yang banyak digunakan sekarang ini  adalah memory yang berkapasitas 32Mb, 64 Mb. dst.

3. VGA dan Sound Card
Perangkat keras lainnya yang terdapat  pada unit sistem adalah VGA card/Kartu VGA. VGA card dibuat berupa papan sirkuit yang berisi chip yang berfungsi sebagai perantara antara unit sistem dengan layar monitor sebagai media output. Tanpa komponen ini, informasi hasil pengolahan CPU tidak dapat ditampilkan pada monitor.

Sound Card atau kartu suara merupakan komponen tambahan berupa papan yang berisi chip yang berfungsi untuk menghasilkan energi suara. kemudian lewat media sound system seperti speaker suara tersbut dapa didengarkan. Sekarang ini ada motherboard yang membuat VGA dan Sound Card secara on board, artinya kedua komponen tersebut dibuat berupa chip yang menyatu dengan chip lain pada motherboard.

Macam macam Perangkat Keras Komputer Input dan Output

Perangkat Input dan Output Ialah perangkat komunikasi yang merupakan bagian dari sistem komputer selain unit sistem. Perangkat ini yang menjembatani antara unit sistem pada komputer dengan pengguna.

1. Media Input
Merupakan media komunikasi pada komputer untuk mengirimkan instmksi, data, dan informasi yang akan diproses oleh CPU. 
Berikut ini beberapa contoh media input. 

a. Keyboard 
Perangkat input yang kerap digunakan sebuah PC ialah keyboard. Alat ini berfungsi sebagai perantara komunikasi antara pengguna komputer dengan sistum komputer dengan cara mengetikkan tombol keyboard berupa teks dan perintah-perintah lain seperti ‘Enter’ untuk dijalankan komputer. Bentuk dan jenis keyboard sangat beragam, mulai paling sederhana sampai kompleks dengan tambahan tombol yang bervariasi.
b. Mouse
Mouse merupakan perangkat penunjuk (pointing device) yang memungkinkan pengguna untuk langsung menunjuk objek yang dapat dilihat pada layar monitor komputer. Mouse dijalankan deugan menekan tombol mouse pada objek yang sudah dipilih. Menekan mouse dikenal dengan nama ‘klik’ untuk sekali tekan, dan ‘double klik’ (klik ganda) untuk dua kali tekan.  

c. Scanner 
Scanner digunakan untuk menyalin dan mengambil data apa saja, mulai teks, gambar, foto, bahkan dengan perkembangan teknologi, misal teknologi kedokteran, manusia pun dapat di-scan (CT Scan) untuk diketahui penyakit apa saja yang diidapnya.

d. Joystick dan Gamepad
Perangkat keras komputer selanjutnya adalah Joystick dan gamepad, Joystik merupakan perangkat keras input yang banyak digunakan untuk keperluan game. Desain joystick dan gamepad menjadikan bermain game pada komputer akan terasa lebih asyik dan real.

e. Kamera Digital
Dengan kamera digital pengguna dapat mengambil gambar secara langsung dalam bentuk digital dengan format yang dapat dibaca oleh komputer. Misal, saat melakukan chatting (komunikasi berbasis teks antar dua atau lebih pengguna lewat jaringan komputer atau internet), pengguna dapat langsung mclihat lawan bicaranya yang menggunakan kamera digital pada layar monitor.

2. Media Output
Merupakan media komunikasi pada komputer untuk menampilkan data dan informasi yang diminta oleli pengguna dan telah diproses oleh CPU. Berikut ini beberapa contoh media output yang banyak digunakan.

a) Display Screen/Layar Monitor
Layar inonitor menampilkan hasil dari proses yang dilakukan oleh CPU secara langsung sehingga pemakai kornputer dapat mengetahui apa saja yang dihasilkan dari komputer ini. Misalkan pada keyboard pengguna menekan huruf “Y” (input). Pada layar monitor kursor akan menuliskan “Y”.

Ditulisnya liuruf “Y” pada layar monitor merupakan hasil (output) dari proses yang dikerjakan CPU so-suai dengan permintaan pengguna tadi. Nama lain dari monitor yang banyak dipakai, yaitu: vor (Video Display Terminal), dan CRT (Cathode; Ray Tube).

b. Plotter
Media output yang berfungsi untuk mencetak objek dari data digital komputer (softcopy) ke data analog (hardcopy), misal dicetak pada kertas. Printer banyak digunakan untuk mencetak data teks seperti tugas sekolah, dan dapat pula digunakan untuk mencetak gambar. Ukuan kertas yang dapat dipakai pada printer bermacam-macam, seperti ukuran folio, A-1, ataupun legal, tergantung setting yang tersedia pada printer yang digunakan.

c. Printer
Media cetak seperti printer, namun memiliki ukuran yang relatif lebih besar serta kegunaannya pun optimum untuk objek gnmbar (image), seperti mencetak peta, dan gambar reklame. Plotter mencetak gambar lebih halus (smooth) dibanding printer, dan harganya pun relatif lebih mahal. Oleh karena itu, dalam memilih media cetak disesuaikan dengan kebutuhan, apakah harus menggunakan plotter, atau cukup dengan memakai printer saja.

d. Media Penyimpanan Data (Storage)
Media yang berfungsi memberikan output berupa suara/bunyi, yang dihasilkan melalui sound card (kartu suara). Terdengarya suara musik, efek suara saat program dijalankan, film, dan sebagainya merupakan basil dari keluaran media ini.

Dengan adanya sound system, akan melengkapi indalmya menggunakan komputer, karena sambil bekerja di depan komputer tanpa beranjak dari tempat duduk sudah dapat langsung menikmati hiburan yang tersedia.

Pada pembahasan berikut dikhususkan pada media simpan elektronik yang berhubungan dengan komputer personal (PC), yaitu magnetic disk (piringan magnetik) dan optical disk (piringan optik).

Secara harfiah, disk. memiliki arti piringan/cakram. Begitupun disk dalam komputer dibuat seperti piringan/cakram. Magnetic disk ialah perangkat komputer yang berbentuk cakram/piringan tipis dengan lapisan magnetik sebagai tempat disimpannya data digital, contoh: floppy disk, hardisk.

Sedangkan Optical disk ialah piringan yang terdiri dari lapisan plastik untuk menyimpan data digital, contoh: CD-ROM. Data digital tersebut disimpan dengan melakukan goresan pada permukaan CD dan dibaca dengan scanning laser menggunakan teknologi optik.

Perangkat Keras Komputer Yang Berfungsi Untuk Menyimpan Data

a. Harddisk
Saat ini, harddisk merupakan media peyimpanan utama pada komputer, karena memiliki kapasitas yang sangat besar sehingga dapat menyimpan semua program yang dibutuhkan serta data yang telah dibuat. Dari luar, harddisk berbentuk seperti kotak, sebenamya, di dalam kotak tersebut tersimpan piringan tipis berbenluk lingkaran.

Ukuran kapasitas penyimpanan harddisk bermacam macam, dengan satuan byte. Mulai dari ukuran Mb (Megabytes), sepezti: l0Mb, 200Mb, 800Mb, sampai ada yang berukuran puluhan Gb (Gigabytes), misal: 1 Gb, 10 Gb, 40 Gb. Dan mungkin di masa yang akan datang harddisk akan terus berkembang ke ukuran yang lebih besar lagi.

Meskipun piringan harddisk relatif tertutup dan jarang tersentuh, namun saat kita memegang hardisk harus tetap hati hati. Harddisk jangan sampai terguncang atau terbanting, chip-chip yang ada pada salah satu sisi harddisk tidak boleh dipegang atau mengenai benda konduktor untuk menghindari konselet.

Lebih lengkap, silahkan baca: Pengertian Hard Disk dan Fungsinya

b. Floppy Disk
Floppy disk (atau biasa disebut disket) meyimpan data dengan kapasitas yang jauh lebih sedikit dibanding harddisk. Begitupula kecepatan proses penyimpanan dan pembacaannya yang lebih lambat. Floppy disk dipakai untuk mengambil dan memindahkgr data dari satu komputer ke komputer lainnya secara mudah.

Floppy disk memiliki tempat (media untuk melakukan penulisan dari pembacaan) pada koinputer yang disebut floppy disk drive. Ukuran kapasitas penyimpanan floppy disk yang banyak digunakan saat ini sebesar 1,44 Mb.

Karena harddisk dan floppy disk termasuk media simpan magnetik, perangkat tersebut dianjurkan untuk tidak disimpan di dekat benda-benda yang mengandung medan magnet karena Akan mempengaruhi kemampuan penyimpanan data digital dari keduanya.

c. CD (Compact Disk)
Macam macam media simpan CD yaitu: CD-ROM, CD-R‘, dan CD-RW. CD-ROM hanya dapat digunakan untuk membac-a saja (ROM = Read Only Memory), kita tidak dapat menyimpan/menambah data pada CD tersebut. CD-R dapat digunakan untuk menyimpan/merekam/menambah data (R = Recordable), misalkan untuk mengamankan data dapat disimpan pada CD ini.

d. CD RW
Sedangkan CD-RW selain dapat digunakan seperti di atas, daoat pula menghapus dan me-manipulasi data yang ada sebelumnya (RW = Re~Writahle). Untuk n.elakukan pembacaan (read) data pada CD, dibutuhkan CD-ROM drive, sedangkan untuk menulis/menyimpan (write) data pada CI)-R/CD-RW dipcrlukan CD-Writci". Kapasitas penyimpanan CD yang banyak digunakan saat ini antara 600-800 Mb. Kira-kira 300 x kapasitas floppy disk.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 2:17:00 AM

Related : Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya Lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya

0 komentar:

Post a Comment