Kamis, 11 Agustus 2016

Sejarah Internet Di Dunia dan Perkembangannya

;
Sejarah Internet Di Dunia dan Perkembanganya - Sejarah intetnet di mulai pada tahun 1960, Departemen Pertahanan Amerika Serikat hawatir akan kemungkinan terjadinya perang nuklir. Hal ini mendorong dimulainya sebuah penelitian menghubungkan beberapa komputer yang dimiliki oleh Departemen Pertahanan dalam satu jaringan sehingga memungkinkan komputer komputer itu bisa saling berkomunikasi satu dengan yang lain dan tetap bertahan jika perang benar benar terjadi.

Sejarah Internet Di Dunia dan Perkembangannya


Sejarah Internet Di Dunia Pada bulan Oktober 1962 sampai 1970

Joseph Licklider memimpin sebuah program penelitian komputer di ARPA (Advanced Research Projects Agency). ARPA adalah lembaga riset yang dimiliki Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Sebelum dikenal sebagai ARPA, nama sebelmunya adalah sebelumnya DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency).


Sejarah Internet Pada tahun 1965, Larry Robert dan Thomas Marill iberikan bantuan dana dari ARPA, dan mereka berdua mencoba membuat koneksi WAN yang pertama. Mereka berdua menghubungkan komputer TX-2 di MIT dengan komputer Q-32 yang berada di Santa Monica dengan menggunakan jaringan telepon. Hasil penelitian itu menyatakan bahwa jaringan telepon dapat melewatkan data-data meskipun hasilna tidak efisien, menghabiskan bandwidth, dan mahal. 

Diperkirakan model komunikasi antar dua komputer yang paling memungkinkan adalah model pengiriman data dalam bentuk paket data. Model pengiriman ini memecahkan data menjadi paket-paket data sebelum dikirimkan.

Sejarah Internet Pada tahun 1966, Bob Taylor yang dikenal dengan "Pelopor Internet" dari ARPA dia menerima bantuan dana dari beberapa universitas yang ada Amerika Serikat untuk melakukan sebuah percobaan membuat jaringan yang menghubungkan komputer-komputer dari sejumlah universitas yang mendanai percobaan ini. Jelang Tiga tahun, jaringan tersebut berhasil dibuat dan disebut ARPANET. Jaringan inilah yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya internet di dunia.

Internet yang pada saat itu disebut dengan ARPANET pertama kali online pada tahun 1969.  Sebelumnya, ARPANET hanya menghubungkan komputer-komputer di universitas-universitas yang beraa di bagian barat daya Amerika Serikat, diantaranta adalah University of California Los Angeles (UCLA), Stanford Research Institute, University Of California Santa Barbara, dan University of utah.

Setahun kemudian, pada bulan juni tahun 1970, bergabunglah beberapa universitas dan lembaga ke ARPARET, seperti univrsitas MIT, univrsitas Harvard, BBN, dan Systems Development Corp (SDC) di Santa Monica.


Sejarah Internet Di Dunia Tahun 1971 sampai 1990

Selanjutnya tepat pada bulan januari 1971, giliran Universitas Stanford, Lincoln Labs milik MIT, Carnegie-Mellon, dan Case Western Reserve University ikut juga bergabung ke ARPARET. Tak ketinggalan lembaga-lembaga, seperti NASA/Ames, Mitre, Burroughs, RAND, dan Universitas Illinois, juga ikut bergabung. Setelah itu, semakin banyak lembaga-lembaga yang terhubung ke internet dan perkembangannya semakin meluas dengan sangat cepat namun masih terbatas pada lembaga-lembaga tertentu saja.

Sejarah Internet Tahun 1971 The Network Working Group menyelesaikan protokol Telnet. Protokol ini digunakan untuk mengakses sebuah komputer dari jarak jauh. Selain itu, Network Working Group membuat kemajuan pada standar FTP File Transfer Protocol. Protokol ini digunakan untuk mendownload berbagai jenis file-file.

Artikel Berkaitan: Pengertian FTP dan Fungsinya

Pada tahun 1972, Seorang yang berasal dari Amsterdam, New York, Amerika yaitu Ray Tomlinson dari BBN menulis sebuah program yang dapat mengirimkan surat secara elektronik melalui ARPANET. Seorang yang lahir pada  23 April 1941 ini menggunakan simbol @ (dibaca:et) untuk menghubungkan nama pengguna (username) dan alamat email (email address). Pada akhir 1980-an, simbol @ digunakan sebagai standar di seluruh belahan dunia.

Artikel Berkaitan: Pengertian Email dan Fungsinya

Permasalahan yang timbul pada saat itu adalah banyaknya jaringan internet yang berbeda yang terhubung ke dalam ARPANET. Sehingga pada tahun 1973, Vinton Cerf yang berasal dari New Haven, Connecticut, Amerika mengembangkan sebuah protokol yang disebut protokol TCP/IP dan ibantu oleh Bob Kahn dari ARPA. Ia terkenal sebagai "bapak pendiri internet". Protokol tersebut memungkinkan dua jaringan komputer yang berbeda dapat berinterkoneksi dan berkomunikasi satu dengan yang lain.

Pada tahun 1986, internet kemudian digunakan dengan terbuka untuk umum. Sejak saat itu, penggunaan internet berkembang sangat cepat ke seluruh belahan dunia.

Pada tahun 1989, jumlah jaringan yang tergabung ke internet berkembang pesat. Pada bulan Januari, tercatat jumlah jaringan yang tergabung ke internet sebanyak 80.000 jaringan, bertambah menjadi 130.000 jaringan pada bulan Juli, dan melebihi 160.000 jaringan di bulan November. Negara negara maju, seperti Australia, Israel, Jerman Italia, Jepang, Belanda Meksiko, Selandia Baru, dan Inggris, bergabung dengan jaringan internet.

Sejarah Internet Di Dunia Tahun 1990 sampai Sekarang

Tahun 1990, ARPANET resmi ditutup. Jaringan tersebut sudah berkembang, dari awalnya 4 jaringan komputer yang tergabung menjadi 300.000 jaringan. Negara-negara yang ikut tergabung dalam jaringan internet tersebut adalah Argentina, Austria, Belgia, Brazil, Cile, Yunani, India, lrlandia, Korea Selatan, Spanyol, dan Swiss. Tak ketinggalan beberapa aplikasi internet, seperti Archie, Gopher, dan WAIS, mulai digunakan.

WWW atau WorldWideWeb (tanpa spasi)adalah aplikasi internet pertama yang di ciptakan oleh seorang berkebangsaan Britania yaitu Timothy John Berners-Lee. dan kemudian aplikasi tersebut diganti nama menjai nexus.

Selanjutnya Pada tahun 1993, lahirlah aplikasi browsing pertama didunia yang disebut Mosaic yang di ciptakan oleh Marc Andreessen bersama timnya di National Center For Supercomputing Applications (NCSA). Dia juga menirikan Nescape dan pendiri Opsware sekaligus pendiri Andreessen Horowitz ia kemudian keluar dari NCSA dan menjadi otak di belakang Nescape Corp.

Selain perkembangan jaringan pengguna, perkebambangan internet juga disertai dengan perkembangan teknologi. Saat itu, kecepatan akses koneksi internet menjadi hal yang penting mengingat semakin besarnya kebutuhan untuk media pertukaran informasi dan data. Modem dengan kecepatan 56 kbps yang sebelumnya dianggap cukup saat ini menjadi kurang, terlebih untuk mengirimkan aplikasi yang mempunyai kualitas tinggi. Oleh karena itu, dikembangkanlah teknologi Digital Subscriber Lines (DSL), Wi-Fi, 3G, koneksi satelit, dan TV kabel.


Pada tahun 1995, diperkirakan 25 juta orang telah menjadi pengguna setia internet. Data yang didapat dari lembaga penelitian IDC menyatakan bahwa pada tahun 1999 pengguna internet dunia diperkirakan sudah mencapai 196 juta orang, dan jumlah tersebut bertambah menjadi 502 juta orang pada tahun 2003. Menurut data yang yang diperoleh dari Internet World Statistic tanggal 30 Juni 2016, pengguna internet telah mencapai 3,611,375,813 orang yang tersebar di belahan dunia.

Ini adalah data yang kami peroleh dari Internet World Statistic.

Sejarah Internet Di Dunia dan Perkembangannya

Kami juga memperolah data mengenai 20 negara yang paling banyak menggunakan internet. Dan Indonesi yang pada tahun 2010 menduduki peringkat ke 16, sekarang Indonesia menduduki peringkat ke delapan.

Sejarah Internet Di Dunia dan Perkembangannya

Jumlah pengguna intetnet di Indonesi semakin bertambah dan akan terus bertambah, mengingat jumlah penduduk di negara kita semakin bertambah. Jika kita melihat pada tahun 2000, jumlah pengguna internet di indonesia mencapai 2.000.000 orang. Sedangkan saat ini tahun 2016 pengguna internet di indonesia mencapai 80.000.000. Sungguh peningkatan yang luar biasa.

Mungkin itu dari saya yang bisa disampaikan mengenai sejarah internet dan perkembangannya. Semoga bermanfaat
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 10.07.00
Tags :

Related : Sejarah Internet Di Dunia dan Perkembangannya

0 komentar:

Posting Komentar