Kamis, 25 Agustus 2016

Teknik Menggambar Hewan, Pohon dan Alam Benda

;
Teknik Menggambar Hewan, Pohon dan Alam Benda - Dalam mata pelajaran seni budaya kita sering sekali diperkenalkan berbagai seni rupa, salahsatunya adalah menggambar, biasanya siswa diberi pelajaran menggambar hewan pohon, dan benda lain disekitarnya. Maka pada postingan ini kita akan sama sama belajar cara menggambar hewan, pohon dan juga menggambar benda.

Teknik Menggambar Pohon (tumbuhan)

Flora (tumbuhan) mempunyai banyak bentuk dan  jenisnya. Setiap bagian dapat digunakan menjadi objek gambar seperti bentuk daun, bunga, dan  buah. Bagian tanaman  mirip daun, bunga, serta butir dapat pula digambar terpisah atau digabung menjadi satu rangkaian. Menggambar flora dapat memberikan pemahaman ihwal keanekaragaman bentuk dan jenis flora yg ada pada sekitarmu sehingga peserta didik mampu menjaga sekaligus melestarikannya.
Dibawah ini adalah contoh gambar bunga. Baca juga pengertian menggambar model


Teknik Menggambar Hewan

fauna (binatang, hewan) mempunyai jenis yang banyak, ada yang berkaki empat, seperti sapi, kambing, berkaki dua seperti ayam, bebek. Ada binatang yg hidup di air dan  di darat. Binatang jua terdapat yg galak dan jinak. Setiap hewan mempunyai bentuk badan yang berbeda-beda. Siswa mampu menggambar binatang mulai dari badannya, kemudian berlanjut kepala, kaki atau cakarnya. Bentuk-bentuk geometris akan membantu pada membuat gambar binatang supaya lebih mudah serta tentunya diawali dengan sketsa.

Menggambar Alam Benda

Menggambar alam benda dianggap juga menggambar bentuk. Alam benda bisa terdiri atas benda buatan insan dan  benda yang sudah terbentuk berasal alam. Alam benda buatan manusia bisa berupa kendi, piring, mangkuk, gelas, dan  beraneka ragam bentuk lainnya. Alam benda yg terdapat pada alam seperti batu, batang kayu, air, serta pula   awan.

Ketika menggambar bentuk, usahakan siswa memperhatikan beberapa hal berikut:
1.Proporsi bentuk benda yg akan digambar,
2.Komposisi dalam meletakkan benda,
3.Cahaya yg menyinari objek gambar dan  akan menghasilkan bayangan,
4.Penggunaan arsiran atau rona yang akan membentuk kesan bidang 3 dimensi,
5. Penggunaan latar belakang (background).
Contoh menggambar piring dan gelas.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 00.20.00
Tags :

Related : Teknik Menggambar Hewan, Pohon dan Alam Benda

0 komentar:

Posting Komentar