Langsung ke konten utama

Teknik Menggambar Hewan, Pohon dan Alam Benda

Teknik Menggambar Hewan, Pohon dan Alam Benda - Dalam mata pelajaran seni budaya kita sering sekali diperkenalkan berbagai seni rupa, salahsatunya adalah menggambar, biasanya siswa diberi pelajaran menggambar hewan pohon, dan benda lain disekitarnya. Maka pada postingan ini kita akan sama sama belajar cara menggambar hewan, pohon dan juga menggambar benda.

Teknik Menggambar Pohon (tumbuhan)

Flora (tumbuhan) mempunyai banyak bentuk dan  jenisnya. Setiap bagian dapat digunakan menjadi objek gambar seperti bentuk daun, bunga, dan  buah. Bagian tanaman  mirip daun, bunga, serta butir dapat pula digambar terpisah atau digabung menjadi satu rangkaian. Menggambar flora dapat memberikan pemahaman ihwal keanekaragaman bentuk dan jenis flora yg ada pada sekitarmu sehingga peserta didik mampu menjaga sekaligus melestarikannya.
Dibawah ini adalah contoh gambar bunga. Baca juga pengertian menggambar model


Teknik Menggambar Hewan

fauna (binatang, hewan) mempunyai jenis yang banyak, ada yang berkaki empat, seperti sapi, kambing, berkaki dua seperti ayam, bebek. Ada binatang yg hidup di air dan  di darat. Binatang jua terdapat yg galak dan jinak. Setiap hewan mempunyai bentuk badan yang berbeda-beda. Siswa mampu menggambar binatang mulai dari badannya, kemudian berlanjut kepala, kaki atau cakarnya. Bentuk-bentuk geometris akan membantu pada membuat gambar binatang supaya lebih mudah serta tentunya diawali dengan sketsa.

Menggambar Alam Benda

Menggambar alam benda dianggap juga menggambar bentuk. Alam benda bisa terdiri atas benda buatan insan dan  benda yang sudah terbentuk berasal alam. Alam benda buatan manusia bisa berupa kendi, piring, mangkuk, gelas, dan  beraneka ragam bentuk lainnya. Alam benda yg terdapat pada alam seperti batu, batang kayu, air, serta pula   awan.

Ketika menggambar bentuk, usahakan siswa memperhatikan beberapa hal berikut:
1.Proporsi bentuk benda yg akan digambar,
2.Komposisi dalam meletakkan benda,
3.Cahaya yg menyinari objek gambar dan  akan menghasilkan bayangan,
4.Penggunaan arsiran atau rona yang akan membentuk kesan bidang 3 dimensi,
5. Penggunaan latar belakang (background).
Contoh menggambar piring dan gelas.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…