Wednesday, September 14, 2016

Bacaan Sholat Tahajud

BACAAN SHOLAT TAHAJUD


Jumlah Rakaat dalam Pelaksanaan Sholat Tahajud
Sebelum terlalu jauh, saya bahas telebih dahulu jumlah Rakaat Sholat Tahajud, dalam melaksanakan sholat tahajud minimalnya itu sebanyak 2 Rakaat dan maksimalnya sebanyak kemampuan kita. 
Dalam satu riwayat, ada yang mengatakan bahwa Rosululloh SAW pernah melaksanakan sholat tahajud sebanya 10 Rakaat dan ditambah dengan Sholat Witir 1 Rakaat, juga rosululloh pernah mengerjakan sholat tahajud sebanyak 8 Rakaat ditambah sholat sunat witir 1 rakaat, ada juga yang mengatakan bahwa Rosulullah mengerjakan sholat Tahajud sebanyak 8 Rakaat ditambah dengan Sunnah witir 3 Rakaat. Maka, bisa disimpulkan bahwa jika melaksanakan Sholat Tahajud alangkah baiknya jika ditambah dengan Sholat Sunat Witir, berapapun itu jumlahnya yang penting harus ganjil.

Bacaan Sholat Tahajud

Waktu Melaksanakan Sholat Tahajud (Qiyamul Lail)
Menganai pembahasan Waktu dalam melaksanakan Sholat Tahajud, harus sepertiga malam. Kata sepertiga malam itu terbagi kedalam 3 jenis waktu, berikut dibawa ini penjelasannya:
a.Awal malam dari Jam 22.00 WIB
b.Tengah malam dari Jam 22.00-01.00 WIB
c.Akhir malam dari jam 01.00 WIB sampai dengan menjelang waktu subuh.
Nah, yang sangat dianjurkan adalah ketika akhir malam, karena Rosulullah pun bersabda bahwa ketika saat akhir malam Allah SWT., menurunkan para malaikat untuk memberikan Rahmat di Bumi dan siapapun yang berdo’a pada sa’ah itu maka akan Allah kabulkan do’anya, dan permintaan pengampunannya akan diterima oleh Allah SWT.

Hukum Melaksanakan Sholat Tahajud
Sholat Tahajud hukumnya Sunnah Muakad (sholat Sunnah yang sangat dianjurkan sekali).
Ada yang tahu sholat Sunnah muakad itu apa? Sholat Sunnah muakad merupakan Sunnah yang selalu dan dawam dilakukan oleh Baginda Rosulullah Muhammad SAW.,

BACAAN SHOLAT TAHAJUD:

Lafadz Niat Sholat Tahajud
Niat sholat tahajud adalah sebagai berikut:
أُصَلِّي سُنّةَ التَهَجُدِ رَكْعَتَيْنِ ِللَهِ تَعَاليَ
Yang artinya:
Aku berniat Shalat Sunnah Tahajjud dua rakaat karena Allah ta’ala.
Lafadz niat ini dibacakan ketika kita melakukan Takbirotul Ihrom. Hukum membaca niat ini Sunnah, jadi jika kita membaca niat ini sebelum takbiratul ihram hukumnya tetap saja sah.

Bacaan Sholat Tahajud
Gerakan juga bacaan ketika kita sholat tahajud, tidak beda dengan sholat wajib lainnya. Yaitu, diawali dengan takbirotul ihrom dan diakhiri dengan  salam.
Tapi ada yang harus lebih diperhatikan yaitu sholat tahajud dikerjakannya harus dua rakaat lalu satu kali salam, tidak boleh empat rokaat satu kali salam. Sebagian keterangan juga ada yang menjelaskan bahwa disunnahkan hukumnya untuk membaca surat al-kafirun setelah bacaan surat al-fatihah pada rakaat pertama, dan membaca surat al-ikhlas pada rakaat kedua sesudah membaca fatihah. 

Doa Setelah Sholat Tahajud

Do’a sholat tahajud sangatlah khusus, ketika kita selesai sholat, maka langsung lah membaca do’a ataupun jika sudah hafal tidak usah dibaca tapi dihafal, dan lafadz do’anya adalah sebagai berikut dibawah ini.

Doa Setelah Selesai Mengerjakan Sholat Tahajud 

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ عْلَمُ بِهِ مِنِّيْ اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ
Artinya ialah:
“Wahai Allah, Milik-Mu lah segala puji.
Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji, Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji, Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji, Engkaulah Yang Hak (benar), janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad SAW itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada). Wahai Allah, Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Bolehkah Kita Sholat Tahajud dilaksanakan dengan Berjama’ah?
Jawaban dari pertanyaan ini saya berikan dari 2 referensi madzhab. Yaitu:
a.Madzhab Imam Syafi’I membagi 2 kategori untuk sholat Sunnah, yang pertama disunahkan dilakukan berjama’ah yang kedua tidak disunahkan dilakukan berjama’ah.
Contoh yang disunahkan dengan berjama’ah yaitu sholat ‘Ied, tarowih dan Istisqo, yang disunahkan tidak dengan berjama’ah contohnya sholat duha dan sholat tahajud.
b.Imam Nawawi berpendapat bahwa sholat Sunnah dengan dilakukan secara berjama’ah sah-sah saja, bahkan tidak termasuk makruh dan masalah pahala tetap mendapatkannya bagi orang yang melaksanakannya.
Jadi kesimpulan untuk jawabannya adalah BOLEH.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 5:55:00 PM
Tags :

Related : Bacaan Sholat Tahajud

0 komentar: