Langsung ke konten utama

Bacaan Sholat Dhuha

Bacaan Sholat Duha Lengkap - Sholat sunat Duha adalah sholat sunat yang biasa dilakukan pada seperempat kedua siang atau pada waktu duha, dimana disana sangat dianjurkan sholat duha terlebih dahulu apalagi untuk yang akan kasab atau mencari harta Dunia untuk bekal di Akhirat.

Waktu Sholat Dhuha

Waktu duha ini kira-kira sekitar matahari sudah terbit ukuran 7 hasta dan sampai menjelang waktu dzuhur ketika sudah terasa panas, tapi itu juga tergantung pada kondisi waktu di daerah kita sendiri.
Sholat duha tidak dianjurkan untuk dilakukan secara berjama’ah, melainkan harus sendiri-sendiri atau munfarid.

bacaan sholat duha sangat lengkap panduannya

Niat Sholat Duha

Untuk niat mengerjakan sholat duha tidak ada bedanya dengan niat sholat lain, berikut inilah lafadz niat sholat Duha:
أُصَلِّي سُنَّةَ الضُّحَي رَكْعَتَين للهِ تَعَاليَ
Arti Bahasa indonesianya:
"Saya Berniat Sholat Duha Dua Rokaat, Karena Alloh Ta’ala"

Tata Cara Melaksanakan Sholat Duha

1.Jika sudah selesai membaca niat, maka kemudian takbirotul ihrom
2.Setelah itu kita baca do’a Iftitah Sholat
3.Selanjutnya kita baca surat Al-fatihah
4.Lalu membaca salahsatu surat Al-qur’an yang lebih utama itu untuk rokaat pertama baca surat as-syams dan untuk rokaat keduanya kit abaca surat al-lail.
5.Kita ruku’ dan I’tidal
6.I’tidal dan membaca bacaannya ketika I’tidal
7.Kemudian sujud awal  dan membaca bacaannya
8.Jika sudah sujud awal kemudian kita duduk diantara dua sujud
9.Kita lakukan kembali sujud keduanya
10.Lalu kita berdiri kembali dan meneruskan kaefiat sebagaimana contoh diatas untuk rokaat keduanya, tapi dimulai dari surat al-fatihah.

Jumlah Rokaat Sholat Duha

Minimalnya, kita melaksanakan sholat duha itu dengan 2 rokaat. Tapi ada hadits yang menjelaskan bahwa batas minimal rokaat sholat duha itu 4 rokaat. Sebagaimana yang telah di riwayatkan dari hadits berikut ini: (Sholatul Mu’min: jilid 1/449, Syarah Riyadhus Sholihin, Al-Utsaimin:

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي الضُّحَى أَرْبَعًا، وَيَزِيدُ مَا شَاءَ اللَّهُ
Artinya yaitu : Dari Aisyah  r. a. beliau berkata: “Rasulullah SAW., Sholat Duha empat rokaat dan memberi tambahan sesuai dengan kehendak alloh SWT.” (HR. Muslim).

Bacaan Do’a Sholat Duha

Do’a Sholat Duha:

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Keutamaan dan Hikmah atau Manfaat dari Sholat Duha

1.Akan Memperoleh Ganjaran pada Sore Harinya
2.Akan diberi Pahala Sama halnya dengan yang Umroh
3.Akan Diampuni Dosa oleh Alloh SWT.
4.Akan semakin mudah dalam Mencari Rizqi

SEKIAN dan TERIMAKASIH telah membaca. Mudah-mudahan banyak manfaat yang bisa diambil dari artikel yang saya buat ini.
Dan semoga kita termasuk orang-orang yang suka melaksanakan sholat duha, juga orang yang termasuk kedalam golongan orang-orang Sholeh. Amiiin.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…