Langsung ke konten utama

Bacaan Sholat Lengkap

Bacaan Sholat Lengkap

Ketika kita melaksanakan sholat, haruslah kita mengetahui bagaimana lafadz atau bacaan dalam sholat itu, selain hukumnya wajib juga sholat kita tidak akan diterima bila lafadz atau bacaan tidak benar ataupun tidak lengkap, maka dari itu saya ingin memanfaatkan ilmu dan menolong sesama Muslim agar ingin menghafalkan bacaan-bacaan sholat dalam artikel saya kali ini, dikarenakan ini lengkap jadi mohon untuk mengamalkan semua poin penting ini.

Berikut bacaan sholat lengkap dengan artinya dari awal takbir sampai akhir salam:


1.Niat Sholat Subuh 2 Raka'at
bacaan sholat lengkap
Dalam tulisan latin berikut bacaannya: Ushollii Fardlolsh Shubhi Rok'ataini Mustaqbilal Qiblati Adaa-An (Imaaman/Ma'muuman) Lillaahi Ta'aalaa.
Artinya :
Aku sengaja sholat fardlu shubuh dua raka'at menghadap qiblat (sebagai imam/sebagai makmum) karena Allah.

2.Niat Sholat Dhuhur 4 Raka'at
Bacaan Sholat Lengkap
 Jika ditulis dalam latin jadi: Ushollii Fardlodh Dhuhri Arba'a Roka'aatin Mustaqbilal Qiblati Adaa-An (Imaaman/Ma'muuman) Lillaahi Ta'aalaa.
Artinya :
Aku sengaja sholat fardlu dhuhur empat raka'at menghadap qiblat (sebagai imam/sebagai makmum) karena Allah.

3.Niat Sholat Ashar 4 Raka'at
Bacaan Sholat Lengkap
 Dalam tulisan latin adalah: Ushollii Fardlol 'Ashri Arba'a Roka'aatin Mustaqbilal Qiblati Adaa-An (Imaaman/Ma'muuman) Lillaahi Ta'aalaa.
Artinya :
Aku sengaja sholat fardlu ashar empat raka'at menghadap qiblat (sebagai imam/sebagai makmum) karena Allah.

4.Niat Sholat Magrib 3 Raka'at
Bacaan Sholat Lengkap
Pengucapan latinnya: Ushollii Fardlol Maghribi Tsalaatsa Roka'aatin Mustaqbilal Qiblati Adaa-An (Imaaman/Ma'muuman) Lillaahi Ta'aalaa.
Artinya :
Aku sengaja sholat fardlu maghrib tiga raka'at menghadap qiblat (sebagai imam/sebagai makmum) karena Allah.

5.Niat Sholat Isya 4 Raka'at
Bacaan Sholat Lengkap
 Kita tulis dalam Bahasa latin: Ushollii Fardlol 'Isyaa-I Arba'a Roka'aatin Mustaqbilal Qiblati Adaa-An (Imaaman/Ma'muuman) Lillaahi Ta'aalaa.
Artinya :
Aku sengaja sholat fardlu isya empat raka'at menghadap qiblat (sebagai imam/sebagai makmum) karena Allah

CATATAN:
jika seseorang berjamaah menjadi imam, maka tambahkan lafadz imaman, lalu jika seseorang berjamaah menjadi ma’mum tinggal tambahkan saja lafadz ma’muman.


BACAAN SHOLAT LENGKAP

Bacaan Sholat Lengkap

a.Takbirotul Ihrom


Allahu Akbar
Artitnya:
Allah Maha Besar

b.Bacaan Do’a Iftitah
 Bacaan Sholat Lengkap
Kita tulis dalam bentuk tulisan latin:
Allahu Akbar, Kabieraw Walhamdulillahi Katsiera. Wasubhanallahi Bukrataw Wa-Ashila.
Wajjahtu Wajhia Lilladzie Fatharas Samawati Wal Ardla Haniefan Muslimawwama Anaminal Musyriekien. Inna Shalati Wanusuki Wamahyaya Wamamati Lillahi Rabbil’alamien. Lasyarakieka Lahu Wabidzalika Umirtu Wa Ana Minal Muslimien.
Artinya :
Maha besar Allah, segala puji bagi Allah sebanyak-banyaknya. Maha Suci Allah pagi dan sore.
Saya menghadapkan muka saya kepada Tuhan pencipta langit dan bumi dengan rendah hati dan sejujur-jujurnya sebagai seorang muslim, bukan sebagai seorang musyrik. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam. Tiada sekutu bagiNya. Begitulah saya diperintah, dan saya sebahagian dari orang islam.

c.Surat Al Fatihah
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
1. Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
اَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ
2. Segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam.
اَلرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
3. Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ ٤
4. Yang Menguasai hari pembalasan.
اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ
5. Hanya kepada-Mulah hamba mengabdi dan hanya kepada-Mulah hamba meminta pertolongan.
اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ
6. Tunjukkanlah kepada kami jalan yang lurus
صِرَاطَ الَّذِ يْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ۙ غَيْرِ ٱلْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ ٱلضَّآلِّيْنَ ٧
7. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadannya, bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Dalam tulisann latinnya:
Bismilla-hirrahma-nirrahim. Alhamdu lillahi-robbil ‘alamin. Arrahma nirrahim. Maliki yaumiddin. Iyyaka na’budu waiyya-kanasta’in ihdinash-shira-thal mustaqim, shirathalladzina an’amta’alaihim ghairil maghdhubi ‘alaihim. Waladl dlaalliin,

d.Membaca Surat Al-Quran
Bagi yang sholat sendirian atau menjadi imam setelah membaca alfatihah di sunatkan membaca surat Al-Quran. Untuk pilihannya tersendiri jika sedang sholat munfarid.
Tapi sebagai catatan, kalua bisa dari rokaat yang pertama itu menyusun posisi suratnya, apalagi kalau sholat subuh sangat dianjurkan sekali membaca surat-surat yang panjang.

e.Ruku
 Bacaan Sholat Lengkap
Latinnya: Subhaana Rabbiyal Adziimi Wabihamdihii ( 3 kali )
Artinya :
Mahasuci Allah Maha Agung serta memujilah aku kepadaNya.

f.I’tidal
 Bacaan Sholat Lengkap
Tulisan Latinnya : Sami’allaahu Liman Hamidah.
Artinya :
Allah mendengar orang yang memujiNya.

Pada waktu berdiri tegak ( I’tidal ) terus membaca :
 Bacaan Sholat Lengkap
Bahasa tulisan latinnya: Rabbanaa Lakal Hamdu Mil Ussamawaati Wami Ul Ardli Wamil Umaa Syi’ta Min Syai’in Ba’du
Artinya :
Ya Allah Tuhan kami! Bagi-Mu segala puji, sepenuh langit dan bumi, dan sepenuh barang yang Kau kehendaki sesudah itu

g.Sujud
 Bacaan Sholat Lengkap
Tulisannya latinnya ialah: Subhaana Rabbiyal A’laa Wabihamdihii ( 3 kali )
Artinya :
Maha Suci Allah, serta memujilah aku kepada-Nya.

h.Duduk diantara dua sujud
 Bacaan Sholat Lengkap
Latinnya ditulis: Rabbighfirlii Warhamnii Wajburnii Warfa’nii Warzuqnii Wahdinii Wa’aafini Wa’fuannii.
Artinya:
Ya Allah, ampunilah dosaku, belas kasihanilah aku dan cukupkanlah segala kekurangan dan angkatlah derajat kami dan berilah rizqi kepadaku, dan berilah aku petunjuk dan berilah kesehatan kepadaku dan berilah ampunan kepadaku.

i.Tasyahud Awwal
Bacaan Sholat Lengkap

Ditulis dalam latin: attahiyyatul mubarakaatush sholawaatuth thayyibatu lillaah, assalaamu’alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullaahi wabarakaatuh, assalaamu’alaina wa’alaa ‘ibaadillaahish shoolihiin. Asyhadu allaa ilaaha illallaah, waasyhadu anna muhammadan rasuulullaah. Allahhumma sholli ‘alaa saidina muhammad wa ‘ala aalihi saidina muhammad.
Artinya :
Ya Allah, segala penghormatan, keberkahan, sholawat dan kebaikan hanya milik-Mu ya Allah,- Wahai Nabi selamat sejahatera semoga tercurah kepada Engkau wahai Nabi Muhammad, – semoga juga Rahmat Allah dan Berkah-Nya pun tercurah kepadamu wahai Nabii,- Semoga salam sejahtera tercurah kepada kami dan hamba-hamba-Mu yang sholeh. – Ya Allah aku bersumpah dan berjanji bahwa tiada ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau ya Allah, dan aku bersumpah dan berjanji sesungguhnya Nabi Muhammad adalah utusan-Mu Ya Allah. – Ya Allah, limpahkan shalawat-Mu kepada Nabi Muhammad dan limpahkan juga shalawat kepada keluarga Nabi Muhammad.

j. Tasyahud Akhir
  Bacaan Sholat Lengkap

Setelah membaca kalimat seperti tasyahdu awwal dilanjutkan dengan
dalam latin dituliskan: ...Kamaa Sholaita ‘Ala Saidina Ibrahiim Wa ‘Ala Aalihi Saidina Ibrahiim, Wa Baarik ‘Ala Saidina Muhammad Wa ‘Ala Aalihi Saidina Muhammad, Kamaa Baarakta ‘Ala Saidina Ibrahiim Wa ‘Ala Aalihi Saidina Ibrahiim, Fil Alamina Innaka Hamiidum Majiid.
Artinya :
…sebagaimana Engkau telah limpahkan shalawat kepada Nabi Ibrahim dan juga kepada keluarga Nabi Ibrahim, dan berkatilah Ya Allah Nabi Muhammad dan berkatilah juga keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberkati Nabi Ibrahim dan juga kepada keluarga Nabi Ibrahim, Sesungguhnya Engkau Ya Allah Maha Terpuji lagi Maha Mulia.

k.Salam
 bacaan sholat lengkap
Lafad latinnya: Assalaamu’alaikum Warahmatullaahi.
Artinya :
Keselamatan dan rahmat Allah semoga tetap pada kamu sekalian.

Sekian artikel yang saya bagikan, semoga besar manfaatnya untuk kita semua, dan semoga kita semua tergolong orang-orang yang sholihin yang gemar menegakkan sholat 5 waktu. Amiiin.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…