Friday, September 30, 2016

Bacaan Sholat Taubat sangat lengkap

Bacaan Sholat Taubat


Sholat Taubat merupakan sholat sunat yang sangat di anjurkan untuk kita semua dilakukan setiap hari, dimana dalam ajaran islam ada istilah Taubatan Nasuha, fungsinya untuk mengingatkan diri kita akan banyak nya dosa yang telah kita perbuat baik yang dirasa maupun yang tidak terasa. Untuk itu sangat di anjurkan bagi kita yang merasa banyak dosa untuk sering melakukan sholat taubat.

Sebelum kita ke Bacaan Sholat Taubat, maka alangkah baiknya jika kita tahu terlebih dahulu ada berapakah syarat taubat ntuk orang yang ingin bertaubat dengan taubatan nasuha? Berikut akan saya paparkan terlebih dahulu poin-poinnya:
1.Merasa banyak melakukan dosa dan lupa untuk bertaubat kepada Alloh SWT,
2.Berniat untuk tidak akan lagi  mengulangi dosa ataupun kesalahan yang telah diperbuat
3.Merasa menyesal yang sangat dalam sedalam-dalam nya dari hati
4.Jika dosa ataupun kesalahan yang kita perbuat ini merupakan dosa haq adami (sesama manusia), maka wajiblah kita meminta ridho pada orang yang bersangkutan yang pernah dibuat sakit hati oleh kita
5.Membaca istigfar sebanyak-banyaknya, ini merupakan poin paling penting dalam syarat taubat yang 5 ini.

Panduan Lengkap sekali mengenai Sholat Taubat


Jumlah Rokaat Sholat Taubat


Sholat taubat ini bisa dilakukan dengan jumlah 2 (dua) roka’at ataupun 4 (empat) roka’at. Jika kita melakukannya dengan jumlah 2 roka’at, maka yang ada harus 1 kali salam. Sedangkan jika kita ingin melaksanakannya sebanyak 4 roka’at berarti salam nya 2 kali, karena tidak boleh di sekalikan untuk 4 roka’at. Adapun yang ingin maksimal melakukannya berarti bisa dengan 8 roka’at dibarengi 4 kali salaman.

Waktu Pelaksanaan Sholat Taubat


Dalam sebagian keterangan yang menjadi referensi bacaan saya, waktu dari sholat taubat adalah bebas, mau siang ataupun malam, kapan saja bisa kita lakukan asalkan dengan situasi dan kondisi yang benar-benar matang ingin melaksanakan sholat taubat dan benar-benar ingin meminta ampun kepada Alloh SWT.


Keutamaan Sholat Taubat


Sholat Taubat memiliki banyak keutamaan untuk orang yang mengerjakannya, diantaranya adalah sebagai berikut:
1.Kita akan mendapatkan pahala yang amat besar
2.Akan mendapat ketenangan hati dan jiwa setelah selesai mengerjakan sholatnya
3.Akan mendapat rohmat dan maghfiroh dari Alloh SWT jika memang sholat hajat ini kita kerjakan dengan sebaik-baiknya dengan keikhlasan hati
4.Adanya rasa batasan diri yang dirasakan setelah melakukan sholat taubat, karena ini dirasakan oleh saya pribadi
5.Diampunkan dosa oleh Allah SWT
6.Dimudahkannya segala urusan
7.Menceriakan kehidupan sehari-hari kita
8.Menghilangkan perasaan yang menekan jiwa kita
9.Mencegah dosa dan menghindari gangguan yang tidak kita harapkan.

Telah dijelaskan oleh Alloh SWT, dalam Al Qur’an Surah At-Taubah ayat ke – 104 yang artinya: “Tidaklah mereka mengetahui bahwa Alloh Swt akan menerima Taubat dari Hamba2nya dan menerima Zakat dan bahwasanya Alloh Swt itu Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang (QS. At Taubah, Ayat : 104) ”.

Perlu diingat, sebelum kita masuk pada penjelasan Bacaan Sholat Taubat ini, mengapa saya mengutip ayat al-qur’an diatas? Karena kebanyakan manusia melakukan perbuatan dosa itu karena ada Bahasa “sudah terlanjur!” maksudnya sudah terlanjur banyak melakukan dosa dan kesalahan jadi tidak ingin taubat ataupun tidak ingin kembali pada jalan yang lurus dan benar. Maka dari itu saya akan patahkan argument tersebut! Jika diperdalam lagi dalam ayat diatas pun sudah jelas bahwa Alloh SWT, akan menerima segala jenis perbuatan dosa yang ditaubati oleh hamba-Nya, meskipun dosa tersebut sebesar gunung uhud yang begitu amat besar dan meskipun dosa tersebut sebanyak budah air di lautan yang amat melimpah, tapi selagi benar-benar niat dalam hati ingin taubatan nasuha maka akan diterima oleh Alloh SWT, taubatnya. Yakinlah seyakin-yakinnya! Dan jangan mau mengulanginya lagi! Cukup bagi saya memberi motivasi tersebut.


Tata Cara dan Bacaan Sholat Taubat Lengkap


Berikutnya, untuk tata cara melaksanakan sholat taubat seperti sholat fardu biasanya, dari mulai rukun dan pengerjaannya, namun untuk kali ini saya akan memberikan secara rinci tata cara dan bacaan sholat taubat lengkap.


1.Berdiri Tegak dengan posisi seluruh badan menghadap ke kiblat. Fokuskan pandangan dan hati tegakkan pada ibadah. Berikut gambarannya:
Panduan tata cara sholat sunat taubat sangat lengkap

2.Selanjutnya kita mengangkatkan kedua tangan lalu sejajarkan dengan telinga kita dan hadapkan sedikit jari-jari kita pada kiblat dan diiringi dengan niat sholat taubat, gambaran dan do’anya seperti dibawah ini:

tata cara sholat taubat yang baik dan benar

3.Setelah berniat dan takbirotul ihrom, maka kita disunatkan membacakan do’a iftitah, tapi masih dalam posisi berdiri tegap menghadap kiblat dada kita yang menjadi ukurannya. Berikut adalah bacaan do’a iftitah yang saya pakai:

اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً. إِنِّىْ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ
Dalam tulisan latinnya ditulis:
“Allaahu Akbaru kabiiraw-walhamdu lillaahi katsiiran, wa subhaanallaahi bukrataw-wa’ashiila. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas-samaawaati wal ardha haniifam-muslimaw-wamaa anaa minal musyrikiina. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil ‘aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiina.”

Artinya :
Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya. Segala puji yang sebanyak-banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang menyekutukan-Nya. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada satu pun sekutu bagi-Nya. Dengan semua itulah aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang-orang yang berserah diri (muslim).

4.Selanjutnya, ketika kita telah selesai membaca do’a iftitah maka kita wajib membaca surat fatihah. Berikut bacaan surat fatihah yang wajib dalam sholat:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ  (١
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ  (٢
الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ  (٣
مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ  (٤
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ  (٥
اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ  (٦
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلا الضَّالِّينَ  (٧

Artinya:
a.dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
b.segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.
c.Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
d.yang menguasai di hari Pembalasan.
e.hanya Engkaulah yang Kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah Kami meminta pertolongan.
f.Tunjukilah Kami jalan yang lurus.
g.(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

5.Berikutnya, yang harus kita lakukan adalah membaca salah satu surat dari Al-Qur’an, sangat di anjurkan sekali untuk pelaksanaan sholat taubat ini membaca surat Al-Kafirun pada roka’at pertama setelah fatihah dan surat Al-Ikhlas pada roka’at kedua setelah pembacaan surat fatihah.
Berikut di bawah ini surat al-kafirun dan surat al-Ikhlas:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ
قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ ﴿١﴾ لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ ﴿٢﴾ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ ﴿٣﴾ وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ ﴿٤﴾ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ ﴿٥﴾ لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ ﴿٦﴾
Tulisan latinnya yaitu:
“Qul yaa ayyuhaa alkaafiruuna, laa a'budu maa ta'buduuna, walaa antum 'aabiduuna maa a'budu, walaa anaa 'aabidun maa 'abadtum, walaa antum 'aabiduuna maa a'budu, lakum diinukum waliya diini.”

Artinya:
Katakanlah: Hai orang-orang kafir
Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah
Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah
Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah
Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah
Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ 
قُلْ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ ﴿١﴾ ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ ﴿٢﴾ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ﴿٣﴾ وَلَمْ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدٌۢ ﴿٤
Artinya:
•Katakanlah: Dia-lah Allah, Yang Maha Esa
•Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu
•Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan
•Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia

6.Berikutnya kita bergerak untuk melakukan ruku’ dalam sholat taubat. Caranya angkatkan kedua tangan seperti yang di awal, lalu bungkukkan setengah badan untuk melakukan ruku’ dan posisi dari punggung ke kepala itu harus rata, sambil berkata, “Allohu Akbar”. Sekaligus langsung membaca do’a ruku. Berikut do’a ruku’ sholat Taubat:
Bacaan Sholat Taubat

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ
SUBHAANA RABBIYAL ‘ADZIIMI WA BIHAMDIH. (Dibaca 3x)

7.Setelah bacaan ruku selasai, maka kita harus berdiri tegap kembali dengan mengucapkan “Allohu Akbar”. Disebut juga I’tidal, langsung di bawah ini Bacaan I’tidal:


8.Setelah I’tidal, maka kita harus sujud dengan mengucapkan “allohu akbar” dan bersujud dengan meletakan anggota sujud dengan lengkap dan benar. Lalu setelah ada dalam posisi sujud, bacakan do’a di bawah ini:


9.Setelah sujud pertama, maka kita harus duduk diantara dua sujud, membaca “allohu akbar” dan membaca do’a di bawah ini:
10.Kemudian kita harus sujud kembali mengucapkan “Allohu Akbar” dan membacakan do’a sujud kembali. Gambarannya seperti pada gambar dibawah ini:



Sementara untuk roka’at pertama kami sajikan diatas, adapun untuk roka’at keduanya sama kaefiatnya, hanya saja untuk roka’at kedua ditambah dengan membaca tasyahud akhir dan sholawat lalu salam. Tapi ada sesuatu yang di spesialkan pada sholat taubat ini, yaitu ada tambahan dzikir pada saat sujud akhir di tasyahud akhirnya, untuk bacaan nya adalah sebagai berikut:

 Setelah bacaan tasbih biasa hendaklah membaca kalimat di bawah ini dengan 40 kali:
“Laa-i-la-ha il-la an-ta sub-haa-na-ka in-niy kun-tu mi-naz-zhoo li-miyn.”
Tiada Tuhan melainkan Dikau (Allah)! Maha Suci Dikau! Sesungguhnya daku ini termasuk daripada golongan orang yang aniaya (zalim).

 Bacalah istighfar berikut sebanyak 10 / 100 kali:

“As-tagh-fi-rul-Laa-hil ‘A-ziym, al-la-dziy laa i-la-ha il-laa hu-wal hai-yul qoi-yuum wa-a-tuu-bu i-laih.”
Daku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan melainkan Dia Yang Maha Hidup Lagi Maha Mengurus dan daku bertaubat kepada-Nya.

 Sambung baca Istighfar Tauhid berikut sebanyak 10 / 100 kali:
“As-tagh-fi-rul-Laa-hil ‘A-ziym, al-la-zii laa i-la-ha il-laa hu-wal hai-yul qoi-yuum wa-a-tuu-bu i-laih. Tau-ba-ta ‘Ab-di zhoo-li-mi laa yam-li-ku li-naf-si-hi dhor-raa, wa-laa naf-‘an wa-laa mau-tan wa-laa ha-yaa-tan wa-laa nu-syuu-raa.”
Artinya:
“Daku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung yang tiada Tuhan melainkan Dia Yang Maha Hidup Lagi Maha Mengurus! Daku bertaubat kepada-Nya selaku taubatnya seorang hamba yang banyak dosa yang tiada menguasai akan dirinya dan tidak mampu membuat, menolak mudharat dan manfaat serta tidak dapat menguasai kematian, hidup dan kebangkitan.”

Kemudian bacalah Sayyid Istighfar sebanyak 3 Kali :

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ
“AL-Laa-Hum-ma an-ta rab-bi  Laa i-la-ha il-laa an-ta kho-laq-ta-ni wa-a-naa ‘ab-du-ka wa-a-naa ‘a-laa ‘ah-di-ka wa-wa’-di-ka mas-ta-th0′-tu, a-‘uu-dzu-bi-ka min syar-ri-maa sha-na’-tu, a-buu u-la-ka bi-ni’-ma-ti-ka ‘a-lay-ya wa-a-bu-u bi-dzan-bi fagh-fir-lii, fa-in-na-hu laa yagh-fi-rudz dzu-nuu-ba il-laa an-ta.”
Artinya yaitu:
Ya Allah! Dikaulah Tuhanku, Tiada Tuhan melainkan Dikau; Dikau yang menciptakan daku dan daku adalah hamba-Mu. Dan sedaya mampuku, daku berpegang dengan janji dan sumpah setiaku terhadap-Mu. Daku memohon perlindungan-Mu daripada segala kejahatan yang telah dilakukan; Daku mengakui akan segala nikmat yang Dikau berikan kepadaku dan daku mengakui akan dosa-dosaku. Maka ampunilah daku kerana tiada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Dikau.

Terakhir, jika kita telah selesai salam, maka langsung membaca do’a Sholat Taubat, sebagai berikut:

اِنِّى اَسْاَلُكَ تَوْ فِيْقَ اَهْلِ الْهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجِدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّ غْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى اَخَافَكَ . اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ مَخَا فَةً تَحْجُزُ نِى عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَا عَتِكَ عَمَلاً اَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ حَتَّى اُنَا صِحَكَ فِىالتَّوْ بَةِ خَوْ فًا مِنْكَ وَحَتَّى اَخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا لَكَ وَحَتَّى اَتَوَ كَّلَ عَلَيْكَ فَ اْلاُمُوْرِ كُلِّهَاوَحُسْنَ ظَنٍّ بِكَ . سُبْحَانَ خَالِقِ نُوْرٍ


“Allahuma Inni Asaluka Taufiqo Ahlil Huda wa A'maala Ahlit Taubah wa 'Azma Ahlis Shobri wa Jadda Ahlil Khosyyah wa Tholaba Ahlir Roghbah wa Ta'abbada Ahlil Waro' wa 'irfan Ahlii 'Ilmi Hatta Akhoofaka. Allahumma Inni Asaluka Makhoofah Tahjuzu ni 'an Ma'aashiika Hatta A'mali bithoo'atika 'amalan astahiqqu bihi ridhooka hatta unashihaka fi taubah khoufan minka wa hatta akhlisho laka Annashiihah hubban laka wa hatta atawakal 'alaika wal umuri kulliha wa husna zhonaa bika subhana Khooliq nuuri”

Artinya : Ya Alloh sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu Taufiq(pertolongan)nya orang-orang yang mendapatkan petunjuk(hidayah),dan perbuatannya orang-orang yang bertaubat, dan cita-cita orang-orang yang sabar, dan kesungguhan orang-orang yang takut, dan pencariannya orang-orang yang cinta, dan ibadahnya orang-orang yang menjauhkan diri dari dosa (wara’), dan ma’rifatnya orang-orang berilmu sehingga hamba takut kepada-Mu. Ya Alloh sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu rasa takut yang membentengi hamba dari durhaka kepada-Mu, sehingga hamba menunaikan keta’atan kepada-Mu yang berhak mendapatkan ridho-Mu sehingga hamba tulus kepada-Mu dalam bertaubat karena takut pada-Mu, dan sehingga hamba mengikhlaskan ketulusan untuk-Mu karena cinta kepada-Mu, dan sehingga hamba berserah diri kepada-Mu dalam semua urusan, dan hamba memohon baik sangka kepada-Mu. Maha suci Dzat Yang Menciptakan Cahaya.

Demikianlah artikel ini saya bagikan, semoga kita termasuk golongan orang-orang ingat akan dosa, Karena tidak sedikit manusia di jaman sekarang lupa akan apa yang seharusnya dia kerjakan terlebih dahulu untuk bekalnya diakhirat, ini malah sebaliknya, menyepelekan akhirat dan mendahulukan dunia. Na’udzubillah…!!!
terimakasih .


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 11:17:00 AM
Tags :

Related : Bacaan Sholat Taubat sangat lengkap

0 komentar: