Langsung ke konten utama

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak - Kalian sudah mengetahui bahwa laptop terdiri atas perangkat keras, perangkat luank, dan brainware (pengguna). Ketiga komponen tersebut harus dirawat agar tidak cepat rusak dan bekerja dengan awet.

Sebagian besar, kerusakan pada laptop terjadi dari sesuatu hal yang kecil. Jika hal kecil tersebut terjadi secara continue maka akan menyebabkan kerusakan yang fatal pada laptop.

Bagi kalian yang sayang sekali pada laptop, Maka pada kesempatan ini, saya akan membagikan cara bagaimana merawat laptop agar tidak cepat rusak.
Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak
Cara Merawat Laptop

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

1. Bagian Perangkat Keras
Beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk merawat  hardware laptop adalah  sebagai berikut.
- Bersihkan secara rutin casing dan monitor layar laptop dengan menggunakan kain lembut atau tisu yang kering.
- Jangan lupa bersihkan juga keyboard laptop dengan menggunakan alat khusus seperti vacum cleaner, atau kalian juga bisa menggunakan korek kuping untuk membersihkan sela-sela pada tombol keyboard. Baca juga : Fungsi Tombol Keyboard komputer
- Meja yang kalian gunakan untuk menyimpan laptop jangan sampai kotor, luangkan waktu seminggu sekali untuk membersihkan meja. Karena debu dan kotoran pada meja akan menempel pada laptop.
- Periksa slot-slot USB bersih dari debu.
- Cabutlah casan dari sumber listik apabila tidak digunakan.
- Cabut casan dari laptop apabila baterai sudah terisi penuh.

2. Bagian Perangkat Lunak
Selain perangkat keras, kalian juga harus merawat perangkat lunak dengan baik. Berikut ini adalah beberapa cara dalam perawatan perangkat lunak.
- Sering-seringlah melakukan back  up  data (Copy  ke  dalam CD) dan program secara rutin.
- Hapus data atau file yang sudah tidak diperlukan, ini membantu agar laptop terasa lebih lancar saat digunakan dan memperluas kembali ruang penyimpanan file.
- Pastika bahwa Recycle Bin selalu kosongkan agar bisa memperoleh ruang (space) kosong di dalam harddisk.
- Lakukan Defragment laptop secara berkala. Defragment merupakan proses untuk menyusun data yang menyebar di dalam harddisk sehingga susunannya kembali teratur supaya sistem operasi bisa mengakses data-data tersebut dengan mudah sehingga kinerja laptop lebih baik. Cara mendefragment laptop adalah sebagai berikut.

Ikutilah langkah-langkah berikut untuk  melakukan defragmenting pada komputer.

Langkah  1
Klik Start> All program > Accessories > System Tools > Disk Defragmenter

Langkah  2
Setelah muncul kotak Disk Defragmenter berikut Pilih Drive di harddisk yang ingin di defrag, kemudian klik Defragment.
Tunggu beberapa menit sampai proses selesai.
- Selalu up date anti virus supaya laptop aman dari tidak serangna virus yang baru.
- Lakukan up date program dan Sistem operasi (OS) jika memungkinkan.

3. Bagian Brainware (pengguna)
Brainware atau pengguna laptop (Kalian) juga memerlukan perawatan khusus lho supaya kondisi tubuh kalian bisa bekerja dengan optimal saat bekerja didepan laptop. Berikut adalah beberapa hal yang harus  diperhatikan.
- Istirahatkan mata jika matakalain terlalu lelah melihat layar laptop.
- Regangkan otot untukmengurangi kaku saat bekerja dengan komputer.
- Jika kalianmenggunakan kacamata atau lensa kontak, jagalah agar selalu bersih.
- Saat bekerja menggunakan laptop, perbanyaklah minum air putih supaya kalian tidak dehidrasi dan keseimbangan tubuh selalu terjaga.
- Lakukan manajemen file yang baik agar kalian tidak kesulitan ketika mencari file-file yang telah dibuat.
- Gunakan password pada laptop kalian, untuk keselamatan file-file dari orang yang tidak berkepentingan.

Itulah sedikit Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak, semoga dengan membacar Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak bisa menambah rasa sayang pada laptop. Jika ingin menambahkan silahkan berkomentar.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…