Rabu, 21 September 2016

Cara Setting Monitor Komputer

;
Cara Setting Monitor Komputer - Untuk menghasilkan sistem kerja monitor yang baik perlu sekali kalian menentukan pengaturan pada monitor. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan informasi pada tampilan layar monitor menjadi lebih baik.

Monitor adalah suatu alat menampilkan informasi hasil pada layar (output). Monitor secara umum dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu monitor hitam putih monochrome dan monitor berwarna (color full screen dan non full screen).

Sedangkan jika dilihat menurut adaptornya, monitor dibagi menjadi sebagai berikut.
a. MDA (Monochrome Display Adaptor)
b. CGA (Color Graphics Adaptor)
c. MCGA (Multi Color Graphics Adaptor)
d. EGA (Enchanched Graphics Adaptor)
e. VGA (Video Graphics Adaptor)
f. SVGA (Super Video Graphics Adaptor)

Cara Setting Monitor Komputer

Cara menampilkan menu Display Properties, adalah klik kanan satu kali pada desktop (layar window) > pilih Properties. Setelah itu, akan muncul kotak dialog Display Properties. Menu-menu yang akan ditampilkan seperti themes, dekstop, screen saver dll.
a. Setting Themes
Themes adalah background yang dengan dilengkapi perangkat suara, ikon, dan elemen lain untuk membedakan antara background satu dengan lainnya.
Baca juga : Cara Mematikan Komputer Sesuai Prosedur

b. Setting Desktop

Desktop berfungsi untuk menampilkan background pada desktop. Beberapa pilihan yang terdapat dalam menu Desktop adalah sebagai berikut.
1) Change desktop Background, berfungsi untuk memilih gambar latar belakang tampilan yang disediakan oleh Windows.
2) Browse, berfungsi untuk memilih gambar latar belakang tampilan sesuai file yang kita inginkan.
3) Position, berfungsi untuk mengatur posisi gambar seperti center, tile, dan stretch.
4) Change Color, berfungsi untuk memilih tampilan warna.
5) Customize Desktop, berfungsi untuk mengatur tampilan desktop lebih lanjut.

Cara Setting Monitor Komputer / PC/ Laptop


c. Mengatur Screen Saver
Untuk menjaga kesehatan monitor, kalian harus membuat pelindung layar (screen saver). File screen saver akan aktif ketika kalian meninggalkan komputer atau dalam waktu yang lama. File screen saver berfungsi melindungi layar dari hantaman elektron yang bergerak dengan kecepatan tinggi.
Screen saver digunakan untuk mengatur monitor, Contohnya jika komputer tidak dipakai dalam beberapa detik atau beberapa menit, maka di layar monitor akan muncul tampilan tertentu. Lihatlah tampilan layar berikut. Baca Juga: Cara menghidupkan komputer

Cara Setting Monitor Komputer / PC/ Laptop
Screen Saver

Beberapa menu yang ada dalam menu Screen saver adalah sebagai berikut.
1. Screen saver, berfungsi untuk mencari tampilan animasi gambar yang akan dimunculkan.
2. Settings, berfungsi untuk mengatur setting dan screen saver yang dipilih.
3. Preview, berfungsi untuk melihat tampilan screen saver.
4. Wait adalah berfungsi untuk menunggu tampilnya screen saver.
5. On resume, password protect, berfungsi untuk proteksi dengan tanda khusus. Artinya, screen saver tidak akan dapat tanpa password.
6. Monitor power, berfungsi untuk mengatur setting monitor lebih lanjut.

d. Mengatur Resolusi Layar Monitor
Hal penting lain nya saat setting monitor adalah menentukan resolusi dari monitor komputer sebab dengan mengatur resolusi yang tinggi akan menampilkan hasil gambar yang bagus dan tajam.
Ukuran resolusi ditentukan oleh jumlah piksel, piksel adalah titik terkecil penghasil tampilan layar. 

Kita ambil contoh, layar monitor dengan resolusi 1.024 x 768 menjelaskan bahwa monitor mempunyai 1.024 baris piksel dan 768 kolom piksel. Dengan kata lain, jumlah piksel yang menyusun monitor adalah sebesar 1.024 x 768 buah.

Cara Setting Monitor Komputer / PC/ Laptop
Resolusi Standar Untuk Monitor
a. CGA (Color Graphic Adapter), Diproduksi oleh IBM pada tahun 1981, mempunyai 4 variasi warna dengan resolusi 320 x 200 saja.
b. EGA (Enhanced Graphic Adapter), Muncul pada tahun 1984 dengan kemampuan 16 warna berbeda dan resolusinya 640 x 350 piksel.
c. VGA (Video Graphic Adapter), Muncul pada tahun 1987, digunakan pada komputer 80386 atau 80486.
d. SVGA (Super Video Graphic Array), Mempunyai jumlah piksel 800 x 600 yang berarti bahwa SVGA memiliki 800 baris dan 600 kolom piksel. Monitor jeni sini dapat menghasilkan 16 juta warna biasanya pada monitor 14” dan 15”.
e. XGA (Extended Graphic Array), Mempunyai jumlah piksel 1.024 x 768 dan bisa menghasilkan 65. 536 jenis warna. Lazim pada monitor 17” dan 19”.
f. SXGA (Super Extended Graphic Array), Memiliki jumlah piksel 1.280 x 1.024, biasanya pada monitor 19” dan 21’.
g. UXGA (Ultra Extended Graphic Array), Memiliki jumlah piksel 1.600 x 1.200, biasanya pada monitor 21”, dirancang untuk desain grafis.
Perbedaan Monitor CTR dan LCD
Dewasa ini, kita kenal beberapa jenis monitor seperti monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display). Monitor CRT mempunyai layar yang terbuat dari tabung hampa, sama seperti televisi.

Hal ini membuat monitor CRT berukuran relatif besar dibandingkan dengan monitor LCD. Sedangkan layar LCD menggunakan dua keping bahan yang terpolarisasi, dengan ditambah cairan kristal di antara keping tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 05.48.00

Related : Cara Setting Monitor Komputer

0 komentar:

Posting Komentar