Langsung ke konten utama

Ciri-Ciri Negara Demokrasi

Ciri-Ciri Negara Demokrasi - Demokrasi merupakan suatu bentuk pemerintahan suatu negara dimana warga negaranya mempunyai hak atau kebebasan berpendapat dan mengambil keputusan sendiri yang nantinya berpengaruh pada jalan hidup mereka. Didalamnya mencakup keseluruhan atas kondisi sosial, ekonomi, dan budaya negara itu sendiri. Pada postingan sekarang ini kita akan sama sama belajar memahami tentang Pengertian Demokrasi dan Ciri-ciri negara demokrasi

Ciri-Ciri Negara Demokrasi


Demokrasi dalam ensiklopedia Bahasa Indonesia merupakan sistem suatu pemerintahan politik dari rakyat yang diberi hak kebebasan berbicara atas kelangsungan politik pemerintahannya. Demokrasi ini bisa dilakukan secara langsung (demokrasi langsung) ataupun secara perwakilan (demokrasi perwakilan).

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Abraham Lincoln
Demokrasi ialah suatu sistem pemerintahan yang diselenggarakan oleh rakyat, dari rakyat dan untuk rakyat.

Charles Costello
Demokrasi ialah sistem sosial dan politik pemerintahan diri dengan kekuasaan-kekuasaan pemerintah yang dibatasi hukum dan kebiasaan untuk melindungi hak-hak perorangan warga negara.

John L. Esposito
Demokrasi pada dasarnya ialah kekuasaan dari rakyat dan untuk rakyat. Oleh karenanya, semuanya berhak untuk berpartisipasi, baik terlibat aktif maupun mengontrol kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Hans Kelsen
Demokrasi ialah pemerintahan oleh rakyat dan untuk rakyat. Yang melaksanakan kekuasaan Negara ialah wakil-wakil rakyat yang terpilih.

Sidney Hook
Demokrasi ialah bentuk pemerintahan di mana keputusan-keputusan pemerintah yang penting secara langsung atau tidak didasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewasa.

C.F. Strong
Demokrasi merupakan Suatu sistem pemerintahan di mana mayoritas anggota dewan dari masyarakat ikut serta dalam politik atas dasar sistem perwakilan yang menjamin pemerintah akhirnya mempertanggungjawabkan tindakan-tindakannya pada mayoritas tersebut.

Hannry B. Mayo
Kebijaksanaan umum ditentukan atas dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang diawasi secara efektif oleh rakyat dalam pemilihan yang didasarkan atas prinsip kesamaan politik dan diselenggarakan dalam suasana dimana terjadi demokrasi liberal.

Baca juga : Pengertian Warga Negara dan Penduduk

Merriem
Demokrasi ialah pemerintahan oleh rakyat; khususnya, oleh mayoritas; pemerintahan dimana kekuasaan tertinggi tetap pada rakyat dan dilakukan oleh mereka baik langsung atau tidak langsung melalui sebuah sistem perwakilan yang biasanya dilakukan dengan cara mengadakan pemilu bebas yang diadakan secara periodik, rakyat umum khususnya untuk mengangkat sumber otoritas politik, tiadanya distingsi kelas atau privelese berdasarkan keturunan atau kesewenang-wenangan.

Samuel Huntington
Demokrasi itu ada jika pembuat keputusan yang paling kuat dalam sebuah sistem dipilih melalui suatu pemilihan umum yang adil, jujur dan berkala dan di dalam sistem itu para calon bebas bersaing untuk mendapatkan suara dan seluruh penduduk dewasa dapat memberikan suara.

Ciri-Ciri Negara Demokrasi

Ciri-ciri Negara Demokrasi adalah dimana suatu negara memberikan kebebasan berbicara dan berpendapat pada warga negaranya. Salah satu  bukti negara tersebut merupakan negara demokrasi yaitu adanya otonomi  daerah. Dengan otonomi ini, pemerintahan daerah diberikan kebebasan oleh pemerintah pusat untuk mengatur dan mengurus daerahnya sendiri. Pemerintah daerah diberikan kebebasan untuk mengelola wilayahnya sendiri. kebebasan tersebut meliputi semua hal yang berkaitan dengan pengaturan dan pengelolaan pemerintahan. Hal yang tidak termasuk wewenangnya antara lain yaitu sosial politik, luar negeri, keamanan, mata uang, peradilan dan agama.

Ciri-ciri  Negara Demokrasi jika dirincikan antara lain adalah sebagai berikut:
1. Adanya lembaga Perwakilan Rakyat
2.  Adanya pengawasan terhadap Pemerintahan (eksekutif)
3.  Adanya PEMILU
4.  Setiap warga negaranya diberi jaminan HAM
5.  Masyarakatnya diberi kebebasan berbicara, berpendapat dan memberikan suara
6.  Megaranya memiliki pers yang bebas
7.  Adanya peradilan yang bebas tidak memihak (independent)
8.  Adanya jaminan hukum

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…