Langsung ke konten utama

Fungsi Tombol Keyboard Komputer/Laptop Lengkap

Fungsi Tombol Keyboard Komputer/Laptop Lengkap - Keyboard adalah perangkat keras komputer input yang paling sering digunakan. Keyboard terdiri atas tombol-tombol yang memiliki fungsi-fungsi yang berbeda.

Berdasarkan letak dan fungsinya biasanya keyboard terbagi menjadi beberapa kelompok, yaitu tombol ketik atau Typeriter keys, tombol sistem atau System keys, tombol aplikasi atau Application keys, tombol fungsi atau Function keys, tombol numerik atau Numeric keypad, tombol kontrol atau Cursor control keys, tombol ENTER, dan tombol-tombol tambahan lainnya.

Fungsi Tombol Keyboard Komputer/Laptop Lengkap

Fungsi Tombol Keyboard Komputer/Laptop Lengkap

1. Kelompok Tombol Ketik (Typewriter Key)
Tombol ini terdiri dari huruf-huruf, angka, tanda baca, simbol-simbol khusus, dan tombol-tombol dengan fungsi khusus. Fungsi tombol-tombol khusus itu adalah sebagai berikut.
- Tab
Tombol keyboard ini berfungsi untuk memindahkan kursor 1 tabulasi  ke kanan.
- Back Space
Tombol keyboard ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter ke sebelah kiri kursor.
- Caps Lock
Bila tombol Caps Lock ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala. Ini menunjukkan bahwa huruf yang akan diketik akan menjadi huruf besar atau huruf kapital. Jika lampu indikator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
- Esc
Tombol keyboard Esc mempunyai fungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu. Atau keluar dari suatau aplikasi.
- Ctrl +Alt (Alternative)
Tombol-tombol ini mempunyai fungsi khusus jika ditekan secara bersamaan (kombinasi) dengan tombol lainnya. Contoh, untuk memblok lembar kerja, maka kalian bisa menggunakan Ctrl + A. dan apabila kalian ingin menutup aplikasi yang sedang berjalan maka tekanlah Alt + F4.
- Shift
Tombol keyboard Shift jika ditekan bersamaan (kombinasi) dengan suatu huruf maka huruf tersebut akan menjadi huruf kapital. Contoh, Jika kalian menekan kombinasi huruf Shift + a maka hasilnya akan menjadi huruf besar A. Selain itu, sama seperti dengan menekan tombol Ctrl dan Alt, tombol Shift akan berfungsi khusus jika ditekan bersamaan dengan tombol lain.
- Space
Tombol Space adalah berfungsi untuk membuat spasi pada teks.

2. Kelompok Tombol Sistem (System keys)
Tombol keyboard sistem hanya terdiri atas tombol Windows di sebelah kiri dan kanan dari tombol ketik. Tombol Windows ini adalah sortcut untuk membuka Start Menu.

3. Tombol Aplikasi (Application keys)
Tombol keyboard sistem hanya terdiri atas tombol Aplikasi. Fungsi dari tombol aplikasi sama seperti ketika kalian klik kanan mouse sesuai dengan program yang sedang aktif.

4. Tombol Fungsi (Function keys)
Tombol ini  terdiri dari F1 sampai  dengan  F12, kalain bisa melihat tombol F1 sampai f12 yang terletak pada bagian atas keyboard. Tombol-tombol ini mempunyai fungsi yang bermacam-macam atau bahkan tombol ini bisa tidak berfungsi sama sekali. Hal ini bergantung pada saat menginstal sistem operasi dan program yang sedang diaktifkan.

Ada juga yang bisa berfungsi jika kalian menekan kombinasi seperti dengan tombol Alt atau Ctrl. Misalnya, pada saat kalian menggunakan Microsoft Windows, kalian bisa menekan tombol  Alt+F4 untuk menutup program yang sedang aktif. Berikut ini beberapa fungsi dari tombol F1 sampai dengan F12.

Baca juga : Perangkat Input dan Fungsinya

Tombol F1, berfungsi untuk membuka menu help. Jika kalian menekan tombol ini ketika bekerja dengan suatu program seperti ms.word, maka yang keluar adalah jendela help untuk program tersebut.

Tombol F2, berfungsi untuk mengganti nama (rename) ketika kalian menggunakan sistem operasi Windows/Windows Explorer. Jika kalian klik file atau folder lalu tekan F2, kalian akan dapat menuliskan nama baru (rename).

Tombol F3, jika kalain bekerja menggunakan Windows/Windows Explorer, maka tombol F3 berfungsi untuk membuka window pencarian file (Find Files).

Tombol F4, tombol ini mempunyai banyak fungsi. Bisa berfungsi untuk membuka Address Bar jika kamu sedang menjalankan Internet Explorer. Ini akan mempercepat kalian untuk memilih alamat web yang pernah dibuka sebelumnya. Jika tombol keyboard F4 ditekan bersamaan dengan tombol ALT maka akan menutup semua windows yang sedang aktif.

Tombol F5, F5 berfungsi untuk refresh (membuka kembali). Dalam Internet Explorer, tombol F5 dapat berfungsi untuk memastikan bahwa kalian membuka halaman yang terbaru. Tombol F5 juga dapat berfungsi untuk me-refresh tampilan pada Windows/Windows Explorer.

Tombol F6, tombol F6 ini umumnya digunakan untuk memindahkan kursor dalam struktur sebuah program tanpa memakai mouse.

Tombol F7, pada windows sendiri tombol ini tidak memiliki fungsi khusus. F7 biasanya berfungsi pada program-program tertentu atau pada aplikasi game. Dan F7 berfungsi juga untuk memeriksa spell check and grammar di dalam dokumen MS. Word.

Tombol F8, tombol keyboard F8 berunfungsi untuk mengakses safe mode ketika komputer sedang dalam proses booting. Ini adalah modus trouble-shooting yang membuat komputer dihidupkan dalam kondisi program minimal.

Baca juga : Sejarah Komputer dan Perkembangannya

Tombol F9 ini sama dengan fungsi pada F7. Misalnya untuk membuka Measurements toolbar pada program Quark 5.0.

Tombol F10 adalah tombol yang harus dipencet ketika kalian ingin mengaktifkan menu bar (menu paling atas yang biasanya bertuliskan File, Edit, View, dst) dalam banyak program. Dengan cara mengekan tombol F10 lalu kalian akan melihat menu pertama berwarna lain.

Nah untuk berpindah-pindah dan membuka menu tinggal pakai tombol panah atau menekan huruf yang tertera. Jika kalian menggunakan tombol ini barengan dengan tombol [Shift] maka akan membuka menu shortcut. Sama seperti jika menggunakan klik- kanan.

Tombol F11, fungsi dari tombol F11 adalah membuat layar jadi full screen. Dan fungsi F11 adalah menghilangkan semua toolbar yang ada pada Internet Explorer sehingga kalian bisa medapatkan area lebih luas. Pencet sekali lagi jika ingin mengembalikannya ke kondisi normal.

Tombol F12 tak juah berbeda dengan fungsi pada F7 dan F9.Contoh untuk membuka jendela Save as pada program Ms. Word. Jika mengkombinasikannya dengan Ctrl dan Shift maka akan berfungsi untuk melakukan print (cetak) dokumen Ms. Word

5. Kelompok Tombol Numerik (Numeric keypad)
Kelompok tombol ini terdiri dari angka mulai dari 0 sampai dengan angka 9 dan tanda operasi matematik, tombol numerik umumnya terletak dibagian kanan dan atas keyboard yang terdiri dari angka dan arrow key, indikasi tombol-tombol ini aktif ditandai dengan adanya lampu num lock, apabila lampu numlock menyala maka tombol-tombol ini berfungsi sebagai angka (Numeric), adapun jika mati maka tombol-tombol ini berfungsi sebagai arrow key.

6. Kelompok Tombol Kontrol (Cursor Control keys)
Tombol cursor memiliki empat tombol khusus yang digunakan untuk mengatur gerakan sebuah titik pada monitor, yaitu ke arah kanan, kiri, atas, dan kearah bawah.

7. Tombol ENTER
Tombol keyboar enter berfungsi untuk berpindah ke baris/garis baru pada programMs/ Word atau untuk melakukan suatu proses perintah.

8) Tombol-tombol lainnya yang ada di keyboard.
Ada beberapa tombol-tombol lain terdiri beberapa tombol, di antaranya adalah tombol
- Delete yang berfungsi untuk menghapus satu karakter pada posisi kursor. 
- Tombol Keypad seperti Home, End, Page Up, dan Page Down, yang berfungsi untuk memindahkan posisi kursor. 
- End ke akhir baris/ halaman/ lembar kerja. 
- Tombol Home ini berfungsi untuk menuju ke awal baris atau sudut kiri atas layar. 
- Page Up Tombol ini berfungsi untuk menggerakkan kursor layar ke atas. 
- Page Down Tombol memiliki fungsi untuk menggerakkan kursor layar ke bawah. 
- Tombol Insert memiliki fungsi untuk untuk menyisipkan karakter. 
- Tombol Printscrn, dapat berfungsi untuk screenshot pada monitor ke dalam clipboard, sehingga menghasilkan sebuah gambar sesuai dengan yang tampil di monitor. Kalian dapat mem-PASTE screen shot ini ke dalam aplikasi edit gambar, seperti Paint, Adobe Photosoft dengan hanya menekan CTRL+V ("Edit | Paste" atau setara dengan PASTE). 
- Tombol Scroll Lock berfungsi untuk mengunci kursor, sehingga yang bergerak hanya lembar kerjanya bukan kursor.

Itulah Fungsi Tombol Keyboard Komputer/Laptop Lengkap yang bisa saya paparkan sekarang ini, silahkan menpraktekannya sendiri dan biasakan lah menggunakan tombol-tombol keyboard yang ada untuk mempercepat proses pekerjaan. terimkasih sudah membaca Fungsi Tombol Keyboard Komputer/Laptop Lengkap.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…