Gambar Lapangan Bulu Tangkis

Gambar Lapangan Bulu Tangkis - Bulu Tangkis adalah salah satu cabang olah raga yang dimainkan di lapangan dalam ruangan dengan lapangan yang berbentuk persegi panjang. Bulu Tangkis adalah permainan atau olah raga yang dimainkan dengan menggunakan raket sebagai alat pemukulnya dan dimainkan oleh dua orang yang saling berlawanan (Tunggal) atau empat orang yang saling berpasangan dan berlawanan (Ganda). 

Gambar Lapangan Bulu Tangkis

Permainan bulu Tangkis dimainkan di sebuah lapangan didalam ruangan atau indor karena menghindari hembusan angin yang dapat mengganggu lajunya bola atau setel kok. cara memainkan Permainan Bulu Tangkis sangat mirip dengan Permainan tenis, dari mulai lapangan yang persegi panjan dengan diletakan sebuah net ditengah lapangan sebagai pemisah antara wilayah pemain dengan pemain lawan, namun cara memainkannya agak sedikit berbeda. Baca selengkapnya Ukuran Lapangan Bulu Tangkis dan gambarnya

Bulu Tangkis dimainkan dengan bertujuan untuk memenangkan angka dengan menjatuhkan bola di area lawan dengan melewati net dan tidak melebihi batas lapangan yang sudah ditentukan begitu juga lawan yang akan mempertahankan area lapangannya dengan memukul bola atau kok yang tadi anda pukul agar tidak jatuh di area lapangannya sendiri.

Lapangan Bulu Tangkis dibentuk dengan bentuk persegi panjang dengan ukuran dan desain yang sudah ditentukan oleh IBF (International Badminton Federation) yaitu induk bulu tangkis seluruh dunia. Lapangan Bulu Tangkis mamiliki garis dengan ketebalan 40 mm dan harus berwarna kontras atau tidak sama dengan warna lapangan, warna garis lapangan sudah disarankan oleh IBF yaitu warna putih dan kuning sehingga dapat terlihat dengan jelas. 

Permukaan lapangan dianjurkan terbuat dari bahn yang lunak seperti kayu, ataupun bahan sintetis yang lunak sehingga menghindari resiko cedera pada pemain. Ketika lapangan terbuat dari bahan yang keras atau beton maka resiko cedera pada pemain sangat besar karena kerasnya lapangan ketika terjatuh atau ter pleset. Untuk Ukuran Lapangan ada dua ukuran yang pertama adalah untukk ukuran pemain tunggal dan yang kedua untuk ukuran pemain ganda dengan ketentuan ukuran sudah ditentukan oleh IBF. 

Untuk ukuran net tinggi net sama baik untuk tunggal maupun ganda yaitu sekitar 1,55 Meter dan diletakan tepat di tengah tangah lapangan sebagai pembatas antara area lapangan dengan lawan, net dibentangkan di tengah lapangan dengan jaring harus berwarna gelap terkecuali bibir dari jaring dengan warna putih dan tebal kira kira 75 mili meter.

Berikut ini dalah Ukuran lapangan untuk permainan Bulu Tangkis

Ukuran Lapangan Untuk Ganda

Ukuran lapangan untuk ganda tentunya lebih besar dari pada ukuran lapangan yang digunakan untuk tungga yaitu berkisar panjang Lapangan 13,41 meter dan Lebar 6,10 Meter dengan deberi garis sebagai jarak untuk servis bola atau kok sekitar 1,98 Meter ditengah lapangan pun diberi garis sebagai pembagi wilayah antara pemain sesama tim. 

Gambar Lapangan Bulu Tangkis

Ukuran Lapangan Untuk Tunggal

Ukuran lapangan Untuk pemain tunggal sedikit lebih kecil namun garis lapangannya di satukan dengan lapangan untuk pemain ganda sehingga satu lapangan dapat di pakai oleh tunggal maupun oleh pemain ganda. Ukuran lapangan dengan panjang 13,41 Meter panjang sama dengan lapangan pemain ganda untuk lebarnya 5,18 agak lebih kecil dengan batas out untuk bola yaitu ketika bola masuk atau jatuh di setiap kotak yang di pojok maka itu dinyatakan masuk atau dapat satu point.  Baca juga Teknik Dasar Bulu Tangkis atau Badminton

Sekian postingan kali ini tentang  Gambar dan Ukuran Lapangan Bulu Tangkis semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam mengetaui dan membedakan antara lapangan bulu tangkis dengan lapangan lainnya, ataupun anda mendapatkan reperensi gambar yang benat ketika anda akan membuat Lapangan Bulu Tangkis. Terimakasi telah berkunjung semoga bermanfaat..... Salam Olah raga!!!
Gambar Lapangan Bulu Tangkis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Syahrul Fauzi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar