Langsung ke konten utama

Hak dan Kewajiban Warga Negara

Hak dan Kewajiban Warga Negara - Suatu negara tentu memiliki hak dan kewajiban bagi warga negaranya. Begitu pula dengan warga negara, mereka memiliki hak dan kewajiban terhadap negaranya. Oleh karena itu, demi menjadi warga  negara yang baik, kita harus melaksanakan hak dan kewajiban menggunakan tertib yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dan pada postingan ini kita akan belajar memahami tentang pengertian hak dan kewajibam warga negara.

makalah hak dan kewajiban warga negara  hak dan kewajiban warga negara menurut uud 45  contoh hak dan kewajiban warga negara  pengertian hak dan kewajiban warga negara indonesia  pengertian hak dan kewajiban warga negara  makalah hak dan kewajiban warga negara indonesia  hak dan kewajiban warga negara pdf  hak dan kewajiban warga negara ppt

Pengertian Hak Dan Kewajiban Warga Negara

Pengertian Hak
Hak merupakan suatu kepunyaan muthlaq yang harus dan wajib kita miliki serta kita dapatkan, dalam segi apapun itu.

Pengertian Kewajiban
Kewajiban adalah suatu hal yang harus kita lakukan dan tidak boleh tidak kita lakukan. jika kita tidak memenuhi kewajiban tersebut, maka patutlah kita mendapatkan sangsi yang sesuai dengan apa yang kita lakukan.

Pengertian Warga Negara
Warga Negara adalah suatu Populasi beribu-ribu orang yang terkumpul dalam satu lokasi besar yang dinamakan NEGARA, dimana didalamnya terdapat suatu Sistem Kenegaraan yang mengatur kehidupan Populasi tersebut.

Dari tiga definisi diatas merupakan rincian dari apa itu hak, kewajiban dan warga negara. Jika disatukan dalam satu pengertian maka:

Hak Dan Kewajiban Warga Negara adalah suatu hal yang didapatkan dari dan yang diberikan oleh kita sebagai Warga Negara. khususnya Warga Negara Indonesia.

Jika berbicara tentang hak dan kewajiban sangatlah erat kaitannya, yang mana sekarang ini banyak terjadi kekurangseimbangannya pemerintah memberikan hak dan kewajiban terhadap rakyatnya. kebanyakan seorang pemerintah sekarang lebih mendahulukan hak daripada kewajiban tugasnya sendiri. inilah yang menjadi pokok permasalah Negeri kita tercinta saat ini.


Rincian Hak Dan Kewajiban Menurut UUD 45

Adapun rincian dari Hak dan Kewajiban Warga Negara sesuai dengan UUD 1945 adalah sebagai berikut:
1. Seluruh warga negara dan pemerintahan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.
2. Setiap Warga Negara diberikan hak untuk pekerjaan dan kehidupan yang layak baginya.
3. Setiap Warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara.
4. Setiap Warga Negara berhak mendapatkan Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pendapat, memberikan suara dan memutuskan kehendaknya.
5. Warga Negara memiliki Hak untuk hidup dan mempertahankan hidupnya.
6. Warga Negara berhak untuk membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang sah.
7. Warga Negara yang masih anak-anak mendapatkan hak untuk kelangsungan hidup, tumbuh kembangnya serta diberikan hak atas dilindunginya dari kekerasan dan diskriminasi.
8. Warga Negara memiliki Hak untuk mengembangkan dirinya melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya.
9.  Warga Negara diberi Hak untuk mengajukan diri dalam memperjuangkan haknya secara kolektif
10. Warga Negara dipercaya mempunyai Hak atas pengakuan, jaminan perlindungan dan kepastian hukum yang adil dan perlakuan yang sama di depan hukum.
11. Warga Negara diberikan Hak untuk bekerja dan mendapat imbalan serta perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja.
12. Warga Negara diberi suatu Hak untuk memperoleh kesempatan yang sama dalam pemerintahan
13. Warga Negara punya Hak atas status kewarganegaraannya
14. Warga Negara mempunyai satu Hak kebebasan untuk memeluk salahsatu agama yang ada di Negara Indonesia ini.
15. Warga Negara punya satu Hak kebebasan untuk meyakini kepercayaan dari pemikirannya dan pengambilan keputusannya.
16. Setiap Warga Negara mempunyai Hak kebebasan untuk berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat
17. Setiap Warga Negara diberikan Hak untuk berkomunikasi dan memperoleh
18. Setiap Warga Negara atau Setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia orang lain dalam tertib kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
19. Setiap Warga Negara diharuskan Dalam menjalankan dan melindungi hak asasi dan juga kebebasannya.
20. Tiap-tiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban melakukan keikutsertaan dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.
21. Warga Negara diberikan hak atas Usaha mempertahankan negara dan memberikan keamanan Negara yang dilaksanakan oleh pertahanan dan keamanan rakyat.
22. Setiap Warga Negara terbagi menjadi berbagai lapisan, diataranya bagian Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai alat Negara yang bertugas memberikan pertahanan, perlindungan dan kedaulatan negara.
23. Negara membentuk Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai alat negara yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bertugas memberi perlindungan, memberikan suatu keamanan yang ditujukan untuk menegakkan Hukum.
24. Setiap Warga Negara diberi Susunan dan kedudukan Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, syaratnya harus ada keikutsertaan warga negara dalam usaha pertahanan dan keamanan diatur dengan undang-undang.
25. Seluruh warga negara berhak mendapat pendidikan.
26. Seluruhnya warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya
27. Setiap Warga Negara diberikan pelayanan dari Pemerintah yang mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional.


28. Setiap Warga Negara diberi hak dari Negara untuk memprioritaskan anggaran pendidikan dari Pemerintah daerah untuk memenuhi kebutuhan dalam menyelenggarakan Pendidikan Nasional oleh Warga Negara.
29. Setiap Warga Negara diberi hak dari Pemerintah untuk memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi asalkan menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan dan pemersatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia kelak, khususnya di Indonesia ini.
30. Setiap Warga Negara yang fakir maupun miskin ataupun anak-anak yang terlantar mendapat hak dipelihara oleh Negara.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…