Langsung ke konten utama

Jenis Jenis Kabel Jaringan Komputer

Jenis Jenis Kabel Jaringan Komputer - Kabel jaringan adalah salah satu media transmisi yang sering dipakai pada jaringan komputer supaya setiap komputer yang tergabung didalamnya dapat saling berkomunikasi. Selain memakai kabel, terdapat juga media transmisi yang tidak menggunakan kabel yang lebih sering kita sebut wireless.

Media tranmisi berkabel adalah media transmisi yang menghubungkan si pengirim dan si penerima yang secara fisik berupa kabel. Jenis Jenis Kabel Jaringan Komputer adalah sebagai berikut.


Jenis Jenis Kabel Jaringan Komputer

1. Kabel koaksial (coaxial cable)
Kabel koaksial adalah jenis kabel yang terdiri dari kabel data atau core yang mengandung penghantar yang terbaik dan terkuat dari tembaga pada intinya. Penghantar ini dilapisi oleh isolator, kemudian penyekat diselubungi lagi oleh anyaman kawat dan selanjutnya anyaman itu dibalut oleh penyekat. Kecepatan kabel ini berkisar antara 100 Mbps sampai 2,4 Gbps.

Jenis-jenis kabel koaksial adalah RG-8, RG-9, RG-11, RG-58, RG-59. berikut adalah pengertian dan kegunaan kabel kabel jaringan komputer tsb.

Jenis Jenis Kabel Jaringan Komputer
RG-8, RG-9, RG-11, RG-58, RG-59
- RG-8, RG-9, RG-11, digunakan untuk thick ethernet. Thick ethernet adalah jenis kabel koaksial yang lebih keras dan berdiameter kurang lebih 0,5 inchi. Kabel data yang dimiliki thicknet lebih tebal dibanding dengan core thinnet. Jika dibandingkan dengan tinnet, Thicknet bisa membawa data lebih jauh dan mampu membawa sinyal sepanjang 500 m. 

Oleh karena mempunyai kemampuan membawa data dengan jarak yang lebih jauh, biasanya thiknet digunakan sebagai backbone untuk menghubungkan jaringan kecil berbasis thinnet. Transceiver adalah sebuah device yang dimanfaatkan untuk menghubungkan coaksial thinnet ke kabel koaksial. Trans- ceiver terdiri dari:

- Vampire tap yang dipakai untuk menghubungkan secara fisik ke kabel thicknet. 
- Kabel transceiver dipakai untuk menghubungkan transceiver ke port AUI (Attachment Unit Interface) yang terdapat di kartu LAN/LAN Card. AUI dikenal dengan istilah konektor DIX (Digital Intel Xerox).
- RG-58, dipakai untuk Thin Ethernet, adalah kabel coaksial yang mempunyai ukuran 0,25 inchi, dan kemampuan untuk mentransfer data maksimal dengan jarak 185 meter. Kabel RG-58 memiliki impedansi 50 ohm.
- RG 59, digunakan untuk pesawat televisi.

Baca juga : Macam macam jaringan komputer

b) Kabel serat optik
Serat optik adalah jenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang dipakai untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Cahaya yang berada dalam serat optik sulit keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar dari pada indeks bias dari udara. Sumber cahaya yang dipakai yaitu laser karena laser memiliki spektrum yang sempit. Kecepatan transmisi dari jenis kabel serat optik sangat tinggi sehingga bagus sekali apabila digunakan sebagai saluran komunikasi.

Kabel optik banyak digunakan khususnya sebagai back-bone karena dapat digunakan hingga 2 km dan kapasitas bandwidthnya besar sampai mempunyai daya tahan dari noise gelombang radio atau motor yang berdekatan dengan kabel. Kabel jenis ini digunakan dalam jaringan LAN yang berkecepatan tinggi adalah GB/detik; kecepatan cahaya 300.000 km/detik. Jenis kabel ini tidak terpengaruh interferensi dan frekuensi liar yang mungkin ada di sepanjang jalur instalasi, tidak dapat disadap, dan data tidak dapat tercuri. Kabel ini berkapasitas besar karena tidak melemahkan sinyal.

  
Sistem transmisi optik memiliki tiga komponen, yaitu sumber cahaya, media transmisi, dan detector cahaya. Sumber cahaya dapat berupa LED/Light Emiting Diode ataupun laser ILD/Injected Laser Diode.

Keuntungan menggunakan kabel serat optik adalah sebagai berikut.
- Mempunyai jalur yang lebih besar.
- Lebih ringan dan lebih kecil.
- Tidak terinferensi oleh elektromagnetik.

Standar serat optik adalah FDDI atau Fibre Distributed Data Interface dan SONET. FDDI merupakan standar dari ANSI (American National Standart Institute).

c) Kabel Twister Pair
Twister pair merupakan jenis kabel berpasangan. Kabel yang saling dipilin dengan tujuan untuk mengurangi interferensi elektromagnetik terhadap kabel lain atau sumber dari luar. Contohnya adalah kabel telepon. Jenis kabel pasangan terpilin antara lain UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair).

Jenis Jenis Kabel Jaringan Komputer
Kabel UTP dan STP

- Unshielved Twisted Pair (UTP)
Jenis kabel ini sangat sering digunakan pada jaringan LAN. Ukuran panjang maksimal per segmen adalah 100 m. Jenis kabel UTP terdiri dari minimal sepasang kabel tembaga terisolasi yang dipilin  atau twisted. Sesuai dengan namanya unshielved, tiap pasang kabel tersebut tidak dilindungi.

Kelemahan dari jenis kabel ini adalah sering terjadinya bercampurnya sinyal-sinyal dari sebuah jalur dengan sinyal jalur lain, namun kelebihannya adalah harganya lebih murah

Baca juga : Kabel Jaringan Komputer

- Shielded twisted pair (STP)
Untuk mengurangi adanya bercamput sinyal pada UTP, Anda dapat menggunakan jenis kabel STP akan tetapi harganya lebih mahal.

Itulah beberapa jenis jenis kabel jaringan komputer yang bisa saya paparkan, semoga dengan membaca artikel Jenis Jenis Kabel Jaringan Komputer kalian bisa memahami tentang jaringan komputer.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…