Saturday, September 24, 2016

Jenis Jenis Sistem Operasi Komputer

Jenis Jenis Sistem Operasi Komputer - Perangkat lunak terbagi dalam dua jenis yaitu, Perangkat lunak sistem operasi (operating system) dan Perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem operasi atau operating system adalah Perangkat lunak yang digunakan untuk mengoperasikan komputer. Perangkat lunak  aplikasi adalah Perangkat lunak yang dijalankan pada sistem operasi untuk menjalankan tugas tertentu.

Perangkat lunak sistem operasi atau operating system adalah Sistem operasi dijalankan sejak komputer pertama kali dihidupkan.  Sistem  operasi  adalah  Perangkat lunak  yang sangat penting yang mengatur seluruh proses kegiatan yang ada dalam komputer. Sistem operasi dapat pula diartikan sebagai penghubung antara pengguna komputer dengan perangkat keras komputer.

Baca juga :📣 Perangkat keras komputer

Fungsi sistem operasi :
- Mengatur cara kerja komputer
- Memanajemen data
- Mengelola keamanan
- Mengendalikan Perangkat lunak yang dijalankan

Seiring dengan berkembangnya teknologi, maka sistem operasi pun semakin berkembang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna komputer. dan pada kesempatan ini kita akan sama sama memahami tentang jenis jenis sistem operasi yang banyak digunakan.

Jenis Jenis Sistem Operasi Komputer
Sistem Operasi

Jenis Jenis Sistem Operasi Komputer

Macam-macam sistem operasi yang sering digunakan :
a. DOS (Disk Operating System)
DOS pertama kali digunakan pada IBM PC. Pada tahun 1982, sistem operasi DOS pertama kali dibuat dalam bentuk disket. Komputer versi lama menggunakan sistem operasi DOS sebagai sistem operasinya.

b. Windows
Microsoft adalah perusahaan perangakt lunak terbesar yang membuat program windows. Windows sebagai salah satu sistem operasi favorit memiliki banyak kelebihan di antaranya adalah, mempunyai banyak feature.
Perkembangan windows :
Windows 1.0
Windows versi 3
Windows 95
Windows 97
Windows 98
Windows 2000, dibuat dengan teknologi NT(network technology) lalu dibuat dengan berbagai versi:
Windows 2000 versi beta (versi percobaan)
Windows 2000 versi profesional dan versi server
Windows XP (experience)
Windows 7
Windows 8 dan 
Windows 10

c. Mac OS/Macintosh
Sistem x.x (x.x adalah nomor versi) adalah nama yang dipakau untuk sistem operasi macintosh, sekarang nama resminya adalah Mac OS. Mac OS/Macintosh merupakan PC yang lebih ramah, juga dikenali sebagai Kotak Perkakas Toolbox yang berfungsi sebagai rutin perawatan. Mancintosh memiliki 2 versi yaitu Mac OS Klasik, dan Max OS X. Mac OS Klasik lebih pertama dikeluarkan pada tahun 1984, sedangkan Mac OS X memiliki unsur-unsur BSD Unix, OpenStep, dan Mac OS 9. 

Mac merupakan komputer berbasis GUI (Graphical User Interface). Mac OS dibuat hanya untuk komputer macintosh. Semua aplikasi yang ada pada macintosh dibekali antarmuka yang sama sehingga kalian dapat dengan mudah mempelajari aplikasi baru. Tahun 2001 sistem operasi mac pertama kali dikeluarkan.

d. Unix
Unix adalah sistem operasi komputer yang ditemukan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie. Pada tahun 1969 Bell Labs mengembangkan sistem operasi Unix. Unix adalah sistem operasi yang memiliki konsep interaktif sharing time. Unix juga merupakan sistem operasi pertama yang ditulis dengan bahasa C. IEEE telah membuat standarisasi untuk Unix sebagai POSIX (Portable Operatyng System Interface)

Ciri dari Unix :
- Bisa digunakan oleh banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan
- Bisa menjalankan banyak perangkat lunak secara bersamaan
- Line/Text Command Based, menggunakan perintah yang diketikan untuk memerintah komputer mengerjakan sesuatu, walaupun telah dilengkapi dengan GUI yang dapat menjalankan perintah tanpa diketikan
- Mempunyai tingkat keamanan yang lebih baik, setiap pengguna, group, dan file memiliki set ijin tersendiri sehingga pengguna tidak dapat mengedit atau menghapus file tanpa ijin.
- Ready for network

Baca juga :  📣  Pengertian Sistem Operasi

e. Linux
Sistem operasi Linux merupakan implementasi independen dari POSIX yang meliputi shared library,  true multitasking, multiuser, dan virtual memory. Linux dan source codenya disebarluaskan secara cuma cuma melalui lisensi dari GNU general public License atau GPL. Banyak orang ataupun kelompok yang mengembangkan proyek Linux tanpa adanya bayaran, mereka melakukannya untuk kemajuan linux itu sendiri, karena mereka menganggap linux itu spesial.

Itulah Jenis Jenis Sistem Operasi Komputer yang bisa saya paparkan pada kesempatan ini, semoga dengan membaca Jenis Jenis Sistem Operasi Komputer kalian bisa memilah dan memilih mana sistem operasi yang cocok untuk kalian.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 5:12:00 AM

Related : Jenis Jenis Sistem Operasi Komputer

0 komentar: