Sunday, September 11, 2016

Kedudukan Pancasila sebagai Dasar Negara

Kedudukan Pancasila sebagai Dasar Negara - Haruslah kita ketahui apa dan bagaimana Kedudukan Pancasila sebagai Dasar Negara. Kedudukan Pancasila yang dijadikan sebagai Dasar Negara yaitu Pancasila sebagai dasar penyelenggaraan Kehidupan yang Bernegara untuk Negara Republik Indonesia.

Lebih jelas lagi, dapat kita lihat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Tahun 1945 di Alenia ke-4 menjelaskan tentang penyelenggaraan kehidupan bernegara. Dengan diberikannya kedudukan yang sangat istimewa tersebut, berikutnya dalam proses penyelenggaraan kehidupan Bernegara mempunyai fungsi yang sangat kuat. Pada Pasal UUD 1945 digariskan ketentuan-ketentuan yang menunjukkan ciri dari fungsi Pancasila dalam Proses Kehidupan Bernegara.

Kedudukan Pancasila sebagai Dasar Negara

Kedudukan Pancasila sebagai Dasar Negara

Kedudukan Pancasila sebagai Dasar Negara dapat kita rincikan menjadi beberapa poin sebagai berikut :
1. Pancasila dijadikan Dasar Negara karena sumber dari segala jenis sumber hokum Negara Indonesia.
2. Pancasila dapat diartikan sebagai asas kerohanian tertib Hukum Negara Indonesia yang sebagaimana terdapat pada Pembukaan UUD 1945 yang telah dijabarkan dalam empat pokok pemikiran dasar.
3. Pancasila dapat Mewujudkan mimpi dan cita-cita hokum untuk Hukum Dasar Negara Indonesia yang tertulis maupun tidak tertulis.
4. Pancasila didalamnya mengandung Norma dan Nilai yang mengharuskan Peraturan UUD tahun 1945 mengandung isi untuk pemerintah dan penyelenggaran Negara juga penyelenggaraan Partai.

Dibawah Ini Fungsi atau Kedudukan Pancasila sebagai Dasar Negara :

1. Pancasila diakui sebagai ideologi Negara yakni dalam Pancasila terdapat nilai sayarat (penuh) dengan jiwa yang semangat dan perjuangan bangsa untuk Menjadikan Negara yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil dan Makmur.

2. Pancasila dapat dijadikan sebagai Dasar Negara sebagaimana dalam (Pembukaan UUD Tahun 1945 alinea ke-IV), yang didalamnya :
•Pancasila dipergunakan untuk dasar pengatur dan penyelenggara Negara
•Pancasila digunakan menjadi suatu pedoman Negara Indonesia untuk mengatur segala lapis kehidupan Bernegara yang didasari Peraturan Perundang-undangan.

3. Pancasila dijadikan sebagai Hukum Dasar yang berbentuk Nasional sebagaimana sesuai dengan Tap MPR No. III, yang menyatakan semua peraturan UUD yang  telah diberlakukan harus sesuai dang tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai dari Pancasila.

4. Pancasila dinobatkan menjadi Pandangan Hidup Bangsa dan Negara Indonesia ini, yang berarti:
• Pancasila bisa memberi dan mempersatukan petunjuka untuk mencapai kebahagiaan Lahir juga kebahagiaan batin.
• Pancasila merupakan pedoman untuk tingkah laku Warga Negara Indonesia dalam melaksanakan aktifitas bermasyarakatnya.

5. Pancasila juga dinobatkan menjadi falsafah hidup Negara Indonesia. Mengapa demikian? Karena Pancasila sebagai Keperibadian Bangsa yang mempunyai nila dan norma-norma paling adil, benar dan bijaksana sesuai dengan paya yang Bangsa Indonesia harapkan sampai akhirnya dapat Mempersatukan Bangsa Indonesia.

Baca juga : Pengertian Demokrasi Pancasila

6. Pancasila merupakan Keperibadian dan Jiwanya Bangsa Indonesia. Mengapa? Karena berikut alasannya:
• Pancasila dapat memberi ciri dan corak yang khas untuk Negara kita, yang mana ini dapat menjadi Pembeda antara Negara kita dengan Negara tetangga.
• Pancasila sebagai Kristal yang memiliki nilai budaya dan bangsa yang telah digali dengan sangat dalam dari Bumi Indonesia ini.

7. Pancasila merupakan perjanjian luhur, yang berarti :
• Pancasila ialah suatu hal yang merupakan sebuah kesepakatan bulat dari  para wakil Bangsa Indonesia menjelang dan sesudahnya Proklamasi Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus Tahun 1945.
• Pancasila diterima oleh Bangsa Indonesia dengan melalui PPKI secara yuridis sejak tanggal 18 Agustus 1945.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 9:23:00 AM
Tags :

Related : Kedudukan Pancasila sebagai Dasar Negara

0 komentar: