Tuesday, September 13, 2016

Keutamaan Sholat Tahajud dan Tujuan Sholat Tahajud

Keutamaan dari Sholat Tahajud (Qiyamu Lail)


Qiyamu Lail atau sering disebut dengan Sholat Tahajud adalah salah satu sholat sunat yang didirikan pada malam hari. Sangatlah banyak manfaat ataupun keutamaan dari sholat tahajud ini, baik di Dunia maupun di Akhirat akan terasa nantinya. Berikut salah satu keutamaan dari Sholat Tahajud:

1.Sholat tahajud merupakan Sholat yang paling Utama setelah sholat Fardu
Sholat tahajud dijadikan sholat yang sangat direkomendasikan dilakukan oleh kita setelah sholat fardhu, mengapa? Karena sesuai dengan sabda dari Rosululloh SAW yang menerangkan bahwa:
“Sholat yang paling utama setelah Sholat Fardu adalah Sholat sunnat yang dilakukan saat malam. (H.R. Imam Muslim).

Keutamaan dan Tujuan dari Sholat Tahajud

2.Syurga telah Alloh SWT Janjikan bagi Orang yang Melaksanakan Qiyamul Lail (Sholat Tahajud)
Surga merupakan tempat yang sangat diidamkan oleh segenap umat muslim, namun tiket ke surga tidaklah murah, banyak godaan dan rintangan yang harus kita lalui dan hadapi jika ingin membeli tiket tersebut. Karena sangatlah berat jika kita berada dalam jalan ibadah kepada Alloh SWT., karena itu pula pahala yang akan didapatkan memang sangat besar janji-Nya.

Salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah Bin Sallam menjelaskan bahwa Rosulullah pernah berkata: “Hai Manusia, tebarkanlah salam seluas-luasnya dan berilah makanan kepada orang yang lapar, lalu sholat malamlah kamu ketika manusia lain sedang terlelap dalam tidurnya, agar kamu sekalian masuk surge dan selamat. (H.R. Tirmidzi).

3.Kita telah Dijanjikan akan Mendapatkan Tempat yang Paling Terpuji
Begitu tinggi nilai bagi orang yang suka melaksanakan sholat tahajud, maka haruslah kita membiasakan diri untuk mendawamkan sholat tahajud pada setiap malam dalam setiap hembus nafas kita.

Salahsatu tujuan orang yaitu mendapatkan derajat yang tinggi menurut pandangan Alloh SWT., maka dari itu mari kita laksanakan sholat tahajud. Memanglah awal langkah yang harus dilalui itu sulit, Karena harus melawan betapa besarnya hawa nafsu kita saat memaksakan bangun untuk bertahajud, tapi disanalah letak ganjaran atau pahala kita ditilai dan dipertimbangkan.

4.Akan Dikabulkannya Do’a yang Kita Panjatkan kepada Alloh SWT
Mengapa do’a kita tidak dikabulkan terus? Padahal siang dan malam kita selalu berdo’a?
Pertanyaan itu pasti selalu timbul kala hati Manusia sedang jauh dari rasa intropeksi diri. Maka dari itu, untuk menjauhi hal seperti itu terucap dari mulut kita marilah kita melaksanakan sholat tahajud. Karena fadilah dari sholat tahajud itu salah satunya akan diterimanya dan dikabulkannya do’a kita.
Betapa rugi seorang muslim yang tidak melaksanakan sholat tahajud, karena saat atau waktu kita sholat tahajud merupakan waktu diijabahnya do’a.


Tujuan Melaksanakan Solat Tahajjud


a.Menjadi Bukti atas Penghambaan kita terhadap Alloh Subhanahu Wata’ala.
b.Menjadi wasilah jalan Taqorrub seorang hamba pada Sang Kholiq-Nya.
c.Menjadi suatu tanda Bersyukurnya seorang hamba atas segala rupa dan macam Ni’mat dari Alloh Subhanahu Wata’ala.
d.Agar semakin kuat jiwa serta ketaqwaan seorang hamba kepada Alloh SWT. (sang Kholiq).
e.Tujuan kita bersholat tahajud agar kita dapat tegar serta mendapat ketenangan hati ketika menghadapi cobaan yang melanda hidup kita.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 12:16:00 PM
Tags :

Related : Keutamaan Sholat Tahajud dan Tujuan Sholat Tahajud

0 komentar:

Post a Comment