Langsung ke konten utama

Klasifikasi Komputer Berdasarkan Kemampuan Komputer

Klasifikasi Komputer Berdasarkan Kemampuan Komputer - Klasifikasi komputer berdasarkan jenis data yang di olah, kemampuan komputer, ukuran komputer serta dari bidang masalah bisa kita Klasifikasi menjadi 6 Klasifikasi.

Pada postingan ini kita akan sama memahami tentang klasifikasi komputer berdasarkan ukuran, berdasarkan penggunaannya, berdasarkan generasi, berdasarkan ukuran fisiknya, berdasarkan tujuan pemakaian, dan berdasarkan data yang diolah.

Dan artikel ini masih berkaitan tentang pengertian komputer dan jenisnya. Jika kalian belum tahu silahkan baca artikel yang berjudul "Pengertian Komputer dan Jenisnya"

klasifikasi komputer berdasarkan ukuran, berdasarkan penggunaannya, berdasarkan generasi, berdasarkan ukuran fisiknya, berdasarkan tujuan pemakaian, dan berdasarkan data yang diolah
Komputer

Klasifikasi Komputer

a. Microcontroller
Microcontroller dibekali semua peralatan penting sebagai sebuah komputer dalam satu chip. Perangkat tersebut diantaranya perangkat proses (processing), Memori, Input, dan output.

Terkadang pada microcontroller ini beberapa chip digabungkan dalam satu papan rangkaian. Jika dilihat dari harga, microcontroller mempunyai harga lebih murah jika dibandingkan dengan komputer lainnya, karena perangkat yang digunakan relatif sederhana. Contoh perangkat ini di antaranya adalah komputer yang digunakan pada mobil untuk mengatur kestabilan mesin, alat untuk pengatur lampu lalu lintas.

b. Microcomputer
Microcomputer berfungsi untuk single-user, Microcomputer sering disebut juga dengan komputer desktop atau komputer pribadi atau PC. Microcomputer sudah dirancang sedemikian rupa agar mampu berinteraksi dengan user. Penggunaa Microcomputer sangat populer pada penggunaan rumah, atau untuk menjalankan aplikasi bisnis.

Baca juga: Cara Melihat Spesifikasi Laptop

c. Engineering Workstation
Engineering Workstation lebih bagus apabila dibandingkan dengan komputer pribadi, biasanya Engineering Workstation digunakan untuk menjalankan aplikasi yang digunakan oleh para ahli teknik dalam melakukan perhitungan dan penyelesaian pekerjaannya. Aplikasi yang sering dipakai lebih cenderung kepada perangkat lunak yang banyak melakukan berbagai perhitungan, baik secara tiga dimensi, maupun secara matematika lainnya.

Contoh perangkat lunak yang dipakai untuk komputer Engineering Workstation adalah CAD (computer aided design) yang dipakai untuk melakukan  perancangan gambar teknik.

d. Minicomputer
Minicomputer umumnya digunakan untuk banyak pemakai (multy-user) pada saat yang bersamaan, dan time shared. Time shared artinya komputer tersebut bisa digunakan oleh beberapa pengguna sekaligus secara bersama-sama, dan komputer akan membagi-bagi waktunya bergantian untuk masing-masing pengguna.

Tentunya penggantian waktu layanan ini tidak terlalu terasa bagi pengguna, mengingat pembagian waktunya dihitung dalam waktu yang sangat sempit, atau dalam satuan perseribu detik, tergantung sistem yang digunakan.

Pelayanan pada user lebih dititik beratkan kepada proses, bukan terhadap interaksi user komputer tersebut. Misalnya komputer yang termasuk ke dalam Minicomputer adalah IBM AS/400. Komputer Minicomputer lebih cenderung dipakai untuk suatu kelompok user atau perdepartemen pada perusahaan besar.

e. Mainframe
Pada tahap awal mulainya era komputerisasi, mainframe adalah satu-satunya komputer yang ada pada sekarang ini. Mainframe mampu melayani ratusan user pada waktu yang bersamaan. Mainframe hampir sama dengan minicomputer namun lebih besar dan harganya lebih mahal. Penggunaannya bisanya untuk pengolahan data dari suatu divisi atau perusahaan besar, yang membutuhkan pengolahan yang berat.

Baca Juga : Cara Melihat Spek Laptop

f. Supercomputer
Supercomputer merupakan komputer tercepat, yang paling bagus dan harganya paling mahal. Kemampuan melakukan prosesnya lebih dari 64 juta perintah dalam 1 detik. Supercomputer dipakai untuk pekerjaan-pekerjaan yang sangat rumit dan memerlukan perhitungan matematika yang sangat sulit. Sebagai contoh super komputer dipakai untuk melakukan peramalan cuaca, penelitian energi nuklir, dan eksplorasi gas dan minyak bumi.

Itulah  klasifikasi komputer berdasarkan ukuran, berdasarkan penggunaannya, berdasarkan generasi, berdasarkan ukuran fisiknya, berdasarkan tujuan pemakaian, dan berdasarkan data yang diolah

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…