Sabtu, 10 September 2016

Komponen Komponen Komputer Beserta Fungsinya

;
Komponen Komponen Komputer Beserta Fungsinya - Di era perdagangan bebas saat ini, perangkat komputer juga dikembangkan dengan standar terbuka sehingga banyak perusahaan yang membuat perangkat keras komputer. Berbagai jenis perangkat keras bisa diproduksi oleh perusahaan yang berbeda, namun perangkat keras komputer tersebut tetap masih bisa gunakan.

Komputer dilengkapi dengan beberapa komponen komputer pendukung, adapun beberapa komponen atau perangkat pendukung komputer tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
a. Monitor
Monitor adalah layar yang berfungsi untuk menampilkan program dan data yang sedang diproses.
b. Keyboard
Keyboard adalah papan ketik yang berfungsi untuk memberi perintah pada komputer.
c. Mouse
Mouse adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai pointing device yaitu untuk mengklik menu atau tombol yang ditampilkan di layar monitor.
d. Casing
Casing, dalam casing terdapat beberapa perangkat yang digunakan untuk pemrosesan. Dalam casing juga terdapat perangkat-perangkat komputer, antara lain adalah hardisk, RAM, CD/DVD Drive, procecor, mainboard, dll.
e. Speaker
Speaker adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan suara.
f. Printer
Printer adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mencetak data ke dalam dokumen kertas.
g. Scanner
Scanner adalah perangkat keras komputer yang mempuyai fungsi untuk memindai gambar atau tulisan.


Dibawah ini adalah gambar Komponen Komponen Komputer Beserta Fungsinya

Komponen Komponen Komputer Beserta Fungsinya
Komponen Komponen Komputer Beserta Fungsinya

Merangkai Sistem Komputer

Sebuah komputer dilengkapi dengan beberapa komponen komputer pendukung seperti monitor, keyboard, mouse, dan sistem unit yang terdapat dalam CPU. Jika komponen-komponen tersebut disusun dengan benar, maka akan terbentuk suatu sistem komputer. Untuk itu, apabila kalian ingin merangkai suatu sistem komputer, maka hal yang harus kalian ketahui adalah dasar dasar dari sistem komputer tersebut.

Hal pertama yang harus kalian pahami adalah bentuk dan kegunaan port-port yang terdapat di bagian belakang dari casing. Port-port tersebut berguna untuk menghubungkan antara komponen di dalam unit sistem dengan perangkat di luar. Kita ambil suatu contoh, port memungkinkan kalian menghubungkan kamera digital, monitor, dan mouse ke unit sistem.

Port Port Yang Terdapat Pada Casing Komputer

Port-port tersebut dapat kita dikelompokkan menjadi port serial, port parallel, port SCSI, port USB, port infrared, dll.

1. Port Serial
Port Serial umumnya digunakan untuk melakukan transmisi data yang berorientasi pada pengiriman sebuah bit per waktu. Port Serial ini mempunyai sifat pengiriman yang lambat. Biasanya Port Serial ini digunakan untuk mengkoneksikan perangakt seperti printer serial, mouse, modem, PLC (Programmable Logic Controller), pembaca kartu magnetic, dan pembaca barcode.

Port Serial sering dinyatakan dengan nama pot COM. Konektor yang digunakan pada Port Serial adalah konektor RS 232C dengan 9 pin atau 25 pin.
2. Port parallel
Port parallel atau yang kita kenal dengan port LPT bekerja atas dasar 8 bit per waktu. Port parallel ini mempu mengirimkan data dengan cepat, akan tetapi harus dengan kabel yang pendek dan panjangnya tidak lebih dari 15 kaki. Port parallel biasanya digunakan untuk printer parallel, hardisk eksternal, dan Zip Drive. Konektor yang digunakan Port parallel ini adalah jenis DB 25 yang terdiri 25 pin.

3. Port USB
Port USB saat ini memang sangat populer, Port USB ini bisa kita gunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat seperti kamera digital, camcoder, zip drive, scanner, joystick, dan printer. Port USB mempunyai kecepatan yang tinggi apabila dibandingkan dengan port serial maupun parallel.
Port USB terdiri dari dua macam diantaranya adalah sebagai berikut;

- Male connector
Steker dengan sejumlah pin yang mempunyai bagian yang menonjol untuk konektivitasnya dan pasangannya.

- Female connector
Sebuah plug atau socket yang mempunyai receptacles. Lawannya adalah konektor male yang memiliki pin.
4. Port SCSI
SCSSI adalah singkat dari Small Computer System Interface.  Port SCSI adalah jenis port yang yang dapat mengoneksikan antar perangkat dalam bentuk sambung menyambung. Port SCSI memiliki kecepatan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan port serial maupun parallel. Kecepatan transfer Port SCSI adalah 32 bit/waktu.

Umumnya Port SCSI digunakan untuk menghubungkan hard drive, scanner, printer, dan tape drive. Adapun Konektor yang pakai adalah DB 25, dan 50 pin Centronics SCSI.
5. Port infrared 
Port infrared berfungsi untuk mendukung hubungan tanpa kabel. Contohnya digunakan untuk menghubungkan mouse de-ngan  menggunakan sinar infrared sebagai media transmisi.
6. Port lain-lain Terdiri dari port untuk keyboard, monitor, speaker ekternal, mikrofon, dan jaringan.

Gambar dibawah ini menunjukkan bagian-bagian port perangkat komputer secara umum. Dari gambar dibawah anda akan melihat dan memahami berbagai port tersebut akan dihubungkan dengan komponen lain sehingga akan terbentuk suatu instalasi komputer.

Komponen Komponen Komputer Beserta Fungsinya
Komponen komponen komputer


1. Port power input Untuk memasang kabel power komputer, kabel ini untuk menghubungkan dengan konektor listrik.
2. Port power output Untuk sumber listrik bagi peralatan lain, seperti monitor.
3. Kipas casing    Untuk  mendinginkan  suhu  di  dalam  power supply dan casing.
4. Port keyboard Untuk memasang kabel keyboard, terletak pada mainboard.
5. Port mouse Untuk memasang kabel mouse, terletak pada main- board.
6. Port VGA Untuk menghubungkan antara komputer dengan monitor, terletak pada kartu video.
7. Port serial
Port serial digunakan untuk menghubungkan komputer dengan perangkat yang menggunakan antarmuka serial, seperti joystick. Port serial  sudah jarang digunakan dan sudah diganti dengan USB.

8. Port paralel 
Port paralel berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan perangkat yang menggunakan interface parallel, seperti printer. Port parallel sudah langka digunakan dan sudah diganti dengan USB.

9. Port USB
Port USB berfungsi untuk memasang semua peralatan yang mendukung interface (antarmuka) USB. Seperti kamera digital, printer, scanner, handphone, dll.

10. Port RJ 45
Port RJ 45 berfungsi untuk menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan komputer yang melalui kabel UTP.

11. Port suara (audio) umunya terdiri dari tiga jenis
a. Line Out, berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan speaker atau head phone, warna nya biasanya berwarna hijau.

b. Line In, berfungsi untuk memasukkan suara, contohnya dari TV tuner, warnanya biasanya berwarna biru.

c. Mikrofon adalah komponen komputer yang berfungsi untuk memasukkan suara dari mikrofon, biasanya berwarna merah muda.
12. Kipas casing berfungsi untuk pendingin casing.
13. Slot tambahann berfungsi untuk menambahkan kartu ekspansi, seperti kartu video, kartu suara, TV tuner, dan lain-lain.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 00.58.00

Related : Komponen Komponen Komputer Beserta Fungsinya

0 komentar:

Posting Komentar