Wednesday, September 14, 2016

Konsep Dasar Sistem Informasi

Konsep Dasar Sistem Informasi -  Setelah kita membahas tentang pengertian teknologi informasi dan komunikasi, serta teknologi dan informasi. Maka pada kesempatan ini, kita akan sama sama mempelajari konsep dasar sistem informasi. Konsep dasar yang akan kita bahas pada materi ini adalah meliputi pengertian suatu sistem serta sistem informasi. Pelajari materi berikut ini dengan baik.

Konsep Dasar Sistem Informasi
Sistem Data

Apa yang di maksud dengan Sistem? 

Pengertian Sistem secara etimologi, sistem berasal dari istilah system yang berarti susunan atau cara. Secara garis besar ada dua kelompok pendekatan dalam mendefinisikan sistem, yaitu menekankan pada prosedurnya serta komponennya  atau elemennya.  Pendekatan  sistem  yg  lebih menekankan pada mekanisme mendefinisikan sistem ssebagai berikut.

“Suatu sistem merupakan suatu jaringan kerja dari mekanisme prosedur yg saling bekerjasama, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu aktivitas atau buat menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu”.

Pengertian Sistem Informasi

Komputer memiliki arti yang luas dan tidak sesuai. Istilah komputer diambil dari bahasa latin computare yg berarti menghitung. Dan dibawah ini adalah beberapa pendaapt ahli yang mendefinisikan komputer;


Pengertian Komputer Menurut Para Ahli
1. Menurut V.C. Hamacher, Z.G Vranesic, serta S.G.Zaky dalam Computer Organization, komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang cepat dapat mendapatkan informasi input digital. Cara memrosesnya sesuai dengan suatu program yg tersimpan pada memorinya (stored program) serta menghasilkan output informasi.

2. Menurut Donald H. Sanders pada Computer Today, komputer merupakan sistem elektronik yang berfungsi untuk memanipulasi data yg cepat dan sempurna dan didesain dan diorganisasikan agar secara otomatis mendapatkan dan menyimpan data input, memrosesnya, dan membuat hasil di bawah pengawasan suatu langkah instruksi-instruksi program  yg tersimpan pada memori (stored program).

3. Menurut Robert H. Blissmer pada Computer Annual, komputer merupakan suatu alat elektronik yg bisa melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memroses input tadi sesuai menggunakan programnya, lalu menyimpan perintah-perintah itu dan hasil dari pengolahan dan menyediakan hasil dalam bentuk berita.

Untuk lebih memahami tentang pengertian komputer dan jenis nya serta fungsinya, silahkan kalian baca postingan yang berjudul " Perkembangan Teknologi Informasi"

Dari beberapa definisi komputer tadi di atas, bisa disimpulkan bahwa pengertian komputer adalah alat elektronika yg dapat mendapatkan input data, mengolah data, serta memberikan berita menggunakan memakai suatu acara yg tersimpan di memori personal komputer  (stored program) dan dapat menyimpan program serta hasil pengolahan secara otomatis.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 10:06:00 PM
Tags :

Related : Konsep Dasar Sistem Informasi

0 komentar:

Post a Comment