Monday, September 5, 2016

Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara

Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara yaitu Sebagai dasar dan landasan untuk pelaksanan pemerintah, mengetur penyelenggara Negara dan pelaksana serta pengatur penyelenggaraan Negara, atau pun sebagai pedoman hidup bagi semua lapisan kehidupan baik dari segi kehidupan pribadi ataupun umum. 

Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara

Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara

Makna dari Pancasila sebagai dasar Negara yaitu sering disebut juga sebagai Falsafah Negara (philosophische grondslag atau makna falsafah Negara) dari Negara dan ideologi negara (staatsidee). Pancasila juga merupakan sebagai dasar pengatur penyelenggaraan pemerintahan Negara Indonesia. Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan suatu Negara.


Pada hal tersebut diatas, Makna Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur Pemerintahan Negara. Dengan istilah lain ialah Pancasila dipergunakan sebagai dasar untuk mengatur keseluruhan Penyelenggaraan Negara.

Pengertian Pancasila Sebagai dasar negara yang dimaksud ada didalam Pembukaan pada UUD 1945 Alenia ke-IV .

Pancasila juga sering disebut Norma hukum pokok yang merupakan aturan atau kaidah-kaidah dasar penting dari Negara itu dalam hukum yang mempunyai kedudukan dan hakikat yang tetap, kuat, kaku dan tidak berubah bagi Negara yang terbentuk dengan jalan hukum tidak dapat diubah. Fungsi dari pancasila yaitu sebagai pokok aturan/kaidah yang mendasar yang harus diingat kembali yaitu UUD harus tetap berasal dan berada dibawah pokok kaidah Negara yang mendasar itu.

Pengertian dan Makna Pancasila sebagai Dasar Negara
Sangat penting bagi kita untuik mengetahui tentang Makna Pancasila sebagai Dasar Negara. Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara yaitu Pancasila merupakan landasan, pokok pedoman yang fungsinya untuk mengatur seluruh tatanan kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia, segala sesuatu yang dilakukan yang berkaitan dengan pembangunan dan material Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus berdasarkan Pancasila. Atau dengan kata lain semua peraturan yang berlaku di Negara Republik Indonesia ini harus bersumber pada Pancasila. Melihat dari sudut pandang Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara kita tentu dapat disimpulkan bahwa pancasila sangat berperan sebagai pemantau bagi Bangsa Indonesia dalam menilai dari pemerintahan dan mencakup keseluruhan apa yang terjadi ditengah-tengah masyarakatnya.

Fungsi Pokok dari Makna Pancasila sebagai Dasar Negara

Sebagai kedudukan tertinggi dan pedoman terutama di Negara kita, tentunya Pancasila mempunyai Peranan yang sangat penting dan wajib di utamakan.
Berikut dibawah ini saya kutif Fungsi Pokok dari Makna Pancasila sebagai Dasar Negara:
1.Sebagai asas kerohanian tata tertib hokum di Indonesia;
2.Sebagai suasana kebatinan (geistlichenhinterground) dari UUD 1945;
3.Sebagai cita-cita hukum untuk hukum dasar Negara;
4.Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia.
5.Sebagai Pancasila Sebagai Jiwa Bangsa Indonesia
6.Sebagai kepribadian bangsa Indonesia, yang dapat kita artikan bahwa Pancasila lahir/ada bersamaan dengan adanya Bangsa Indonesia (Kemerdekaan Bangsa Indonesia) yang menjadikan pembeda antara Negara kita dengan Negara/bandgsa Orang Lain.
7.Sebagai satu perjanjian luhur yang berarti Makna dari Pancasila sebagai Dasar Negara berat Perjanjian Luhur yang telah disetujui dengan cara Nasional.
8.sebagai dasar Negara Indonesia tepatnya pada tanggal  bersejarah yaitu Tgl. 18 Bulan Agustus Thn. 1945 lewat Sidang PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia).
9.Sebagai Sumber dari segala sumber tertib hukum. Ini berarti bahwa apapun peraturannya yang ditetapkan oleh Per-undang-undangan yang berlaku di Negara Indonesia harus di berdasarkan pada Pancasila ataupun tidak bertentangan dengan Makna Pengamalan Pancasila.
10.Sebagai Cita- cita dan tujuan harus dicapai oleh Negara Indonesia, yaitu mempunyai masyarakat yang jujur, makmu, adil, dan merata. Juga masyarakat yang materil serta spiritual yang menunjang berdasarkan Pancasila.
11.Sebagai pokok dari Falsafah hidup yang mengatur kehidupan Bangsa Indonesia.
12.Sebagai ideologi Bangsa Indonesia.


Makna Dari Pancasila

•Nilia-nilai pada dasarnya yaitu nilai filsafat yang mempunyai sifad mendasar.
•Pancasila sebagai filsafat negara yang mengandung yang didalamnya tergabung pada  pancasila menjadi dasar atau menjadi pedoman bagi Negara Penyelenggara.
•Nilai-nilai dasar yang ada di Pancasila ialah bersifar abstrak. Normatif serta nilai itu menjadi motivator kegiatan dalam penyelaggaraan bernegara.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 5:47:00 PM
Tags :

Related : Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara

0 komentar: