Langsung ke konten utama

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia dan Bangsa Lain

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia - Mencermati Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia menjadikan kita sebagai masyarakat negara dapat memahami betapa gigihnya usaha para pendiri Negara (founding father) dalam membebaskan bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan. Hal ini tentu membuat kita sadar akan begitu pentingnya kita selalu mempertahankan serta mengisi kemerdekaan, sehingga menaikkan kualitas pemahaman kita akan Makna Proklamasi Kemerdekaan itu sendiri serta makna hidup berbangsa serta bernegara yang bebas daripada belenggu penjajahan.

Pada kesempatan ini, kita akan sama sama belajar dan memahami tentang makna Proklamasi yang membuat bangsa Indonesia harus di hormati dan di akui oleh negara lain.

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia, makna penting proklamasi, makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa indonesia, makna proklamasi bagi bangsa lain

Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia

Proklamasi Kemerdekaan yang dikumandangkan oleh bapak Proklamator Soekarno Hatta mempunyai makna bahwa :

Bangsa Indonesia telah menyatakan pada seluruh dunia juga kepada bangsa Indonesia sendiri bahwa sejak ketika itu bangsa Indonesia telah merdeka. Pernyataan pada dunia luar juga untuk memberitahukan bahwa bangsa Indonesia sejak waktu itu sudah merdeka serta berdaulat, sebagai akibatnya, maka negara Indonesia harus dihormati oleh negara-negara lain secara layak menjadi bangsa dan negara yang memiliki kedudukan yg sama dan sederajat dan hak dan kewajiban yg sama dengan bangsa-bangsa lain yg telah merdeka pada pergaulan antar bangsa pada dalam korelasi internasional.

Baca juga : Hak Dan Kewajiban Warga Negara

Sedangkan pernyataan proklamasi terhadadap bangsa Indonesia sendiri juga adalah untuk memberikan dorongan, motifasi dan rangsangan bagi bangsa Indonesia, bahwa semenjak saat itu bangsa Indonesia mempunyai kedudukan yang sama serta sederajat dengan bangsa-bangsa lain yang sudah merdeka pada pergaulan dunia, sebagai akibatnya kita sebagai bangsa Indonesia memiliki hak dan kewajiban untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan yang telah diperoleh serta memperjuangkan tercapainya keinginan nasional bangsa Indonesia.

Pernyataan merdeka berasal bangsa Indonesia juga memiliki arti sejak saat itu bangsa Indonesia telah mengambil sikap untuk memilih nasib sendiri dengan tanah airnya dalam segala aspek kehidupan. Dengan demikian, berarti bahwa bangsa Indonesia akan menyusun negara sendiri menggunakan aturan hukum sendiri, sehingga di saat itu telah berdiri Negara baru, yaitu Negara Indonesia.

Dengan dikumandangkannya Proklamasi Kemerdekaan telah menandai berdirinya sebuah negara baru, serta dengan berdirinya negara baru ini maka menjadi konsekuensinya negara baru ini harus memiliki aturan-aturan hukum sendiri untuk mengatur segala kehidupan bernegara di dalam negara baru tadi. Sebuah negara baru adalah suatu organisasi kemasyarakatan yg bertujuan dengan kekuasaannya mengatur dan menyelenggarakan sesuatu rakyat (Logemann). Mengatur serta menyelenggarakan sesuatu rakyat inilah dibutuhkan suatu aturan hukum kehidupan, yg dengan istilah lain disebut jua aturan hukum.

Proklamasi Kemerdekaan yg sudah dikumandangkan oleh "Sang Proklamator" menjadi tonggak bagi berdirinya negara Indonesia, serta uraian isi Proklamasi Kemerdekaan tadi menjadi dasar bagi berjalannya kehidupan bernegara bangsa Indonesia. Oleh karena itulah Proklamasi Kemerdekaan adalah adat pertama atau norma dasar atau aturan dasar dari tata hukum Indonesia. Sebagai akibatnya, Proklamasi Kemerdekaan menjadi dasar bagi berlakunya segala macam adat atau aturan  atau ketentuan aturan yg lainnya. Dengan istilah lain, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah norma pertama dari pada Tata hukum baru, yaitu tata hukum Indonesia.

Baca juga : Pengertian Warga Negara dan Penduduk

Itulah artikel singkat mengenai makna proklamasi bagi bangsa Indonesia, sehingga dengan memahami makna proklamasi tersebut kita lebih menghanggargai hasil juang para pejuang Indonesia yang telah gugur di medan pertempuran.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…