Langsung ke konten utama

Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Pancasila sebagai ideologi terbuka - Pancasila sebagai Ideologi Terbuka ialah suatu Ideologi Bangsa Indonesia yang selalu menyesuaikan pada perkembangan jaman, dengan tanpa mengubah sedikitpun dasar-dasar yang paling penting dari nilainya. Pancasila juga selalu dapat menyesuaikan diri dan menerapkan dinamika di Indonesia dan di Dunia. Tanpa merupah sedikitpun nilai-nilai dasarnya yang digunakan.
Pancasila sebagai ideologi terbuka


1. Arti dari Ideologi Terbuka
Ideologi Terbuka ialah suatu Ideologi yang dapat mengikuti pesatnya perkembangan zaman dan juga bersifat Dinamis atupun merupakan sebuah sistem pemikiran terbuka dari Masyarakat itu sendiri. Segala sesuatu tentang nilai dan cita-citanya tidak hasil paksaan pihak luar melainkan hasil kesadaran sendiri, kekayaan, moral, rohani dan budaya masyarakat itu sendiri.
Baca juga : Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara

2. Arti Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka
Sebagai pedoman terbesar suatu Negara, maka patutlah Pancasila dijadikan acuan penting Negara Indonesia dalam memobilitasi segala aktifitas bidang politik maupun pemerintahan yang sifatnya harus terbuka, fleksibel dan luwes. Tidak boleh tertutup dan kaku, tapi harus mampu berkembang sesuai dengan kemajuan zaman tanpa harus mengubah nilai-nilai dasarnya.

3. Proses Perumusan Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka
Sebelum Kemerdekaan RI diproklamasikan, maka dibentuklah BPUPKI pada tanggal 28 Mei 1945, yang nantinya akan merundingkan rumusan Dasar Negara. Disana Tampil tiga tokoh yang menjadi sorotan utama.

Pancasila sebagai Ideologi Terbuka ialah suatu Ideologi Bangsa Indonesia yang selalu menyesuaikan pada perkembangan jaman, dengan tanpa mengubah sedikitpun dasar-dasar yang paling penting dari nilainya. Pancasila juga selalu dapat menyesuaikan diri dan menerapkan dinamika di Indonesia dan di Dunia. Tanpa merupah sedikitpun nilai-nilai dasarnya yang digunakan.

Syarat Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Pancasila bisa dikatakan sebagai Ideologi Terbuka sebab telah memenuhi syarat-syarat sebagai Ideologi Bangsa, berikut syarat sebagai Ideologi Terbuka:   
  • Nilai Dasar, nilai dasarnya Pancasila tidak pernah berubah sekalipun dari tahun 1945 hingga sekarang ini.
  • Nilai Instrumen, Nilai Dasar yang dipaparkan penjabarannya lebih dinamis dan kreatif ke dalam bentuk UUD 1945, lalu ke TAP-MPR dan UUD yang lainnya lagi.
  •  Nilai Praktis, yaitu nilai yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari banyak digunakan dari Pancasila.

Dimensi Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka
Dalam Pancasila terdapat 3 dimensi yang sangat penting yang membuktikan bahwa Pancasila pantas menjadi Ideologi Terbuka untuk Negra Indonesia ini. Berikut paparannya saya sampaikan:
1. Dimensi Realitas
Pancasila memberi cerminan kemampuannya untuk dapat mengadaptasikan nilai hidup dan berkembangnya Masyarakat ini.
2. Dimensi Idealisme
Idealisme yang terdapat pada Pancasila mampu memberi keyakinan untuk Para Pendukungnya dan penganutnya.
3. Dimensi Pendukung
Kemampuan Pancasila yang dapat mempengaruhi dan menyesuaikan pengamalannya dalam perkembangan zaman dan perkembangan masyarakat.

Baca Juga : Pengertian Demokrasi Pancasila

Ciri-Ciri Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka
Pantaslah Pancasila disebut sebagai Ideologi Terbuka bagi Indonesia, karena didalamnya terdapat ciri-ciri penting yang menjadikannya sebagai Ideologi Terbuka. Berikut poinnya saya jelaskan:

  • Ada cita-cita besar dan tujuan paling tinggi dari masyarakat Indonesia yang berasal dari kepribadian masyarakat itu sendiri dalam Pancasila.
  • Ada tekad dalam Pancasila yang meyakinkan segenap Negara Indonesia untuk mencapai dan mewujudkan tekad tersebut.
  • Terdapat saksi dan Pengalaman sejarah bangsa Indonesia dalam diri Pancasila.
  • Adanya Pancasila terwujud Karena keinginan sendiri dari Masyarakat Indonesia tanpa adanya keterpaksaan dari pihak luar ataupun campur tangan pihak luar.
  • Pancasila selalu menginspirasi masyarakat untuk selalu bertanggungjawab pada tugas dan pengamalannya pada Nilai Pancasila.
  • Pancasila selalu Menghargai pluralitas.


Faktor-Faktor yang mendorong dijadikannya Pancasila Sebagai Ideologi yang Terbuka

Salahsatu tokoh berpendapat bahwa ada 4 faktor penting yang dapat dijadikan argumentasi bahwa Pancasila pantas menjadi Ideologi Terbuka. Berikut dibawah ini penjelasannya:
• Pembagunan Nasional Berencana dalam dinamika Mayarakat Indonesia yang berkembang selalu sangat cepat.
• Karena runtuhnya Ideologi yang tertutup
• Pengalaman dari Pancasila sangatlah butuh perjuangan yang besar, karena Pancasila dahulu pernah mengalami penurunan drastis dan tidak dianggap samasekali. Pancasila tidak tampil sebagai pedoman, akan tetapi  Pancasila dijadikan sebagai senjata untuk menyerang lawan-lawan politik.
• Tekad Masyarakat Indonesia yang percaya akan Pancasila menjadi pedoman utama dan asas yang wajib diamalkannya.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…