Jumat, 02 September 2016

Pengertian Atlas dan Jenisnya

;
Pengertian Atlas dan Jenisnya - Atlas adalah kumpulan dari sebuah peta yang dimana kumpulan peta tersebut mencakup sluruh peta dunia ataupun sebagiannya. Atlas juga dapat di artikan sebagai kumpulan sebuah peta dari sebuah pulau atau wilayah dalam bentuk buku dimana buku itu menerangkan tentang informasi geografi dan astronomi sebuah wilayah atau negara.  Baca selengkapnya Pengertian Peta, Komponen, Simbol, dan Jenisnya

Adapun dalam sebuah atlas menyajikan semua tentang wilayah atau negara baik itu mengenai hal geografi, batas wilayah, statistik geopolitik, sosial, agama, ekonomi, suku bangsa, dan yang lainnya. Atlas juga adalah sebuah buku dengan bahasa, simbol, dan proyek yang umum dan seragam. dengan setiap lembarnya memiliki kode dan nomor sesuai dengan lembar indeks.

Pengertian Atlas dan Jenisnya

Atlas juga berguna sebagai sumber informasi mengenai keadaan semesta alam (atlas Semesta), keadaan suatu pelanet, kadaan bintang, rasi bintang, keadaan bumi, tat letak wilayah, bentuk suatu wilayah, perbedaan waktu, letak sumber daya alam, pertumbuhan sosial, ekonomi, budaya, dan sebagainya semuanya akan anda dapatkan dari sebuah atlas sehingga atlas berguna sebagai sumber informasi mengenai dunia atau semesta ataupun sebuah negara.

Dalam membuat sebuah atlas anda harus mengikuti beberapa syarat berikut, syarat ini harus anda ketahui untuk menghindari kekeliruan dengan keadaan atau letak wilayah sebuah negara atau peta.
  • Atlas harus menggambarkan sebuah wilayah atau daerah dengan data-data yang akurat. Contoh : Sebuah negara atau benua dengan menyajikan sebuah gambar yang sesuai, batas wilayah yang sesuai, dan segalahal yang sesuai dengan keadaan negara atau benua yang nyata.
  • Atlas Harus mempunyai sebuah gradasi atau perpaduan warna dan sebuah simbol yang tepat dan jelas sehingga dapat membuat atlas menjadi lebih menarik.
  • Atlas Harus dapat menjelaskan sebuah wilayah tertentu dengan sesuai dan tepat sehingga dapat sama dengan tujuan yang dituju.
  • Atlas harus mempunyai sebuah perangkat yang lengkap dan memberikan informasi yang akurat dan tepat.
Perlu anda ketahui sebuah atlas memiliki bebrapa jenis dan kriterianya masing-masing tergantung dari isi yang terdapat pada atlas tersebut. Berikut merupakan beberapa jenis atlas berdasarkan isi yang terkandung didalam atlas tersebut.

Jenis atlas

Atlas nasional

Atlas nasional adalah atlas yang berisikan sebuah informasi dan data-data yang memuat tentang suatu wilayah atau negara tertentu. Mulai dari pulau pulau besar hingga pulau pulau kecil, Letak Geografis dan astronomi, dari bagian provinsi hingga ke pedesaan. semua di bahas dalam atlas nasional baik itu tata wilayah, kebudayaan, suku bangsa, adat istiadat, bahasa, sampai hewan dan tumbuhanpun ada didalamnya.
Baca Juga artikel lain tentang Letak Geografis dan Astronomi Indonesia

Atlas Dunia

Atlas dunia merupakan atlas yang memberikan sbuah informasi tentang dunia baik dari mulai Benua, samudera, sampai negara-negara yang ada didunia dan ibu kota, ras, sukubangsa, mata uang, bahasa, dan yang lainnya semuanya dicantumkan di dalam atlas Dunia.

Atlas Semesta

Atlas Semesta Ialah atlas yang berisikan sbuah informasi dari semesta alam baik itu dari peredaran pelanet, bintang, bulan matahasi dan sebagainya, termasuk juga orbit, meteor, rasi bintang, titik kordinat bintang dan yang lainnya semua akan dibahas dalam sebuah atlas Semesta.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 12.50.00
Tags :

Related : Pengertian Atlas dan Jenisnya

0 komentar:

Posting Komentar