Rabu, 14 September 2016

Pengertian Data Dan Informasi

;
Pengertian Data Dan Informasi - Dalam ilmu teknologi informasi dan komunikasi, kita akan dihadapkan di suatu duduk perkara yaitu data dan informasi. Keduanya akan terealisir dalam kehidupan sehari-hari dimana kita akan selalu bekerjasama menggunakan data serta berita. Semakin banyak data yg terkumpul, maka semakin banyak juga informasi yang kita peroleh atau kebalikannya.

Pengertian Data Dan Informasi

Data adalah berita berupa bahan mentah yg belum mengandung arti yang dapat diterima dan diolah oleh komputer. Secara konseptual, data merupakan ilustrasi mengenai benda, kejadian, kegiatan, dan transaksi. Data bisa berupa alfabet, nomor, letak, gambar, dan sebagainya. Data-data tadi masih belum bercerita banyak, sebagai akibatnya perlu diolah lebih lanjut supaya membuat sebuah informasi yg bermakna.

Pengertian Data Dan Informasi
Data
Berita (information) ialah data yg sudah diolah atau diproses sedemikian rupa sehingga memiliki arti atau makna bagi penerimanya serta berguna pada pengambilan keputusan. Pengolahan data sehingga menjadi berita yang baik dalam komputer terkenal dengan istilah Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Procecing (EDP). PDE ialah memanipulasi dari data kepada bentuk yang lebih berarti berupa suatu berita dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.

Baca juga : Komunikasi daring

Aktivitas penyusunan data bertujuan buat menerima informasi secara cepat serta seksama. Informasi bisa diartikan menjadi suatu hasil aktivitas pengolahan data yg lebih berarti dari suatu kejadian, keadaan, atau insiden yang masih berbentuk data mentah. Bentuk informasi yang dihasilkan oleh komputer berupa teks, nomor, simbol, gambar, suara, sinyal, dan grafik.

Buat memperjelas disparitas antara data dan informasi, dapat Anda lihat pada urutan berikut.
Data berita
1. Access kegiatan merogoh atau menyimpan data dari atau ke memori atau ke disk drive dinamakan Access.
2. Mouse alat masukan data pada personal komputer tadi dinamakan mouse.
3. Vista perangkat lunak teranyar keluaran tahun 2007 oleh vendor Microsoft merupakan Windows Vista.

Siklus Informasi

Data ialah bahan mentah yg harus diolah sehingga menjadi berita yang lengkap serta menjadikannya lebih bermakna serta menjadi bahan jawaban pertanyaan dan dapat berdaya guna pada bentuk informasi yg lebih seksama. Buat mendapatkan informasi yang dibutuhkan sangat dibutuhkan adanya faktor pendukung, yaitu input yang berupa data dan proses pembuatan.

Data tersebut akan ditangkap sehingga input akan diproses pulang lewat suatu model sistem berasal berbagai informasi atau lebih dikenal menggunakan istilah siklus pengolahan data seperti tahapan berikut berikut.
- Proses
- Informasi
- Data
- Keputusan
- Input Data
- Feed Back

Tahapan pada proses pengolahan data terdiri dari 3 tahapan dasar, yg dianggap dengan siklus pengolahan data (data processing cycle) artinya input, procecing, dan  hasil. Contoh umum  sistem terdiri berasal 2 contoh.
a. Contoh sistem sederhana 
Model sistem sederhana hanya terdiri dari input, proses, dan  hasil.
Berikut ialah model dari contoh sistem sederhana.
1) Program  perhitungan Pascal, nilai dimasukkan sehabis dijalankan (running).
2) Data mahasiswa berupa nim, nama, nil_uts, nil_uas, tgs, nil_abs, diproses sebagai daftar yang akan terjadi studi semester berupa laporan.

b. Contoh sistem dengan banyak input dan hasil
Berikut adalah model model sistem dengan banyak input dan hasil, dapat digambarkan seperti pada bawah ini.
Dalam siklus informasi kita mengenal ada 7 (tujuh) tahapan menjadi berikut.
1. Data
Data ialah bentuk yang masih mentah yg belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut, menjadi model data langsung mahasiswa, data nilai siswa, data quesioner, dan data pengajar. Hal ini belum bisa bercerita banyak ke forum.
2. Input
Data-data yang ada diinputkan buat segera ditindaklanjuti ke pada proses pengolahan.
3. Proses
Data-data yg telah diinputkan melalui dan menggunakan suatu model eksklusif. Contohnya nilai mahasiswa yang dihasilkan berupa nilai angka, pada mana data ini masih kurang sempurna bagi penerimanya Jika terbiasa menggunakan grade.

Supaya lebih tepat, maka diolah menggunakan model perhitungan dengan range buat mendapatkan grade nilai. Pada proses ini data-data tersebut disimpan ke dalam database dan bisa diambil kembali buat melakukan suatu proses.

4. Hasil
Data-data yg telah diproses dengan contoh tertentu, selanjutnya menghasilkan berita.

5. Penerima
Penerima selanjutnya mendapatkan informasi tadi. Hal ini penerima adalah orang yg berkepentingan menggunakan berita tersebut.

6. Keputusan serta tindakan
Penerima yang sudah menerima informasi tadi, selanjutnya membuat suatu keputusan dan  melakukan suatu tindakan.

7. Hasil tindakan
Penerima yang telah membuat suatu keputusan serta melakukan suatu tindakan, maka akan membentuk suatu tindakan yg akan menghasilkan sejumlah data lagi. Data-data tadi dikumpulkan menjadi input, selanjutnya diproses kembali melalui suatu contoh serta seterusnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 23.27.00
Tags :

Related : Pengertian Data Dan Informasi

0 komentar:

Posting Komentar