Langsung ke konten utama

Pengertian Demokrasi Liberal

Pengertian Demokrasi Liberal (Demokrasi Konstitusional) - Demokrasi liberal (atau dikenal dengan Demokrasi Konstitusional) adalah suatu Sistem Politik yang menganut kebebasan individu. Jika dilihat dari sisi konstitusional Demokrasi Liberal adalah hak yang diberikan kepada individu dari Pemerintah.

Dalam Ensiklopedia Indonesia, Pengertian Demokrasi liberal (atau demokrasi konstitusionnal) yaitu Satu Sistem Politik yang menganut kebebasan dari Individu. Jika secara Konstitusionnal yaitu hak-hak individu dari kekuasaan pemerintah. Dalam demokrasi liberal, keputusan mayoritas (dari perwakilan ataupun langsung) dijalankan pada hampir sebagian besar dibidang-bidang kebijakan Pemerintah yang tunduk pada pembatasan. Dengan tujuan supaya Pemerintah tidak melanggar aturan kemerdekaan dan tetap memberikan Hak pada individu.


Pengertian Demokrasi Liberal

Ada yang berpendapat bahwa Pengertian dari Demokrasi Liberal adalah suatu sistem politik yang menjalankan sistem kebebasan Individual. Demokrasi liberal ini memberikan kebebasan sepenuhnya kepada individu. Dalam demokrasi liberal, keputusan dari Perwakilan atau langsung diberlakukan untuk sebagian besar bidang kebijakan Pemerintah yang patuh pada pembatasan supaya keputusan Pemerintah tidak melanggar Kemerdekaan dan Hak dari Individu seperti yang tercantum dalam konstitusi. Demokrasi liberal ini dijalankan untuk menjelaskan Sistem Politik dan Demokrasi Barat di Negara Amerika Serikat, Britania Raya, dan di Kanada, Britania Raya. Adapun Konstitusi yang digunakan dapat berupa Republik, Sistem Semipresidensial ataupun Sistem Parlementer.

Demokrasi liberal atau demokrasi barat banyak yang menganggap sebagai Demokrasi komunis. Pernyataan itu bisa dibenarkan hanya pada dua pandangan sisi berikut:

1.Secara teori dua jenis bentuk Demokrasi ini memiliki teori, pandangan  hidup, asumsi, pola kekuasaan dan bentuk lembaga-lembaga Sosial Politik yang tidak hanya bertentangan namun sangat berbeda antara satu dengan yang lainnya.

2.Adanya Pertikaian dan kompetisi terus menerus antara kedua Demokrasi tersebut. Terutama ketika terjadi Perang Dunia I, yang mana sejarah pun berkata membenarkan kejadian pertikaian tersebut.

Demokrasi liberal (demokrasi barat) mempunyai akar-akar Doktrinal dalam Liberalisme menurut Rousseau, John Locke, Stuarl Mill, Jeremy Bentham dan lain-lain. Oleh karenanya, untuk lebih memahami pengertian Demokrasi Liberal sangat diperlukan pentelaahan terhadap liberalisme, Kehidupan Politik serta Prinsip-prinsip Politik. Kriteria tersebut merupakan salahsatu syarat dalam prinsip pokok dalam Demokrasi Liberal.

Perkembangan Demokrasi liberal terkait sangatlah erat hubungannya dengan Perkembangan Kapitalisme. Pengertian Demokrasi Liberal dari pandangan Macpherson akan bertumbuhkembang ditengah masyarakat yang tingkat kapitalisme-nya sangat tinggi. Dalam kata yang lain perkembangan suatu Demokrasi Liberal dengan perkembangan Kpitalisme hanya akan ada di tengah masyarakat kapitalis. Demokrasi Liberal menurut Macpherson yaitu:

“Demokrasi Liberal akan dapat kita temui/lihat di tengah Negara yang sistem perekonomiannya didominasi oleh usaha dari kapitalis, dengan sedikit pengecualian yang hanya bersifat sementara, pasti setiap Negara Kapitalis mereka menganut Demokrasi sistem Liberal“


Melihat pengertian Demokrasi Liberal menurut tokoh/pakar Politik seperti Macpherson didasari oleh Liberalisme. Jadi, jika suatu Negara memakai sistem Demokrasi Liberal secara dari kapitalisme maka harus bersifat liberal pada mulanya, baru kemudian Demokratis. Karena dalam pandangan Macpherson, Negara Demokrasi Liberal di Barat telah melewati proses Liberalisasi terlebih dulu, lalu baru mereka mengalami proses Demokratisasi. Nilai Liberalisme telah dilaksanakan terlebih dulu sebelum nilai demokrasi ditanamkan pada Masyarakatnya.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…