Langsung ke konten utama

Pengertian Demokrasi Pancasila

Pengertian Demokrasi Pancasila - Profesor Dardji Darmo Diharjo berpendapat bahwa Demokrasi Pancasila ialah “paham akan demokrasi yang sumbernya dari falsafah hidup dan keperibadian bangsa Indonesia yang wujudnya seakan-akan ada didalam ketentuan Pembukaan UUD 1945. “

Pengertian Demokrasi Pancasila dilihat dari berbagai Bidang

1. Bidang Pembangunan

Arti dari Demokrasi Pancasila dilihat dari tanggapan Rakyat yaitu menjadi suatu subjek dalam pembangunan ekonomi suatu daerah.


Pemerintah harus memberi peluang demi terwujudnya hak perekonomian Rakyat dengan cara menjamin ditegakkannya prinsip-prinsip keadilan sosial. sehingga seluruh bentuk dari sumber-sumber ekonomi ataupun dari kekayaan alam harus ditolak supaya seluruh rakyat mempunyai satu kesempatan yang sama dalam mempergunakan kekayaan Negara.


Dalam satu waktu pernah terdengar bahwa diadakannya sistem ekonomi banteng tepatnya pada thn. 1995, Sumitro Plan Th.. 1951, Rencana Lima Tahun pertama yaitu Th. 1955 sampai dengan tahun 1960, Rencana berikutnya delapan tahun kemudian terakhir dalam Repelita semuanya tapi malah membuat subur para Koruptor dan semuanya merusak sarana pra-sarana Produksi. Apa yang dilakukan pemerintah ini tidak lain hanya ingin menciptakan Masyarakat yang subur dan makmur serta sejahtra ekonominya, karena sama halnya dengan pasal No. 33 UU 1945 dan sila ke 5 dari Poin Pancasila. Maka jika diambil secara kesimpulannya Demokrasi Pancasila dapat dilakukan oleh rakyat dengan berperan melalui Wakil Rakyat diparlemen dalam menentukan kebijakan-kebijakan ekonomi daerah.

2. Bidang kebudayaan nasional

Pengertian dari Demokrasi Pancasila yaitu memberi jaminan adanya fasilitas dari Pemerintah agar dapat tetap dipertahankan dan tetap ditumbuhkembangkannya keindahan dan keanekaragaman nilai-nilai budaya Negara Indonesia ini. Yang akhirnya nilai yang terkandung didalamnya dapat dipelihara dengna sangat baik. Dan juga harus ada penolakan yang tegas dari pemerintah terhadap Uniformitas budaya sehingga identitas satu kumpulan dari komunitas dapat suatu penghargaan dan pengakuan yang layak dan sepantasnya didapatkan.

Baca Juga : Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara

Mari kita gali lebih dalam lagi pembahasan mengenai Pengertian dari Demokrasi Pancasila ini!

Demokrasi Pancasila dapat didefinisikan sebagai suatu demokrasi yang constitusional berdasar pada kesejahteraan rakyat dalam pennyelenggaraan Pemerintah dan penyelenggaraan Negara menurut konstitusi UUD 1945 yang dianggapa sebagai demokrasi Pancasila dan  pengamalannya harus sesuai dengan apa yang terdapat dalam UUD 1945.

Pandangan para ahli yang memberi pengertian pada Demokrasi Pancasila

Setelah saya berikan penjelasan mengenai pengertian dari Demokrasi Pancasila secara umum, saya rincikan pula pendapat para ahli yang telah mengemukaan seluruh pendapatnya untuk memberikan definisi dari pengertian Demokrasi Pancasila.
Berikut tanggapan Para ahli untuk pengertian demokrasi Pancasila:
1. Profesor Dardji Darmo Diharjo: Menurut beliau pengertian demokrasi Pancasila adalah paham demokrasi yang bersumber dari falsafah hidup Negara Indonesia dan Keperibadiannya, yang pengamalannya seperti yang ada didalam ketentuan-ketentuan Pembukaan UUD 1945.
2. GBHN Tahun 1978 dan Tahun 1983: Menurut Garis Besar Haluan Negara Th. 1978 dan Th, 1983 yang menetapkan bahwa pembangunan politik yang harus dijalurkan agar lebih merealisasikan perwujudan dari Demokrasi Pancasila. Dalam rangka memantapkan stabiltias politik dinamis serta pelaksanaan mekanisme Pancasila.
3. Kansil: menurutnya pengertian Demokrasi Pancasila ialah sila ke 4 dari yang tercantum dalam alinea ke 4 Pembukaan UUD 1945.
4. Prof. Notonegoro: pengertian demokrasi Pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, yang berkemanusiaan yang adil dan beradab, yang mempersatukan Indonesia, dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
5. Ensiklopedia Indonesia: Pengertian demokrasi Pancasila adalah Pancasila meliputi bidang politik, sosial dan ekonomi, serta dalam penyelesaian masalah-masalah nasional yang berusaha sejauh mungkin menempuh jalan permusyawaratan untuk mencapai mufakat.  

Ciri-Ciri Demokrasi Pancasila 


Ciri-Ciri dari Demokrasi Pancasila- Prinsip-prinsip yang ada didalam Demokrasi Pancasila sedikit berbeda dengan prinsip demokrasi secara universal/globalnya. Ciri-ciri demokrasi Pancasila adalah sebagai berikut:
a. Pemerintahannya berjalan sesuai dengan konstitusi 
b. Adanya pemilu secara berkesinambungan
c. Terdapat penghargaan atas Hak Asasi Manusia (HAM) dan perlindungan untuk hak minoritas
d. Merupakan satu kompetisi dari berbagai ide dan cara dalam menyelesaikan masalah 
e. Ide terbaik akan diterima melalui pertimbangan dari suara terbanyak.

Baca juga : Pengertian Demokrasi Terpimpin

Isi Pokok Demokrasi Pancasila 

Isi Pokok Demokrasi Pancasila - Isi dari pokok-pokok Demokrasi Pancasila adalah sebagai berikut:
a. Pelaksanaan UUD 1945 dan pengamalannya telah dituangkan didalam UUD 1945.
b. Melindungi dan menghargai serta memberikan Hak Asasi Manusia (HAM). 
c. Dilaksanakannya kehidupan ketatanegaraan beradasarkan dari kelembagaan .
d. Demokrasi Pancasila merupakan sendi dari hukum yang dijelaskan dalam UUD 1945, yaitu Negara hukum yang demokratif.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…