Langsung ke konten utama

Pengertian Domain dan Contohnya

Pengertian Domain dan Contohnya - Komunikasi bisa dilakukan dengan seluruh personal komputer  secara global, setiap komputer di jaringan Internet memiliki angka, seperti halnya telepon. Nomor  tadi wajib  unik artinya tidak bolah sama antara satu nomor dengan yang lainnya dan ditulis dalam format empat format nomor , misalnya 202.123.41.52.

Nomor  ini biasa dikenal menggunakan istilah alamat IP. Jadi, komputer saling berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan alamat IP tersebut.

Domain


Baca juga : Pengertian Internet

Cara Menghapal Domain

Sayangnya,  manusia tidak terlalu pandai untuk menghapal dan mengingat semua angka/nomor alamat IP. Dengan demikian, untuk memudahkan manusia menghapal, dikembangkanlah nama domain yang merepresentasikan nama sebuah personal komputer di Internet. Contoh nama domain ialah:

1. www.bukusekolah.org - Nama blog untuk pendidikan sekolah dan termasuk blog kesayangan saya.
2. www.pintarkomputer.org - Blog yang membahas semua seluk beluk komputer.
Kita mengenal beberapa Top Level Domain yang disingkat TLD dan mempunyai sifat global, seperti:

.Com  - buat forum komersial
.Org   - buat organisasi umumnya tidak komersial
.Gov   - untuk pemerintah Amerika serikat
.Edu   - buat universitas

Selain domain TLD di atas, Kita pun mengenal beberapa Top Level Domain (TLD) negara, contohnya:
.Id – Indonesia
.Sg – Singapura
.Jp – Jepang
.Au – Australia.
Di Indonesia kita mengenal beberapa sub-domain untuk berbagai institusi, seperti 
.Co.Id- lembaga komersial.
.Net.Id - Internet Service Provider (ISP) 
.Ac.Id - universitas4..Sch.Id - sekolah
.Or.Id - forum non-komersial 
.Web.Id - situs eksklusif.

Internet pertama kali tumbuh di negara Amerika perkumpulan terutama berasal lembaga penelitian angkatan bersenjata Amerika serikat. Tidak sinkron menggunakan Amerika serikat, Internet pada Indonesia lebih banyak tumbuh asal aktivitas masyarakat serta pemuda yang menyukai global komputer serta terutama bergerak pada dunia pendidikan.

Jaringan Internet pertama pada Indonesia bernama Paguyuban Network yg mengkaitkan BPPT, UI, ITB menggunakan teknologi radio paket yg berkecepatan sangat rendah,  yakni sekitar 1200 bps. Rahmat M. Samik-Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo artinya sebagian kecil berasal pioner Internet pada Indonesia.

ISP Pertama di Indonesia ialah  IPTEKNET pada BPPT. ISP komersial pertama pada Indonesia merupakan IndoNet yang pada ketuai sang Sanjaya.

 

Sub Domain Indonesia

Indonesia dikenal pada Internet dengan top level domain .Id. Rahmat M. Samik-Ibrahim berasal UI adalah orang yg pertama kali mengelola top level domain .Id di Indonesia pada tahun 1993. Indonesia mempunyai beberapa sub-domain, yaitu:

ac.Id – universitas
co.Id – komersial
go.Id – pemeritah
sch.Id – sekolah
web.Id – langsung/personal
or.Id – yayasan, lembaga non-profit
net.Id – Internet Service Provider

Mungkin itulah artikel singkat mengenai pengertian domain dan contohnya, semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…