Thursday, September 29, 2016

Pengertian Email dan Fungsinya Serta Cara Kerjanya

Pengertian Email dan Fungsinya Serta Cara Kerjanya -  Salah satu media informasi di jaman modern ini adalah email, email atau surat elektronik. Berkomunikasi dengan menggunakan email adalah salahsatu fasilitas internet sehingga orang-orang bisa saling kirim surat dalam waktu yang singkat walau pun jarak mereka berjauhan.

Agar kalian bisa menggunakan email, kalian harus terlebih dahulu memiliki alamat email. Nah, pada postingan ini saya akan membahas pengertian email dan fungsinya diteruskan dengan postingan selanjutnya tentang cara daftar email gmail, yahoo, outlook, dll. Jadi ikuti terus update-an artikel di blog ini. :D

Pengertian Email dan Fungsinya

Dewasa ini, penggunaan email atau surat elektronik sudah menjadi hal yang wajib bagi pengguna internet. Hampir semua situs web yang membuka pendaftaran anggota, seperti forum dan blog, bermian game di android selalu meminta alamat email kepada pengguna nya.

Email adalah sarana berkomunikasi surat-menyurat melalui media internet. Dengan adanya email, siapapun kalian, dari mana pun kalian bisa mengirimkan surat ke belahan dunia mana saja hanya dalam hitungan detik.

Agar bisa menggunakan email, kalian harus memiliki alamat email terlebih dahulu. Untuk itu kalian harus mendaftarkan alamat email kalia ke suatu halaman situs web yang menyediakan layanan email (mailserver). Seperti Gmail, Yahoo Mail, Outlook dll.

Bagaimana Cara Kerja Email?

Sebagaimana kalian ketahui, setiap pengguna komputer belum tentu menggunakan jenis komputer yang sama ataupun sistem operasi yang sama. Betul kan? kalian menggunakan sistem operasi windows, belum tentu teman kalian menggunakan windows sebagai sistem operasinya.

Oleh karena itu, dibutuhkan suatu aturan standar atau protokol supaya komputer-komputer itu bisa saling berkomunikasi di internet. Untuk email, protokol yang digunakan adalah protokol SMTP dan POP. SMTP adalah singkata dari simple mail transfer protocol sedangkan POP adalah singkatan dari post office protocol.

SMTP digunakan sebagai protokol pengiriman pesan. Sedangkan POP digunakan sebagai protokol untuk menerima pesan. Agar bisa menjalankan protokol ini, komputer yang kalian gunakan harus memiliki program mail client, seperti Microsoft Outlook dan Mozila Thunderbird.

Pada saat kalian menerima sebuah pesan menggunakan email, program mail client pada komputer kalian akan menghubungi ISP. Program tersebut akan menggunakan SMTP server pada ISP dan memintanya mengirimkan pesan yang akan kalian kirimkan. Lalu SMTP server akan mengontak software DNS (domain name server) menanyakan rute yang bisa digunakan untuk mengirim pesan ke alamat penerima.

Artikel Berkaitan :
Cara Membuat Email
Jenis Jenis Email beserta Contohnya

Setelah rute tersebut didapatkan, pesan akan dikirimkan melalui berbagai router internet hingga sampai pada alamat domain penerima. Alamat domain adalah kata yang terdapat setelah tanda @ pada alamat email. seperti : Namakalian@gmail.com, Namakalian@yahoo.com Pesan tersebut kemudian ditransfer oleh server SMTP penerima ke program server lainnya yang bernama POP/ POP3. Lihatlah ilustrasi gambar dibawah ini!

Pengertian Email dan Fungsinya Serta Cara Kerjanya
Cara Kerja Email

Selain menggunakan protokol SMTP dan protokol POP, ada juga email yang menggunakan protokol lainnya. Meskipun demikian, pesan antar email dengan protokol yang berbeda tetap bisa dilakukan. Hal ini dimungkinkan karena adanya gateway, gateway adalah suatu software yang mengonversi suatu jenis protokol ke bentuk protokol lainnya.

Salah satu jenis email yang tidak menggunakan protokol SMTP dan POP adalah webmail. Email webmail dapat diakses menggunakan web browser. Baca Juga: Sejarah Email Dunia

Alamat email terdiri atastiga bagian, yaitu identitas pemilik akun email, simbol @ dan alamat domain penyedia email. Tanda @, yang dibaca “at”, dalam bahasa Indonesia menyatakan “berlokasi di”. Jadi, Apabila ada alamat email bernama Rudi@gmail.com, dibaca “Rudi yang berlokasi di domain gmail.com.

Nah itulah postingan saya tentang Pengertian Email dan Fungsinya Serta Cara Kerjanya, semoga dengan membaca Pengertian Email dan Fungsinya Serta Cara Kerjanya kalian bisa memahami lebih dalam tentang email. Jika ada pertanyaan seputar email silahkan berkomentar :D
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 11:31:00 AM
Tags :

Related : Pengertian Email dan Fungsinya Serta Cara Kerjanya

0 komentar:

Post a Comment