Sunday, September 25, 2016

Pengertian Internet dan Intranet Serta Perbedaannya

Pengertian Internet dan Intranet Serta Perbedaannya - Internet dan intranet mungkin sudah digunakan  oleh sebagian  dari  kalian semua ketika melaksanakan aktivitas sehari-hari. Akan tetapi, ternyata masih banyak yang belum tahu secara pasti tentang pengertian internet dan intranet serta perbedaannya.

Maka pada kesempatan ini, kita akan sama memahami tentang apa itu internet dan intranet? apa perbedaan internet dan intranet ?

Nah, sebelum kita membahas lebih dalam lagi, jangan lupa like dan share artikel ini. Yuk kita sama-sama bangun blog ini agar memberikan manfaat untuk orang lain.
pengertian internet dan intranet serta perbedaannya, secara singkat pengertian internet dan intranet lengkap pengertian internet dan intranet ppt pengertian internet dan intranet secara umum pengertian internet dan intranet beserta gambarnya pengertian internet dan intranet serta sejarahnya
Internet dan Intranet

Pengertian Internet

Kata internet berasal dari bahasa Latin 'inter' yang artinya “antara”. Apabila dilihat dari kata per kata, internet berarti jaringan antara atau penghubung.
Internet sendiri adalah singkatan dari kata “in-terconnection networking” yang artinya hubungan komputer dengan berbagai jenis yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia melalui jalur telekomunikasi seperti menggunakan telepon, radio link, satelit, dll.

Jadi, internet adalah sekumpulan komputer-komputer yang saling terhubung menjadi satu dalam sebuah jaringan komputer yang besar di seluruh dunia tanpa memperdulikan batas teritorial, hukum, dan budaya sebagai sarana komunikasi dan informasi. Baca juga : Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Oleh karena internet adalah sebuah jaringan, maka sebuah perangkat komputer yang terhubung dengan internet akan terhubung juga dengan komputer-komputer yang ada di seluruh dunia. 

Dalam mengatur komunikasi jaringan komputer ini digunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP atau Transmission Control Protocol berfungsi untuk memastikan bahwa semua interaksi bekerja dengan benar. Adapun IP atau Internet Protocol secara umum dapat berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat digunakan, mengatur, dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.

Dengan demikian, apabila komputer yang terhubung dengan jaringan internet, maka komputer tersebut akan dapat mengakses informasi-informasi secara gratis dengan jumlah yang tidak terbatas. Internet bisa disebut sebagai sumber data dan informasi serta media pertukaran data dan informasi tanpa adanya jarak fisik dari satu komputer ke komputer lain dan dalam waktu yang sangat cepat. 

Dengan adanya internet, Dapat membuat setiap orang bisa mengakses informasi yang tersimpan didalam komputer yang tersebar di belahan dunia. Selain itu, kalian dapat saling bertukar informasi secara global di seluruh dunia tanpa batas institusi, dimensi ruang, serta waktu.

Lebih lengkap baca di : Sejarah Internet

Pengertian Intranet

Selain internet, ternyata ada juga sistem komunikasi jaringan yang bersifat lokal, hampir sama dengan internet, yaitu intranet. Intranet atau Intraconnected Network adalah perkembangan dari jaringan LAN (Local Area Network) dengan mengadopsi teknologi internet. Intranet adalah sebuah jaringan khusus dengan sistem dan prinsip yang persis dengan internet. Intranet bisa dikatakan internet yang dibuat dalam lingkup lokal.

Perbedaan Internet dan Intranet

Intranet umumnya digunakan oleh perusahaan, yayasan pendidikan, organisasi, dll. Contohnya, jaringan komputer PT Telkom seluruh Indonesia. Intranet berfungsi mengomunikasikan  komputer  satu dengan komputer yang lain, persis seperti internet namun perbedaan internet dan intranet adalah internet mempunyai layanan tak terbatas sedangkan intranet memiliki layanan yang terbatas dan tidak seluas di internet.

Baca juga : Sejarah Perkembangan Internet

Intranet juga memakai protokol TCP/IP. Protokol IP dapat membuat suatu komputer mengirim dan memberi alamat data ke komputer lain dan memastikan pengiriman data sampai kepada tujuan adapun yang kurang. Di Indonesia intranet sudah digunakan oleh beberapa perusahaan, walaupun terbatas pada perusahaan komputer, dan industri besar lainnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 3:04:00 AM
Tags :

Related : Pengertian Internet dan Intranet Serta Perbedaannya

0 komentar:

Post a Comment