Langsung ke konten utama

Pengertian Komputer dan Jenisnya serta Fungsinya

Pengertian Komputer dan Jenisnya serta Fungsinya - Kata komputer berasal dari istilah compute, yang mempunyai arti menghitung. Komputer adalah setiap proses yang dilaksanakan oleh personal komputer atau PC artinya proses matematika hitungan. Jadi, apa saja yang dilakukan oleh komputer, baik yang ditampilkan di layar monitor, suara, gambar, dan lain-lain diolah dengan sedemikian rupa dari perhitungan secara elektronika.

Pada kesempatan ini kita akan sama sama belajar tentang pengertian komputer dan fungsinya serta jenisnya

Fungsi Komputer

Komputer berfungsi sebagai alat bantu menulis, menggambar, mengedit gambar atau foto, membuat animasi, mengoperasikan program analisis ilmiah, simulasi, dan juga untuk mengontrol peralatan. Awalnya, komputer adalah alat-alat yg mahal dan mempunyai ukuran sangat besar.

Akhirnya, munculah suatu PC atau personal komputer  yang lebih kecil serta dibuat untuk dipergunakan oleh satu pengguan dengan kemampuan mengoperasikan program yang beragam. Dewasa ini telah diciptakan juga mobile PC yang sering dikenal dengan notebook atau laptop.

Personal komputer jenis ini mempunyai kelebihan dengan mudah dibawa dan dipindahkan kemana saja.
Pengertian Komputer dan Jenisnya serta Fungsinya
Laptop

Jenis-Jenis Personal Komputer atau PC

Secara awam, jenis-jenis komputer saat ini terbagi menjadi beberapa bagian, antara lain adalah Superkomputer, Mainframe atau komputer besar, Minicomputer, Workstation, Mikrokomputer. Berikut adalah pengertian dan fungsinya.

1. Superkomputer
Superkomputer merupakan jenis personal komputer yang mempunyai kecepatan proses paling hebat. Umumnya digunakan ketika menangani perangkat lunak yg melibatkan perhitungan yang kompleks, Contohnya peramalan cuaca dan perancangan roket.

Superkomputer ini tersusun atas 9.152 prosesor Pentium P6 menggunakan kecepatan lebih berasal 1,3 trilyun instruksi per dtk. Di tahun 2004 IBM sudah menyelesaikan proyek superkomputer "Blue Storm" dengan kecepatan 20 trilyun instruksi per dtk.

2. Mainframe atau komputer besar
Mainframe merupakan personal komputer  yg  sangat  besar  dengan  kecepatan 50 sampai 20.000 MFLOPS. Harganya bisa mencapai jutaan dolar dan mempunyai ukuran lebih besar dari satu ruangan. Kegunaannya atau fungsi mainframe adalah menangani pemrosesan data menggunakan volume yg sangat besar. Model personal komputer ini ialah IBM S/390.

3. Minicomputer atau komputer mini
Minicomputer seringkali disebut dengan sistem Midrange. Minicomputer adalah mesin besar yg powerfull. Umumnya Minicomputer melayani jaringan dengan terminal yg sederhana, menjadi server pada perusahaan berskala menengah, mempunyai kecepatan 3 sampai 1.000 MLOPS. Model personal komputer ini ialah IBM AS/400.

4. Workstation atau terminal kerja
Workstation ialah mesin yg powerfull. Komputer-komputer ini memiliki kemampuan untuk menuntaskan software perhitungan yang rumit menggunakan kecepatan 50-500MLOPS. Workstation ini menggunakan sistem operasi (OS) UNIX atau NT. Komputer jenis ini dilengkapi dengan prosesor RISC yang powerfull seperti MIPS atau digital Alpha. Baca Juga: Sejarah Komputer dan Generasinya

5. Mikrokomputer
Mikrokomputer lebih dikenal dengan personal computer/komputer eksklusif. Mikrokomputer adalah komputer mempunyai harga yang murah serta didesain/diproduksi secara massal, dengan menggunakan kecepatan 1-50MLPOS.

Umumnya sistem operasi yang digunakan oleh Mikrokomputer adalah Windows, DOS atau sistem operasi yang sejenis. Komputer ini dipergunakan untuk perangkat lunak software baku. Mikrokomputer dapat dibedakan menjadi; Desktop PC, Tower PC, Notebook, PDA Palmtop, serta Laptop. Dibawah adalah jenis jenis dari Mikrokomputer.

Jenis Jenis Mikrokomputer

a. Desktop PC, adalah jenis PC yg berukuran besar serta sring digunakan di rumah pribadi atau di operasikan di tempat kerja dengan dilengkapi Case atau kotak CPU dalam posisi tertidur diletakkan di atas meja.

b. Tower PC, ialah PC menggunakan case pada keadaan berdiri. Biasanya kotak CPU diletakkan di samping atau di bawah meja tempat kerja.

c. Notebook atau yang disebut minilaptop, adalah jenis PC/personal komputer yang memiliki sifat seperti laptop, hanya saja ukurannya sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan laptop.

d. Palmtop atau Handled PC (PC gengam), adalah komputer berukuran agak lebih besar dari pada kalkulator, kelebihannya bisa dioperasikan di atas tangan.

e. PDA (Personal Digital Assistant), ialah jenis personal komputer genggam yang menggunakan pena sebagai pengganti keyboard.

f. Laptop, adalah jenis mikrokomputer yang simpel buat dipindah atau dibawa perjalanan.

6. Mikrokontroler
Mikrokontroler disebut degang Embedded Computer, adalah suatu mikroprosesor yang berukuran kecil yg biasa dipasang pada alat-alat elektronika cerdas, kendaraan beroda empat, juga lift. Keunggulan dari mikroprosesor adalah menjadikan peralatan bisa diprogram.

Personal komputer terdiri dari pendukung-pendukung fisik yang biasa disebut dengan hardware atau perangkat keras komputer seperti prosesor, RAM, keyboard mouse, dan banyak lagi komponen-komponen komputer lainnya.

Selain pendukung fisik, ada juga pendukung lainnya yang disebut pendukung nonfisik atau sering sebut dengan aplikasi, software atau perangkat lunak. Perangkat lunak merupakan program yg digunakan untuk mengontrol sebuah fungsi personal komputer.

Keberadaan software (aplikasi) sangatlah krusial. Tanpa perangkat lunak, sebuah PC/personal komputer tidak dapat difungsikan tanpa adanya aplikasi. Perangkat lunak atau software ialah instruksi yang tersimpan di dalam disk atau CD ROM. Dengan dilengkapi aplikasi maka komputer dapat memilih apa yang Anda kerjakan.

Perangkat lunak umumnya dipergunakan untuk mengontrol perangkat keras atau device driver, melakukan proses perhitungan, berinteraksi menggunakan aplikasi yang lebih fundamental lainnya seperti sistem operasi (OS) dan bahasa pemrograman, dan  lain-lain.

Kesimpulan Pengertian Komputer dan Jenisnya serta Fungsinya
Pengertian Komputer adalah proses menghitung yang dikerjakan oleh personal komputer yang berfungsi untuk membantu pengguna agar bisa menjalankan proses menghitung, menggambar, mengedit gambar yang dilengkapi dengan perangkat keras yang di kontol oleh perangkat lunak.

Jadi apabila perangkat komputer hanya memiliki perlengkapan elektronika atau software saja tidak akan berfungsi tanpa adanya perangkat keras.

Dan itulah dari saya mengenai pengertian komputer dan jenisnya serta fungsinya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…