Wednesday, September 21, 2016

Pengertian Modem dan Fungsinya Serta Jenisnya

Pengertian Modem dan Fungsinya Serta Jenisnya - Dalam melakukan komunikasi data kalian memerlukan beberapa perangkat keras komputer dan perangkat lunak yang bisa kalian gunakan untuk memperlancar proses pengiriman data. Dalam hal ini saya memfokuskan pada salahsatu perangkat keras untuk mengakses internet yaitu modem atau modulator demodulator.

Pengertian Modem dan Fungsinya Serta Jenisnya

Biasanya jalur transmisi akan menyalurkan datanya dalam bentuk data analog, sedangkan data yang dihasilkan oleh sumber pengirim berbentuk data digital. Nah untuk kepentingan menejemahkan sinyal tersebut kalian memerlukan modem. Modem adalah singkatan modulator demodulator yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal suara) dan mengubah sinyal analog (sinyal suara) menjadi sinyal digital.

Data yang telah diubah ke bentuk analog oleh modem lalu ditransmisikan melalui jalur transmisi dan diterima oleh modem kedua yang mengubah kembali dari bentuk analog menjadi bentuk digital. Intinya, modem yang pertama yang ada di sumber pengirim berfungsi untuk pengubah disebut modulate dari bentuk digital kepada bentuk analog. Sedangkan modem kedua yang berada di sipenerima berfungsi untuk mengembalikan disebut demodulate dari bentuk analog menjadi bentuk digital.

Baca Juga:
Cara Menginstal Modem di Laptop
Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

Berdasarkan cara kerja tersebut modem mampu menjadikan dua buah komputer bisa berkomunikasi satu sama lain melalui kabel telepon.

Proses transmisi data juga bisa memakai acoustic coupler, namun apabila kalian memakai pernagkat ini maka kalian harus memutar nomor telepon tujuan dan meletakkan gagang pesawat telepon pada acoustic coupler. Sementara itu, modem dapat memutarkan nomor telepon tujuan secara otomatis.

Kecepatan modem dalam mentransfer data diukur dengan satuan bit per second/bps atau bit per detik. Dewasa ini, biasanya kecepatan transfer data modem yang ada di pasaran sekitar 56 kbps. Ini menjelaskan kepada kita bahwa modem tersebut bisa mentransfer data sebesar 56 kilobit per detiknya.

Semakin tinggi angka kbps pada modem, maka semakin cepat modem tersebut mengirim dan menerima data. Berarti semakin baik dan cepat untuk digunakan mengakses internet.

Jenis Jenis Modem

Modem diliihat dari penggunaanya bisa dibedakan menjadi tiga jenis bagian yang mempunyai fungsi yang berbeda, yaitu sebagai berikut.

1. Modem dial up
Modem dial ip sering digunakan oleh komputer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telepon. Bentuk dial up dalam kegunaannya untuk jaringan dibedakan menjadi dua jenis, yaitu modern internal dan eksternal.

a. Modem Internal
Modem internal adalah modem sudah terpasang pada mainboard atau motherboard komputer. Keuntungan menggunakan modem internal adalah harganya lebih murah, namun mempunyai kelemahan saat pemasangannya lebih sulit dan penggunaannya tidak dapat dipindah kan dari satu komputer ke komputer yang lain.

b. Modem eksternal
Modem eksternal adalah modem yang sengaja dipasang di luar komputer, umumnya mempunyai serial port COM 1 atau COM 2. Keuntungan menggunakan modem eksternal adalah pemasangannya lebih mudah dan dapat dipindahkan dari komputer yang satu ke komputer yang lain tanpa harus membuka casing CPU, namun kelemahannya ialah harganya jauh lebih mahal dari pada modem internal.

Pengertian Modem dan Fungsinya Serta Jenisnya
Jenis Jenis Modem

Jika dalam PC kalian telah terpasang modem, kalian akan melihat tempat colokan (line port), seperti yang biasa terdapat di belakang atau samping pesawat telepon (phone port). Line port ini ada di bagian belakang PC. Ke dalam line port, kalian dapat memasukkan kabel telepon yang di ujungnya terdapat konektor.

2. Modem kabel (modem cable)
Modem kabel biasanya menggunakan saluran TV kabel yang mempunyai kecepatan akses yang tinggi dibandingkan dengan modem jenis dial up dan modem ASDL. Sehingga PC dapat terkoneksi dengan internet melalui modem kabel ini, namun untuk menggunakan modem kabel ini kalian harus mendaftarkan dahulu ke penyedia jasa TV kabel dan ISP (internet service provider).

3. Modem ADSL (Asymetric Digital Subscribel Line)
ADSL adalah salah satu tipe xDSL teknologi koneksi broad-band yang memakai line telepon normal. Pemikiran utama teknologi ini, adalah untuk memecah sinyal line telepon menjadi dua bagian untuk suara dan data. Hal ini dapat membuat kalian untuk melakukan atau menerima panggilan telepon dan terkoneksi ke internet secara simultan tanpa saling mengganggu.

Baca juga:
Fungsi Modem Internal dan Eksternal
Perbedaan DSL dan ADSL beserta Contohnya

Modem ADSL bersifat asimetrik karena lebih banyak karena salurannya digunakan untuk transmisi downstream ke pengguna dan hanya sebagian kecil yang digunakan untuk menerima informasi dari pengguna.

Sebuah sirkuit ADSL menghubungkan modem ADSL pada masing-masing ujung line telepon twisted pair yang kemudian akan membuat tiga channel informasi, yaitu sebagai berikut.
a. Channel downstream berkecepatan tinggi.
b. Channel duplex berkecepatan sedang.
c. Channel plain old telephone service (POTS).

Channel POTS dipisahkan dari modem digital melalui filter yang dengan begitu menjamin POTS tidak terinterupsi. Kecepatan channel POTS berada pada range 1,5 sampai 8 Mbps, sedangkan kecepatan duplex berada pada range 16 kbps sampai 1 Mbps.

Dari faktor kecepatan, koneksi modem ADSL mempunyai keunggulan dalam hal koneksi yang tidak terputus. Tidak ada rentang waktu menunggu untuk dapat terhubung ke internet. Panggilan telepon yang masuk selama koneksi internet tidak akan menggangu jalannya koneksi.

4. Modem CDMA
Modem CDMA adalah jenis modem dengan sistem komunikasi internet melalui jalur komunikasi CDMA (Code Division Multyple Acces). Biasanya modem CDMA mempunyai bentuk sama dengan usb Flashdisk yang bisa kalian gunakan kapan saja. Kecepatan modem CDMA saat ini sudah mencapai 3X sistem koneksi dialup.

5. Modem GSM
Modem GSM adalah jenis modem yang mempunyai kesamaan dengan modem CDMA, yaitu komunikasi internet dengan menggunakan jalur komunikasi GSM (Global Systewm for Mobile Communication), sama halnya dengan modem CDMA, modem GSM juga berbentuk USB, PCMCIA dan dapat menggunakan smartphoe yang memiliki fitur sebagai modem.

6. Modem wireless
Modem dengan teknologi wireless adalah modem yang berfungsi untuk akses data merupakan bagian dari jaringan komputer, namun sebagian ada juga yang mengatakan bahwa wireless bukan lah modem, tetapi akan lebih tepat apabila menggunakan istilah lain yang telah disepakati, misalnyamodem GSM, modem CDMA, modem HSDPA, dan modem HSUPA.

Itulah Pengertian Modem dan Fungsinya Serta Jenisnya, dengan membaca Pengertian Modem dan Fungsinya Serta Jenisnya, kalian bisa lebih memahami apa pengertian modem, apa fungsi modem dan jenis jenis modem.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 3:44:00 AM

Related : Pengertian Modem dan Fungsinya Serta Jenisnya

0 komentar:

Post a Comment