Langsung ke konten utama

Pengertian Perangkat Lunak Aplikasi

Pengertian Perangkat Lunak Aplikasi - Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak personal komputer yang memanfaatkan kemampuan personal komputer langsung buat melakukan suatu tugas yang diinginkan oleh penggunanya.

Umumnya dibandingkan menggunakan aplikasi sistem yang mengintegrasikan banyak sekali kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yg menguntungkan pengguna.

Model utama dari perangkat lunak adalah perangkat lunak pengolah kata, perangkat lunak lembar kerja, serta perangkat lunak pemutar media.
Pengertian Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat Lunak

Golongan Perangkat Lunak Aplikasi

Sesuai cara menerima software serta hak pemakaian, Perangkat lunak aplikasi dapat digolongkan menjadi perangkat lunak aplikasi berbayar, perangkat lunak aplikasi domain public, shareware, freeware, serta rentalware.

Baca juga : Pengertian Perangkat Lunak

1. Perangkat lunak berbayar adalah perangkat lunak yang harus dibeli dan mempunyai hak cipta.
2. Perangkat lunak domain-public adalah perangkat lunak aplikasi bersifat gratis dan tidak terdapat copyright.

3. Shareware adalah perangkat lunak yang bebas dipergunakan untuk pengujian. Namun diperlukan pemakai memberikan dana kepada pembuatnya Jika pemakai bermaksud untuk menggunakannya secara terus-menerus. Seringkali terdapat hak cipta, tetapi terkadang bebas untuk diberikan pada siapa saja.
4. Freeware adalah perangkat lunak aplikasi yang dapat digunakan secara perdeo atau cuma-cuma.

5. Free software adalah perangkat lunak aplikasi yang dilengkapi dengan kode asli, perangkat lunak ini bisa dipergunakan oleh siapa saja dan bebas untuk dikembangkan sendiri oleh pemakai. Untuk mendapatkan aplikasi ini bisa saja gratis ataupun membayar dengan harga yg cukup murah.

6. Open Source aplikasi ini sama dengan free aplikasi, hanya tidak dengan dalam filosofinya.
Beberapa perangkat lunak yang digabung beserta menjadi suatu paket kadang disebut menjadi suatu paket atau suite perangkat lunak (application suite). Contohnya seperti Microsoft Office dan OpenOffice.Org yang menggabungkan suatu perangkat lunak aplikasi pengolah kata, lembar kerja, dan  beberapa aplikasi lainnya.

Perangkat lunak pada suatu paket umumnya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sebagai akibatnya memudahkan pengguna untuk mengkaji  dan  memakai tiap perangkat lunak. tidak jarang mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain, sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja bisa dimasukkan pada suatu dokumen pengolah ikata walaupun didesain pada software lembar kerja yang terpisah.

Kelas Perangkat Lunak

A. Software perusahaan (enterprise).
B. Aplikasi infrastruktur perusahaan (usaha) adalah Perangkat lunak yang dipergunakan untuk menangani perangkat lunak bisnis. Contohnya berupa program buat menangani persediaan barang (inventory control), pencatatan serta pembayaran piutang (account receivable), serta pendaftaran  mahasiswa (sistem akademis).
C. Perangkat lunak media serta hiburan adalah perangkat lunak aplikasi media serta hiburan mencakup program-program permainan (game), program buat memainkan musik (winamp), dan program buat memainkan film (Xing).
D. Perangkat luank pendidikan adalah perangkat lunak yang cocok untuk mengkaji/mereferensi suatu pengetahuan. Termasuk dalam kategori ini ialah program kamus, ensiklopedia, pelajaran ilmu pengetahuan, pelajaran bahasa asing, serta simulasi.
E. Perangkat lunak pengembangan media.
F. Software rekayasa produk.
G. Software berita serta produktivitas kerja. adalah Perangkat lunak yann berfungsi untuk menaikkan produktivitas kerja pemakai.

Jenis-jenis Perangkat Lunak Aplikasi

1. Word processing untuk membangun dokumen atau menghasilkan surat. Misalnya Word serta Abiword.

2. Spreadsheet Pengolah data dalam bentuk gugusan sel, yang memungkinkan penghitungan secara dinamis. Contohnya Microsoft Excel dan Start Office.

3. Desktop publishing adalah perangkat lunakyang menangani pembuatan buku, surat warta, dan iklan. Misalnya CorelDraw.

4. Presentasi grafik adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk membuat bahan-bahan presentasi dalam bentuk transparan atau menghasilkan diktat serta sekaligus dapat dipakai menjadi indera untuk presentasi, contohnya PowerPoint, Start Office, dan Impress.

5. Komunikasi adalah perangkat lunak yang mampu melakukan komunikasi antarpemakai secara elektronis, contoh: Microsoft Outlook serta Opera. Perangkat lunak ini dapat dipergunakan buat mengirim dan  mendapatkan surat elektronis.

6. Personal information manager adalah perangkat lunaka yang bergunak untuk Mengelola info yang berhubungan dengan jadwal, tugas, data relasi atau klien, serta keuangan.
7. Manajemen data untuk mencatat, memanipulasi, dan merogoh data atau informasi. Baca Juga: Fungsi Perangkat Lunak

Intinya, aplikasi yang sering kita jumpai serta dikenal oleh warga luas, antara lain perangkat lunak pengolah kata, perangkat lunak pengolah angka , aplikasi pengolah grafis, perangkat lunak penghasil presentasi, dan perangkat lunak buat akses internet atau browser. dan saya akan membahas semua dari aplikasi di atas pada postingan selanjutnya.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…