Sabtu, 10 September 2016

Pengertian Perangkat Lunak dan Jenisnya

;
Pengertian Perangkat Lunak dan Jenisnya - Personal komputer hanyalah sekedar mesin yang tak dapat melakukan tugas yang dikehendaki penggunanya tanpa didukung oleh software (aplikasi). Di materi sebelumnya kalian telah mengenal pengertian perangkat keras (hardware) sebuah personal komputer. Apa hubungan antara perangkat keras (hardware) serta perangkat lunak (software)?

Baca juga : Perangkat Keras Komputer

Keberadaan software atau perangkat lunak sangatlah penting. Tanpa perangkat lunak sebuah personal komputer  yg hanya terdiri dari harware saja tidak bisa difungsikan. Kalian tidak akan bisa bermain games adu roadrace atau bermain catur melawan komputer Jika Anda belum menginstal software roadrace maupun catur pada komputer.

Pengertian Perangkat Lunak dan Jenisnya
Perangkat Lunak


Fungsi Perangkat Lunak

Jadi aplikasi atau perangkat lunak merupakan instruksi yg tersimpan di pada disk atau CD ROM. Dengan adanya aplikasi inilah, maka personal komputer dapat menentukan apa yg kalian kerjakan. Perangkat lunak sesungguhnya merupakan program.

Program merupakan formasi instruksi atau perintah yang dipakai buat mengendalikan personal komputer, sebagai akibatnya komputer memenuhi kebutuhan pemakai. Program umumnya dibuat vendor software seperti Microsoft, Linux, dan  lainnya maupun yg dirancang oleh perorangan yg menguasai bahasa pemrograman.
Secara lebih khusus perangkat lunak berfungsi buat keperluan;
a. Mengidentifikasi program,
b. Mengatur dan  membentuk pekerjaan lebih efektif dan  efisien, dan
c. Menyiapkan perangkat lunak program sebagai akibatnya tata kerja semua komputer lebih terkontrol.

Jenis Jenis Perangkat Lunak dan Fungsinya

Software juga dianggap perangkat lunak merupakan program personal komputer yang berfungsi menjadi sarana interaksi antara pengguna dan  perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai penerjemah perintah-perintah yg dijalankan pengguna komputer untuk diproses oleh perangkat keras.

Program komputer atau acapkali kali diklaim menjadi program, adalah suatu perangkat lunak yg dibuat menggunakan bahasa program langsung serta telah terinstall di dalam personal komputer. Program personal komputer adalah contoh software personal komputer yg menuliskan aksi komputasi yang akan dijalankan oleh komputer. Komputasi ini umumnya dilaksanakan sesuai suatu algoritma atau urutan perintah langsung.

Urutan perintah atau algoritma artinya suatu perangkat yg telah termasuk pada program komputer tersebut. Tanpa prosedur pemecahan tersebut program personal komputer tidak dapat berjalan dengan baik.

Berdasar fungsi tersebut, perangkat lunak atau operating system artinya penengah antara perangkat keras dengan perangkat lunak yg telah dibuat oleh pengguna komputer.

Perangakat lunak dapat kita bagi menjadi beberapa tingkatan, yaitu
- Tingkatan program aplikasi (misalnya Microsoft Office), 
- Tingkatn sistem operasi (misalnya Microsoft Windows),
- Tingkatan bahasa pemrograman (yang dibagi lagi atas bahasa pemrograman taraf tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan), aplikasi utility, serta aplikasi program paket.

Itulah ulasan singkat dari saya mengenai pengertian perangkat lunak dan jenisnya, dalam artikel selanjutnya kita akan membahas tingkatan tingkatan aplikasi di atas. Maka dari itu, jangan lewatkan artikel berikutnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 22.13.00

Related : Pengertian Perangkat Lunak dan Jenisnya

0 komentar:

Posting Komentar