Langsung ke konten utama

Pengertian Perangkat Lunak dan Jenisnya

Pengertian Perangkat Lunak dan Jenisnya - Personal komputer hanyalah sekedar mesin yang tak dapat melakukan tugas yang dikehendaki penggunanya tanpa didukung oleh software (aplikasi). Di materi sebelumnya kalian telah mengenal pengertian perangkat keras (hardware) sebuah personal komputer. Apa hubungan antara perangkat keras (hardware) serta perangkat lunak (software)?

Baca juga : Perangkat Keras Komputer

Keberadaan software atau perangkat lunak sangatlah penting. Tanpa perangkat lunak sebuah personal komputer  yg hanya terdiri dari harware saja tidak bisa difungsikan. Kalian tidak akan bisa bermain games adu roadrace atau bermain catur melawan komputer Jika Anda belum menginstal software roadrace maupun catur pada komputer.

Pengertian Perangkat Lunak dan Jenisnya
Perangkat Lunak


Fungsi Perangkat Lunak

Jadi aplikasi atau perangkat lunak merupakan instruksi yg tersimpan di pada disk atau CD ROM. Dengan adanya aplikasi inilah, maka personal komputer dapat menentukan apa yg kalian kerjakan. Perangkat lunak sesungguhnya merupakan program.

Program merupakan formasi instruksi atau perintah yang dipakai buat mengendalikan personal komputer, sebagai akibatnya komputer memenuhi kebutuhan pemakai. Program umumnya dibuat vendor software seperti Microsoft, Linux, dan  lainnya maupun yg dirancang oleh perorangan yg menguasai bahasa pemrograman.
Secara lebih khusus perangkat lunak berfungsi buat keperluan;
a. Mengidentifikasi program,
b. Mengatur dan  membentuk pekerjaan lebih efektif dan  efisien, dan
c. Menyiapkan perangkat lunak program sebagai akibatnya tata kerja semua komputer lebih terkontrol.

Jenis Jenis Perangkat Lunak dan Fungsinya

Software juga dianggap perangkat lunak merupakan program personal komputer yang berfungsi menjadi sarana interaksi antara pengguna dan  perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai penerjemah perintah-perintah yg dijalankan pengguna komputer untuk diproses oleh perangkat keras.

Program komputer atau acapkali kali diklaim menjadi program, adalah suatu perangkat lunak yg dibuat menggunakan bahasa program langsung serta telah terinstall di dalam personal komputer. Program personal komputer adalah contoh software personal komputer yg menuliskan aksi komputasi yang akan dijalankan oleh komputer. Komputasi ini umumnya dilaksanakan sesuai suatu algoritma atau urutan perintah langsung.

Urutan perintah atau algoritma artinya suatu perangkat yg telah termasuk pada program komputer tersebut. Tanpa prosedur pemecahan tersebut program personal komputer tidak dapat berjalan dengan baik.

Berdasar fungsi tersebut, perangkat lunak atau operating system artinya penengah antara perangkat keras dengan perangkat lunak yg telah dibuat oleh pengguna komputer.

Perangakat lunak dapat kita bagi menjadi beberapa tingkatan, yaitu
- Tingkatan program aplikasi (misalnya Microsoft Office), 
- Tingkatn sistem operasi (misalnya Microsoft Windows),
- Tingkatan bahasa pemrograman (yang dibagi lagi atas bahasa pemrograman taraf tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan), aplikasi utility, serta aplikasi program paket.

Itulah ulasan singkat dari saya mengenai pengertian perangkat lunak dan jenisnya, dalam artikel selanjutnya kita akan membahas tingkatan tingkatan aplikasi di atas. Maka dari itu, jangan lewatkan artikel berikutnya.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…