Monday, September 12, 2016

Pengertian Perangkat Lunak Utility

Pengertian Perangkat Lunak Utility - Utility adalah Perangkat Lunak yang dapat digunakan untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan sumber daya sistem, contohnya untuk memformat disket. Pada lingkungan windows program scandisk, disk cleanup, dan disk defragmenter Secara otomatis disertakan dalam personal komputer pada saat windows diinstal. Namun, ada kalanya kalain harus menginstal sendiri karena Perangkat Lunak Utility bukan suatu bagian sistem operasi seperti perangkat lunak antivirus Norton 2003, Mc Afee Viruscan 7.0, dll.

Pengertian Perangkat Lunak Utility



Pengertian Perangkat Lunak Utility


1. Memformat disk
Memformat disk adalah tindakan yang dilakukan buat menyiapkan disket atau hardisk supaya dapat digunakan untuk menyimpan data atau program. Tampilan berikut ialah gambar yang membagikan model pemformatan disket, flash disk, atau hardisk.

Baca juga : Pengertian Perangkat Lunak

Setelah hardisk atau flash disk diformat, maka hardisk/flash disk tadi dalam keadaan kosong. Cara dapat memformatnya balik terdapat beberapa hal yg perlu kalian ketahui waktu akan melakukan format terhadap hardisk kalain. Kalian akan dihadapkan dengan beberapa pilihan file system. Dewasa ini arsip system untuk Windows yang banyak digunakan adalah FAT 32 serta NTFS. Kalian bisa memilih salahsatu di antaranya. Jika kalian suka  menyimpan arsip film serta audio, maka kalian dapat menentukan format dengan berukuran cluster yang berukuran besar.

Terdapat beberapa cara buat bisa mengconvert hardisk kalain dari tipe FAT32 dan NTFS. Bila kalian menggunakan operasi sistem berbasis NT file system mirip Windows 2000 dan Windows XP, sebaiknya kalian menggunakan file system NTFS daripada FAT32. Meskipun Jika kalian memakai FAT32 sistem operasi tersebut masih berjalan, namun tentunya tidak akan bekerja secara aporisma.

Bagaimanakah cara mengconvert file jenis FAT32 ke NTFS? Cara mengonversi asal arsip sisytem FAT32 ke NTFS terdapat salahsatu cara yg cukup simpel dilakukan. Ikutilah cara berikut.

1. Klik Menu Start, kemudian pilih Run dan  ketik perintah “cmd” untuk masuk ke pada DOS prompt. Sehabis itu ketik perintah berikut. Convert <drive>:/fs: ntfs,

2. Di <drive>, kalian dapat memasukkan partisi mana yang ingin kalian convert dari FAT32 ke NTFS.

2. Defragmenter disk
Defragmentasi ialah suatu cara untuk menghilangkan fragmentasi. Fragmentasi merupakan keadaan yg menghasilkan bagian berasal berkas-berkas di hardisk atau disket yang tidak berada di lokasi yg bersebelahan, melainkan berserakan pada bagian yg berjauhan. Pengaruhnya ialah menghasilkan pengaksesan terhadap berkas menjadi lambat.

Pada prinsipnya, arsip dibagi menjadi bagian kecil cluster yang ukuran antara 4 KB hingga 16 KB. Ukuran arsip yang besar dengan sendirinya akan membutuhkan ratusan cluster serta biasanya  letak asal cluster tadi tidak berurutan. Apalagi ketika kalian sangat sering melakukan copy dan delete suatu arsip atau install serta uninstall perangkat lunak, maka sudah dapat dipastikan hardisk kalian akan terdefragmentasi sebagai akibatnya kinerja hardisk kalian akan menurun dengan sangat lambat. maka dari itu, untuk mengembalikan keadaan hardisk seperti semula, kalian perlu melakukan defragmentasi.

Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukan defragmentasi!
1. Start > klik Control Panel.
2. Pilih Administrative Tool > Computer Management setelah itu pilih disk defragmenter. Perhatikan kotak obrolan defragmentasi ini dia.

Buat melakukan defragmenter seyogyanya terlebih dahulu lakukan analyze di hardisk partisi yang ingin di-defrag. Bila file yang terdefragmentasi lebih dari 10 %, maka kalian harus melakukan defragmentasi. Jika tidak, maka defrag tak perlu dilakukan sebab melakukan defrag membutuhkan waktu yang relatif lama  tergantung berapa besar kapasitas hardisk dan arsip yg terdefragmentasi.

Baca juga : Fungsi Perangkat Lunak

3. Perangkat lunak anti virus
Virus merupakan penggalan kode yang dapat menggandakan dirinya sendiri dengan cara menyalin kode kemudian menempelkan ke berkas acara yg dapat dihukum (misalnya berkas .Exe pada DOS), selanjutnya salinan virus ini akan sebagai aktif apabila acara yg terinfeksi dijalankan. Banyak virus yg sangat berbahaya sampai dapat memformat berkas-berkas dengan eksistensi eksklusif, model virus terbaru saat ini adalah virus TukulNdeso.

Virus TukulNdeso bentuknya berisi pesan menjadi berikut: ”ehm ehm selamat datang di personal komputer tukul”. Varian pertama dari virus TukulNdeso memiliki berukuran sebesar 23.244 bytes dengan keadaan terenkripsi. Kenakalan asal virus TukulNdeso ini diam-diam akan menghambat dokumen kalian, misalnya memasukkan istilah-istilah seperti “TukulNdeso” serta mencoba mereplace setiap istilah ”Anda” menjadi “elo” serta istilah “tidak“ menjadi ”kagak”. Untuk mengatasi dan membasmi virus tadi, PCMAV RC20, 21, serta 22 adalah jagonya, terbukti akurat serta tuntas 100% berbagai setting windows yang sudah diubah sang virus dapat kembali mirip semula.

Berikut ialah acara anti virus yg dapat menangani penularan virus pada personal komputer. Beberapa program anti virus dapat melakukan pencegahan terhadap penularan virus, selain itu juga bisa memulihkan berkas yang terkena virus. Contohnya; McAffe Virus Scan, Norton Anti Virus, PC Media Antivirus, dll. Baca Juga: Perangkat Lunak Aplikasi

4. Perangkat Lunak Back Up
Pencadangan (back up) adalah menyalin program atau data yang terdapat pada hardisk personal komputer  ke suatu perangkat penyimpanan eksternal menggunakan tujuan supaya sekiranya terjadi kerusakan hardisk komputer akan membuat salinan tadi dapat digunakan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 5:31:00 AM

Related : Pengertian Perangkat Lunak Utility

0 komentar: