Langsung ke konten utama

Pengertian Sholat Tahajud dan Manfaat Sholat Tahajud

Pengertian Sholat Tahajud - Sholat Tahajud ialah sholat sunat yang dilaksanakan pada malam hari setelah kita terbangun dari tidur. Lebih utama lagi sholat tahajud itu kita lakukan dengan mumfarid (sendiri) pada waktu seperempat malam. Sholat tahajud ini merupakan sholat sunat yang sangat dianjurkan sekali untuk kita lakukan, karena sebagian riwayat ada yang mengatakan bahwa Rosululloh SAW dan para Sahabat pun tidak pernah meninggalkan sholat sunnat tahajud ini selama sepanjang hidup mereka.

Seruan untuk melaksanakan Sholat Tahajud telah sangat jelas dituliskan dalam firman Allah SWT., tepatnya dalam Surah Isra’ Ayat 79, yang berbunyi:

وَمِنَ الّلَيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَّكَ عَسَى اَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا
Pengertian dan Manfaat Sholat Tahajud

Artinya: “Dan pada sebagian malam hari, Bersholat Tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat dirimu ke tempat yang terpuji”.

Selanjutnya, Nabi Muhammad SAW., pun telah memperingati umatnya untuk tidak lupa akan melaksanakan sholat tahajud dalam salah satu haditsnya beliau bersabda yang artinya:
“Kerjakanlah Sholat malam (tahajjud) itu adalah kebiasaan para Sholihin sebelum kamu, juga suatu jalan untuk mendekatkan diri kepada Tuhanmu, dan sebagai penebus segala amal burukmu, pencegah dari perbuatan dosa dan dapat menghalangi penyakit ke badan.” (H. R. Tirmidzi dan Ahmad r.a.).

Manfa’at dari Sholat Tahajud

Sholat sunat tahajud memiliki banyak manfa’at yang terkandung didalamnya. Saking banyaknya manfaat dari melaksanakan sholat tahajud ini, bahkan ada sebagian Riwayat yang mengatakan bahwa sebelum Allah SWT memerintahkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk sholat wajib yang 5 waktu, Allah SWT terlebih dahulu memerintahkan untuk melaksanakan sholat tahajud kepada Nabi Muhammad SAW., namun riwayat itu masih diragukan antara keshahihan dan kedha’ifannya.

Salah satu manfaat dari sholat tahajud telah tertera pada hadits Rosulullah yang diatas, selanjutnya untuk lebih rincinya lagi, saya sertakan beberapa manfaat dari sholat tahajud yang saya dapatkan dari pengalaman saya sendiri dan dari keterang lainnya. Berikut penjelasannya di bawah ini:

1.Diqobulnya Do’a Kita
Poin pertama, manfaat dari Sholat Tahajud yaitu diqobulnya (diterima) Do’a kita. Sebagaimana yang telah kita tahu, bahwa salahsatu waktu atau sa’ah ijabah do’a itu yaitu sepertiga malam sampai menjelangnya waktu subuh. Keterangan ini diambil dari Hadits Nabi Muhammad SAW., yang berbunyi:
"Alloh SWT memerintahkan para Malaikat untuk turun dari langit ke Bumi pada waktu tinggal sepertiga akhir waktu malam, diseru oleh Allah, adakah hambaku (orang) yang menyampaikan permintaannya (berdo’a) pasti akan ku Qobulkan. Dan adakah orang yang meminta ampunan dariku pada waktu sepertiga malam, pasti akan ku Ampuni dosanya sampai datang waktu Sholat Subuh”. (Al-hadits).

2. Derajat Kita Diangkat Oleh Allah SWT ke Tempat yang Terpuji
Manfaat dari Sholat tahajud yang kedua ialah akan Allah tinggikan atau Allah ankat derajat kita ke tempat yang paling terpuji diantara tempat.
Manfaat sholat tahajud yang kedua adalah Allah SWT akan mengangkat derajat ke tempat yang terpuji. Keterangan yang menjelaskan mengenai permasalah ini dapat kita baca Al-Qur’an Surat Al-Isra' dalam ayat 79, sebagaimana diatas telah dipaparkan penjelasannya.

3. Kita Dapat Lebih Mendekatkan Diri (taqorrub) kepada Allah SWT.
Sholat tahajud menjadi salahsatu media kita dalam mendekatkan diri Kepada Allah SWT., sebagaimana Hadits Rosulullah SAW., yang diterima langsung dari Malaikat Jibril, yang berbunyi:
"Hai Muhammad, Kemuliaannya orang yang beriman ada dengan Sholat Malamnya, dan Kegagahan orang yang beriman ada dengan sikap mandirinya dari bantuan orang lain.” (Silsilah Hadits Shohihah).

4. Kita akan Mendapatkan Berbagai Jenis Kemuliaan dari Allah SWT.
Keempat, Manfaat dari sholat tahajud ialah akan mendapatkan berbagai kemuliaan yang nanti akan dirasakan baik di Dunia maupun di Akhirat.

5. Dapat Memperkuat Daya Tahan Tubuh dan Menjauhkan Berbagai Macam Jenis Penyakit dari dalam Tubuh
Sangat minim sekali orang yang menyadari bahwa jika kita patuh melakukan apapun yang dianjurkan oleh Rosulullah SAW dalam Ritual Agama seperti sholat tahajud membari pengaruh yang sangat signifikan pada sistem kekebalan tubuh kita. Sebagaimana yang dirutinkan oleh Prof. Dr. Muhammad Shaleh yang menjadikan Sholat Tahajud resep utama disembuhkan nya berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh kita.

6. Kita dapat Menjauhkan Diri dari Kelalaian Hati
Sholat Tahajud memberi manfaat yaitu dapat mejauhkan diri kita dari Lalainya hati. Karena orang yang memiliki kelalaian hati sangatlah dibenci oleh Allah SWT, tertutama dalam segala jenis bentuk ibadah mahdoh.

7. Kita telah Disebut Jihad dan pemenang melawan Hawa Nafsu
Musuh yang paling besar untuk Manusia itu HAWA NAFSU, maka dari itu jika kita ingin mengalahkan segala hawa nafsu kita maka haruslah kita melaksanakan sholat tahajud. Bagaimana tidak disebut menang orang yang bisa melaksanakan sholat tahajud, karena waktu sepertiga malam itu saatnya untuk terlelap dalam mimpi dan balutan selimut yang hangat, maka dari itu belajarlah kita mengendalikan hawa nafsu kita sendiri.

8. Meringankan Lamanya Berdiri pada Hari Kiamat
Keterangan tentang ini sesuai yang pernah diungkapkan Ibnu Abbas ra, yang berkata:
"Barang siapa yang senang bila lamanya berdiri di hari kiamat diringankan oleh Allah, maka hendaklah ia memperlihatkan dirinya kepada Allah di malam hari dengan sujud dan berdiri mengingat hari akhir." (Ibnu Jarir Ath-Thabari, tafsir Ibnu Jarir).

9. Mencegah Perbuatan Dosa dan Menghapus Kejahatan
Manfaat sholat tahajud yang kesembilan adalah dapat mencegah diri dari perbuatan dosa dan menghapus kejahatan. Ini sesuai dengan Sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Umamah

10. Wajah Milik Kita akan Tampak Berkau dan Bercahaya
Pada hari qiyamah, Orang yang suka bersholat tahajud maka wajahnya akan terlihat berkilau dan juga bercaha. Jangankan hari qiyamat, sekarangpun terlihat perbedaan orang yang suka sholat tahajud atau tidak.

11. Dengan Sholat Tajud kita bisa melancarkan peredaran darah dalam tubuh
Pada waktu sepertiga malam udara sekitar kita masih terasa bebas dan  terasa jauh dari polusi, maka tubuhpun harus dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengerakan segala organ tubuh agar peredaaran darah lebih lancer, bahkan ketika sholat tahajud pun ketika sujuda kita dapat merasakan aliran darah yang sangat membangkitkan kebugaran tubuh kita.

12. Diberi Jaminannya Masuk ke Surga
Orang yang suka melaksanakan sholat tahajud, tidak ada lagi ganjaran baginya kecuali Syurga Allah SWT.

13. Kita akan Dicintai oleh Allah SWT
Orang yang suka bertahajud pasti akan dicintai dan mendapatkan Ridho-Nya, karena alloh tidak akan membiarkan hambanya yang melakukan amal sholeh.

14. Penyelamat dari Siksa Neraka
Ibnu Umar r.a telah meriwayatkan suatu hadits yang menerangkan bahwa pada masa Rasulullah SAW. Ada yang bermimpi sesuatu yang menunjukan bahwa ia telah mendapat kepastian dari Allah SWT tentang dijauhkan dari api neraka orang yang selalu melaksanakan tahajud.

15. Menjadi Sebab Wasilah Kita Meninggal akan Husnul Khatimah
Husnul Khoitimah, itu lah tujuan hidup kita salah satunya, kita tidak ingin akhir hayat kita su’ul khotimah, karena banyak orang kafir waktu hidup lalu islam waktu sebelum meninggal berarti dia termasuk orang yang husnul khotimah, ada juga orang islam selama hidup, namun kafir sebelum meninggal berarti dia su’ul khotimah.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…