Saturday, September 10, 2016

Pengertian Sistem Operasi Dan Fungsinya

Pengertian Sistem Operasi Dan Fungsinya - Istilah sistem operasi sangat sering ditujukan pada semua software yang masuk pada satu paket menggunakan sistem komputer sebelum software-software terinstall. Dan pada saat ini kita akan belajar memahami tentang pengertian sistem operasi komputer, fungsi sistem operasi dan macam macam sistem operasi komputer.

Pengertian Sistem Operasi Dan Fungsinya

Sistem operasi adalah bagian terpenting dari sebuah komputer. Sistem operasi berperan penting menjadi penghubung antara lapisan perangkat keras dan lapisan perangkat lunak. Sistem operasi didesain untuk mengendalikan kerja komputer secara fundamental, yaitu melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan  menjamin perangkat-perangkat lunak yang berbeda bisa berjalan secara bersamaan dengan lancar.

Pengertian Sistem Operasi Dan Fungsinya


Baca juga : Sejarah Komputer

Sistem operasi mengklaim perangkat lunak aplikasi lainnya bisa menggunakan memori, melakukan input dan hasil terhadap alat-alat lain, serta mempunyai akses pada sistem arsip. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka sistem operasi mengatur jadwal yang tepat, sebagai akibatnya sedapat mungkin semua proses yang berjalan menerima waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) dan tidak saling menghambat.

Sistem operasi / Operating System diperkenalkan pertama kali dan dikembangkan untuk komputer adalah IBM 701 di tahun 1945. Pada saat itu, tujuan utama dari sistem operasi adalah mengurangi waktu menganggur (idle time) dari CPU dan dipergunakan untuk menjalankan beberapa tugas komputer secara bersamaan dengan cara dikumpulkan terlebih dahulu.

Fungsi Sistem Operasi

Fungsi utama sistem operasi (Agung Setiawan,2003) adalah sebagai berikut.
1. Menyimpan program serta aksesnya.
2. Membagi tugas pada pada CPU.
3. Merekam asal data.
4. Mengatur memori termasuk menyimpan, menghapus, serta menerima- kan data.
5. memeriksa kesalahan sistem.
6. Memelihara keamanan sistem spesifik di jaringan yang memerlukan password (kata kunci).

Sistem operasi utama yang dipergunakan komputer sistem umum (termasuk PC, personal komputer  personal) terbagi sebagai beberapa kelompok besar pada antaranya adalah menjadi berikut.

Macam Macam Sistem Operasi Komputer

1. Ms-DOS (Microsoft Disk Operating System) serta PC-DOS (Personal Computer Disk Operating Sistem)
DOS merupakan sistem operasi yang awalnya digunakan di IBM PC (disebut dengan PC-DOS) dan  PC yg compatible menggunakan IBM PC (diklaim dengan Ms-DOS). Saat ini, sistem operasi DOS tidak lagi dipergunakan.
2. Windows
Sistem operasi menggunakan antarmuka grafis yg dirancang oleh Microsoft memiliki kemampuan multitasking serta dapat dipergunakan untutk menghasilkan kerja tim (workgroup) dengan menghasilkan jaringan sederhana, dan  bisa dipergunakan sebagai klien dalam client/server. Sistem operasi ini mendukung plug and play, yaitu suatu kemampuan yang secara otomatis dapat mengkonfigurasi perangkat keras baru yg dibubuhi kepada sistem komputer. Model asal sistem operasi ini adalah Windows 95, 98, ME, dan  XP.

Baca juga : Pengertian Komputer

Windows lain yang dapat dipergunakan untuk komputer server serta bisa mendukung multitasking dan  multiprosesing adalah Windows NT (New Technology) serta Windows 2000.

Penanganan pada proses sistem operasi dikenal beberapa istilah, seperti multiprogramming, multitasking, penyimpanan impian, time sharing, serta multiprocessing.

- Multiprogramming adalah suatu metode yg memungkinkan dua butir program atau lebih dijalankan secara serentak pada sebuah komputer dan  membuatkan asal daya pada waktu yg berlainan. Sebagai contoh dalam suatu waktu sebuah acara memakai CPU, sedangkan program yg lain menggunakan printer.

- Penyimpanan virtual ialah suatu metode yg menangani sejumlah program menggunakan membagi program-program tersebut ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil dan  ukuran sama menggunakan hanya sebuah bagian berasal setiap proses yg disimpan dalam memori utama per satu ketika. Metode ini diterapkan dalam windows.

- Multitasking adalah suatu kemampuan yang memungkinkan pengguan menjalankan sejumlah program pada waktu bersamaan. Cara seperti ini umum dalam sistem PC. Menggunakan sistem operasi windows, pengguna bisa menjalankan perangkat lunak Excel untuk menghitung dan  menghasilkan tabel sekaligus menjalankan Word untuk menghasilkan dokumen. Pemakai bisa berpindah dari satu program ke program yg lain menggunakan simpel serta setiap acara tetap dieksekusi oleh CPU.

- Multiprocessing artinya suatu kemampuan sistem operasi yg menjalankan 2 atau lebih instruksi secara bersamaan menggunakan sejumlah CPU pada sebuah komputer. Dengan sistem seperti ini sebuah sistem operasi dapat mengatur supaya sejumlah CPU menjalankan instruksi-instruksi yg berbeda yg terletak dalam sebuah program pada waktu bersamaan.

3. Novell NetWare
Novell NetWare ialah sistem operasi LAN (Local Area Net- work) atau jaringan lokal yang sangat populer sebelum Windows NT muncul.
4. OS/2
OS/dua adalah sistem operasi untuk IBM PC dengan antarmuka grafis yg mendukung multitasking serta networking. Tetapi, sistem operasi ini kurang begitu populer pada Indonesia.
5. UNIX
UNIX masih keluarga sistem operasi yang bisa dipergunakan untuk bermacam-macam platform komputer dari PC hingga mainfram. Beberapa contoh sistem operasi yang termasuk UNIX ialah AIX (IBM), digital Unix (DEC), dan  solaris (sun microsystem) di lingkungan PC, diantaranya terdapat solaris dan  SCO Unix.
6. Linux
Sistem operasi semacam UNIX ini diciptakan oleh Linus Torvalds. Sangat populer pada lingkungan PC serta sudah menjadi pesaing Windows Sejak tahun  1990-an. Sistem operasi ini tergolong open source.

Baca juga: Perangkat Keras Komputer

Kelompok sistem operasi di atas menjadi dasar terpakainya program software seperti Ms. Word, Ms. Excel, Ms. PowerPoint, Adobe Photoshop, Adobe PageMaker, CorelDraw, dll

Booting ialah proses menyalakan personal komputer  buat mengaktifkan sistem operasi.
BIOS merupakan bagian berasal sistem operasi yg berguna buat mengidentifikasi set program dan set instruksi untuk hardware yg terdapat pada komputer.
Operating system artinya software yang berguna buat mengendalikan serta mengkoordinasikan kegiatan sistem komputer.
Word, Excel, dan CorelDraw ialah program aplikasi yang dapat dipergunakan untuk membantu menuntaskan tugas tertentu kita sehari-hari.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 10:16:00 AM

Related : Pengertian Sistem Operasi Dan Fungsinya

0 komentar: