Langsung ke konten utama

Pengertian Sistem Politik

Pengertian Sistem Politik - Sistem politik adalah suatu tata cara untuk mengatur atau mengolah bagaimana memperoleh suatu kekuasaan di dalam negara, mengatur hubungan pemerintah dan rakyat atau sebaliknya, pengaturan negara dengan negara, atau negara dengan rakyatnya.

Pengertian sistem politik, sistem politik adalah, arti sistem politik


Pengertian Sistem Politik

a. Pengertian Sistem
Sistem adalah suatu kesatuan yang terbentuk dari beberapa unsur (elemen). Unsur, Komponen, Atau bagian yang banyak ini satu sama lain berada dalam keterkaitan yang saling kait mengait dan fungsional. Sistem dapat diartikan pula sebagai suatu yang lebih tinggi dari pada sekedar merupakan cara, tata, rencana, skema, prosedur atau metode.


b. Pengertian Politik
Politik berasal dari kata “polis” (negara kota), yang kemudian berkembang menjadi kata dan pengertian dalam barbagai bahasa. Aristoteles dalam Politics mengatakan bahwa “pengamatan pertama–tama menunjukan kepada kita bahwa setiap polis atau negara tidak lain adalah semacam asosiasi.

c. Pengertian Sistem Politik
Sistem Politik adalah berbagai macam kegiatan dan proses dari struktur dan fungsi yang bekerja dalam suatu unit atau kesatuan (masyarakat/negara).

Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli

Dilihat dari pandangan umum, pengertian sistem politik ialah suatu sistem yang ada didalam suatu Negara ataupun Masyarakat yang telah memiliki suatu Organisasi Pemerintahan dan Badah Hukum yang mengatur segala aspek keseluruhan dari kegiatan Negara tersebut.

Agar kita lebih tahu tentang apa itu sistem politik, berikut saya sertakan pendapat ataupun pandangan para ahli yang memberikan pengertian dari Sistem Politik:

1. Pengertian sistem politik menurut Samuel P. Huntington
Samuel P. Huntington berpendapat, bahwa Sistem Politik terbagi pada 5 definisi dengan komponen-komponen yang sesuai dengan apa yang ada didalamnya, yaitu:
a. Sebagai kultur, yaitu nilai-nilai (values), sikap sikap (attitudes), orientasi (orientation), mitos (myths) dan kepercayaan (beliefs) yang relevan terhadap poltik dan yang berpengaruh dalam masyarakat.

b. Sebagai struktur, yaitu organisasi formal dalam masyarakat di mana digunakan untuk menjalankan keputusan keputusan yang berwenang seperti misalnya partai politik, badan perwakilan rakyat, eksekutif dan birokrasi.

c. Sebagai Kelompok (The political system as a group) yaitu bentuk bentuk sosial dan ekonomi baik yang formal ataupun nonformal, yang berpartisipasi dalam politik yang mengajukan tuntutan tuntutan terhadap struktur struktur politik.

d. Sebagai kepemimpinan (The political system as leadership) bahwa individu dalam lembaga lembaga politik dan kelompok kelompok politik yang menjalankan pengaruh lebih daripada lainnya dalam memberikan alokasi nilai nilai.

e. Sebagai kebijakan bahwa pola pola kegiatan pemerintahan yang secara sadar terbentuk untuk mempengaruhi distribusi keuntungan dalam masyarakat.

2. Menurut Robert Dahl
Pengertian sistem politik menurut Robert Dahl bahwa sistem politik adalah suatu pola yang tetap dari hubungan manusia yang melibatkan makna yang luas dari kekuasaan, aturan aturan dan kewenangan.

3. Menurut Sri Soemantri
Pengertian sistem politik menurut Sri Soemantri bahwa sistem politik adalah pelembagaan dari hubungan antara manusia yang dilembagakan dalam bermacam macam badan politik, baik suprastruktur poliik dan infrastruktur politik.

4. Menurut David Easton
Pengertian sistem politikmenurut David Easton, Sistem Politik bisa kita kenal sebagai interaksi yang abstrak dari seluruh tingkat sosial, lewat nilai yang dialokasikan secara otoritatif kepada Masyarakat.

5. Menurut Rusadi Sumintapura
Sistem Politik merupakan suatu hubungan mekanisme yang berfungsi atau berperan dalam struktur politik yang mempunyai hubungan satu sama lain dan menunjukkan proses yang terus menerus.

6. Menurut Sukarna
Pengertian Sistem Politik adalah cara untuk mengatur, mengelola, mempertahankan segala segi atau bentuk dari apa yang selalu dilakukan oleh Suatu Pemerintahan didalam suatu struktur Kenegaraan.

7. Menurut Drs. Soekarno
Pengertian sistem politik ialah sekumpulan pendapat, yang mencerminkan suatu bentuk kesatuan yang sangat berhubungan antara satu sama lain untuk mengatur pemerintahan serta mempertahankan kekuasaan dengan mengatur segala bagian individu ataupun kelompok satu sama lain dengan Negara dan hubungan Negara dengan Negara. Baca juga: Pengertian Warga Negara dan Penduduk

8. Menurut Rusadi Kartaprawira
Pengertian sistem politik adalah Mekanisme atau cara kerja seperangkat fungsi atau satu peran didalam struktur Politik yang selalu berhubungan antar satu dengan yang lainnya dan menunjukkan suatu proses yang langggeng

9. Menurut Almond
Arti Sistem Politik adalah sesuatu yang selalu melibatkan/memasukan Masyarakat yang merdeka yang menjalankan fungsi integrasi dan adaptasi.

10. Menurut Rober A. Dahl,
Sistem politik adalah pola yang tetap dari hubungan-hubungan antara manusia yang melibatkannya hingga tahap tertentu. Seperti kontrol, pengaruh, kekuasaan, ataupun wewenang.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…