Saturday, September 10, 2016

Pengertian Sosialisasi Politik

Pengertian Sosialisasi Politik - Pengertian Sosialisasi Politik yaitu pembentukan sikap dan orientasi politik dari para anggota masyarakat dan anggota politik dalam lingkupan yang dinamakan proses. 
Proses ini berlangsung selama seumur hidup yang telah didapat secara disengaja lewat pendidikan formal, non-formal dan in-formal, baik secara tidak disengaja melalui suatu kontak.

Pengertian Sosialisasi Politik


Pengertian Sosialisasi Politik menurut Para Ahli

1. Pendapat Gabrial A. Almond
Sosialisasi Politik menunjukan kita pada satu tahap ketika pola tingkah laku politik dan sikap diperoleh dan dibentuk. Sosialisasi politik juga dapat diartikan sebagai sarana bagi satu generasi agar dapat menyampaikan aturan/patokan dan keyakinan politiknya pada Generasi Politik yang selanjutnya.


2. Sosialisasi Politik dari Irvin L. Child
Sosialisasi Politik ialah suatu proses individu yang ada karena banyaknya dilahirkan dengan banyaknya jajaran tingkah laku yang potensinya dapat dituntuk untuk menumbuhkembangkan tingkah actual supaya bertujuan menjadi sesuai dengan keadaan standar-standar pokok.

3. Kenneth P. Langton Berpendapat
Ia berpendapat bahwa Pengertian Sosialisasi Politik adalah cara yang masyarakat lakukan agar terciptanya terus menerus budaya Politiknya dan tidak terancam hilang dari muka bumi ini.

4. Sosialisasi Politik menurut Ramlan Subakti
Pendapatnya Pengertian dari Sosialisasi Politik merupakan suatu proses penting dalam pembentukan sikap dan pembentukan Orientasi Politik dalam Anggota Masyarakatnya.

5. Pendapat dari Richard E. Dawson
Sosialisasi politik yaitu suatu pewarisan dari nilai pengetahuan.

6. Pendapat menurut S. N. Eisentadt
Arti dari Sosialisasi politik ialah suatu jalinan Hubungan Komunikasi yang dipelajari oleh manusia yang beda tingkatannya secara individu dan secara yang bertahap memasuki jenis salahsatu relasi yang umum.

7. Denis Kavanagh
Pengertian Sosialisasi politik adalah satu Proses yang memberitahukan bahwa seseorang sedang mempelajari dan menumbuhkan pandangannya tentang dunia Politik.

Aspek Penting Dalam Sosialisasi Politik

Dalam Haqiqatnya, Sosialisasi Politik merupakan satu proses dalam memasyarakatkan nilai budai Politik kedalam sutu masyarakat yang berbeda-beda.  Dalam Politik ada aspek yang sangat penting dari segi sosialisasinya, yaitu sebagai berikut:

1. Dari Sosialisasi Politik kita diberikan pembelajaran dari pengalaman untuk kedepannya.
2. Aspek Sosialisasi Politik merupakan Pra-akses untuk para aktivitas Sosial Politik.
3. Waktu terjadinya Sosialisasi politik tidak pada usia dini saja atau pun remaja, akan tetapi tahap ini tetap akan berlajut terus sampai sepanjang hidup.
4. Sosialisasi politik memberi hasil belajar berupa informasi, motif, nilai, pengetahuan tentang sikap yang tidak hanya berkaitan dengan individu tetapi juga sangat erat kaitannya dengan kelompok.

Agen dari Sosialisasi Politik (Pelaku Sosialisasi Politik)

Terdapat berbagai Agen/tempat diadakannya Sosialisasi Politik. Dari mulai lingkungan yang terdekat, anak-anak hingga orang yang ada diluar lingkungan anak. Beberapa agen Politik tersebut saya paparkan sebagai berikut di bawah ini:
a. Dari Keluarga
b. Dari Sekolah
c. Dari Teman
d. Dari Partai Politik
e. Dari Media Masa
f. Dari Pemerintah
g. Dari Kontak Politik secara Langsung
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Buku Sekolah
Buku Sekolah Updated at: 11:58:00 PM
Tags :

Related : Pengertian Sosialisasi Politik

0 komentar:

Post a Comment