Langsung ke konten utama

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi - Teknologi informasi atau information technology biasa disebut dengan istilah TI, IT, atau Infotech. Jika kemarin kita sudah membahas tentang sejarah TIK atau Teknologi informasi dan komunikasi, maka pada kesempatan ini kita akan memahami tentang pengertian teknologi informasi dan komunikasi.

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi Informasi dan Komunikasi


Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi Menurut Para Ahli

1. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi menurut Haag dan Keen 1996 adalah seperangkat alat yg membantu kalian untuk bekerja dengan informasi dan melakukan beberapa tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
Baca : Sejarah TIK

2. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi menurut Robert A.Leitch dan K.Roscoe Davis adalah Suatu sistem yg berada pada suatu organisasi yg mempertemukan kebutuhan pengolahan harian, mendukung informasi, bersifat manajerial dan aktivitas seni manajemen dari suatu organisasi, dan menyediakan pihak luar langsung dengan laporan-laporan yang diharapkan.

3. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi menurut Martin (1999) adalah teknologi informasi yang tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras atau perangkat lunak) yang dipergunakan buat memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga meliputi teknologi komunikasi buat mengirimkan informasi.

4. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi menurut William dan Sawyer (2003) adalah terdapatlah teknologi yang menggabungkan komputasi (PC) menggunakan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, bunyi, dan  video.
Dari beberapa pengertian diatas terlihat bahwa teknologi informasi tidak hanya sekedar teknologi komputer, namun pula mencakup teknologi telekomunikasi atau teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi personal komputer  dan  teknologi telekomunikasi.

Secara sederhana bisa kita artikan bahwa Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.
Secara lebih rinci penjelasan dari kedua teknologi yg mendasari teknologi informasi tadi adalah sebagai berikut.

Pengertian Teknologi komputer

Teknologi komputer berhubungan dengan komputer, termasuk alat-alat yang berhubungan dengan komputer tersebut seperti printer, pembaca sidik jari, dan juga CD ROM.
Baca Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Komputer artinya mesin serba guna yg bisa dikontrol oleh program yg berfungsi untuk mengolah data menjadi informasi. Program personal komputer ialah sekumpulan instruksi yg diwujudkan dalam bentuk bahasa, kode, skema, ataupun bentuk lain, yg jika digabungkan dengan media yang bisa dibaca dengan komputer akan dapat membuat komputer tersebut bekerja dan melakukan fungsi-fungsi spesifik atau untuk mencapai akibat yg spesifik, termasuk persiapan pada merancang instruksi-instruksi tersebut.

Pengertian Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi merupakan teknologi yg bekerjasama dgn komunikasi jarak jauh, misalnya telepon, televisi, dan  radio. Beberapa alat-alat tadijuga termasuk komputer, sebab alat-alat tadi sudah ditanamkan didalam komputer berupa chip, yaitu mikroprosesor dan perlu kalian ketahui bahwa teknologi informasi tak harus mutlak berupa komputer  yang saling terhubung dengan komputer yang lainnya melalui peralatan telekomunikasi, tetapi bisa juga berupa peralatan elektronika yg bisa menyajikan informasi.

Baca juga : Perkembangan Teknologi Informasi

Dan itulah pengertian teknologi informasi dan komunikasi yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.
Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.
Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya; 2 Pemain Smasher/spiker…

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri

Tinggi Ring Basket Dari Lantai untuk Putra dan Putri - Ring basket merupakan sesuatu yang termasuk kedalam fasilitas bola basket. Ring basket juga merupakan poin penting dalam permainan bola basket karena ring adalah tempat di mana pemain harus menembak bola ke dalam rangka untuk mengumpulkan poin. Lalu berapakah tinggi ring basket ???
Pada psotingan ini kita akan sama sama mengkaji tinggi ring basket. Ring basket memiliki tinggi yang berbeda. Ketinggian resmi peraturan NBA ring basket adalah 10 kaki dari lantai atau 305cm, dan papan  3,5 kaki vertikal dan 6 kaki horizontal. Hoop berdiameter 18 inci. Ketinggian lingkaran itu adalah standar di semua tingkat bermain.
Baca Juga : Ukuran Lapangan Basket
National Basketball Association memiliki standar yang berbeda untuk hoops basket karena visibilitas dalam permainan dan sifat fisik atlet profesional. Papan pantul basket NBA terbuat dari kaca 1/4-inch-tebal dan 72 inci lebar 42 inci. Konektor terbuat dari  logam, dan lingkaran dan lingkar…

45 Butir-butir Pancasila

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA - Sejak tahun 2003, berdasarkan Tap MPR No.I/MPR/2003, 36 butir pedoman pengamalan Pancasila telah diganti menjadi 45 butir butir Pancasila.  Tapi yang sangat disayangkan yaitu tidak adanya kebijakan pemerintah untuk memasukkanya ke dalam kurikulum pendidikan ataupun program doktrinasi lewat media. 
Namun, meski demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara pengamalan Butir-butir Pancasila tersebut.  Berikut 45 Butir-butir Pancasila beserta contoh sikap yang mencerminkan pengamalannya:

45 BUTIR-BUTIR PANCASILA
A.  Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama anatra pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa…